Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan struktur organisasi

Visi : Mengembangkan Inovasi keilmuan pendidikan ekonomi berbasis potensi lokal dalam membangun  karakter dan kecakapan abad 21 sehingga diakui secara nasional dan regional        

Misi :

  1. Menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki wawasan kebangsaan, dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (IMTAQ) untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
  2. Menyelenggarakan pendidikan ekonomi yang berkualitas untuk

              menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah dalam kompetisi

              nasional.

  1. Menyelenggarakan pengajaran berbasis masalah riil di dunia pendidikan dan dunia usaha.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan ekonomi dan bisnis dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, sumber daya manusia dan responsip terhadap
  3. Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis hasil penelitian dalam rangka penerapan dan pengembangan IPTEK, khususnya di bidang Pendidikan Ekonomi.
  4. Membangun kemitraan dengan masyarakat profesi dan pengguna lulusan untuk meningkatkan kualitas lulusan yang berdaya saing.
  5. Mengembangkan kemampuan manajerial yang berbasis kewirausahaan.

Tujuan :

  1. Menghasilkan magister pendidikan ekonomi yang unggul dan  profesional di bidangekonomi, kependidikan, perancang serta pelaksana pendidikan ekonomi baik untuk kepentingan  pendidikan tinggi maupun pendidikan menengah.
  2. Menghasilkan magister pendidikan ekonomi yang mampu memberikan solusi pemecahan permasalahan pendidikan ekonomi.
  3. Menghasilkan magister pendidikan ekonomi yang mampu bekerja sama dalam suatu tim kerja dan mampu berkiprah dalam kompetitif nasional .
  4. Menghasilkan magister pendidikan ekonomi yang memiliki budaya kerja keras, tangguh, jujur, koperatif, santun, dan kompetitif.

Sasaran :

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul sebagai pengembang ilmu Pendidikan Ekonomi.

1.1.Peningkatan kualitas pemanfaatan Sumber Belajar berbasis aneka sumber belajar

1.2. Peningkatan kualitas pembelajaran berbasis hybrid learning

1.3. Kualitas lulusan yang memiliki kompetensi profesional yang inovatif dan kreatif sesuai kebutuhan stakeholder

1.4.Peningkatan kualitas Pembelajaran  dengan mengintegrasikan 6 tugas wajib dan   karakter dalam pembelajaran serta penilaian autentik dan HOTS.

1.5.  Peningkatan kualitas pembinaan komunitas mahasiswa

  1. Menghasilkan karya ilmiah hasil peneltian yang berstandar Nasional maupun Internasional

2.1. Peningkatan kualitas pembinaan komunitas (penelitian, pengabdian dan pertemuan ilmiah seminar nasional/internasional).

2.2. Pembimbingan  kualitas  dosen dalam menghasilkan artikel ilmiah, buku

             ajar Nasional maupun Internasional.

2.3. Melakukan Pembimbingan untuk meningkatkan  kualitas dosen menjadi nara sumber seminar nasional, Internasional bidang Pendidikan ekonomi.

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan ekonomi dan pendidikan ekonomi yang dapat diterapkan dalam pengabdian masyarakat.

3.1 Terselenggara Program Studi yang mampu memenuhi Kebutuhan Masyarakat, Pembangunan Nasional,  Daya Saing Bangsa Di Tingkat Global

3.2 Dihasilkan Layanan Berkualitas yang Dibutuhkan bagi Peningkatan Kinerja dan Produktivitas Stakeholder

3.3 Peningkatan keterlibatan Unimed untuk memecahkan berbagai permasalahan pendidikan dan masyarakat.

  1. Penguatan   kemitraan dengan stakeholder untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

4.1 Terbentuknya kerjasama yang saling membutuhkan  untuk mewujudkan kualitas   Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

4.2. Pengembangan Model  untuk mengatasi persoalan pendidikan yang berkaitan dengan pendidikan ekonomi.

Struktur Organisasi :

Profil Lulusan

Profil kompetensi lulusan S2 Pendidikan Ekonomi mengacu kepada profil kompetensi lulusan sesuai dengan Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yaitu kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Capaian Pembelajaran (CP) adalah kemampuan peserta didik yang diperoleh dengan menginternalisasikan pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.

         Mekanisme penentuan profil lulusan mengikuti tahapan pada Gambar 1. Berdasarkan hasil analisis SWOT, studi keterlacakan (tracer study) dan kesepakatan program studi sejenis dalam Asosiasi Program Studi Pendidikan Ekonomi (ASPROPENDO), maka  profil lulusan S2 Pendidikan Ekonomi UNIMED ditetapkan seperti berikut ini;

1) Dosen/Pendidik,

2) Pengembang pembelajaran ekonomi, dan

3) Konsultan pendidikan ekonomi.

Kurikulum yang memuat sebaran MK

 

Urutan MK  per Smt1

Kode MK/

Blok

Nama MK/

blok

Bobot sks2

Bahan Kajian3

 
 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

 

I

2PAS58001

Filsafat Ilmu

2

1,5,6

 

I

3PEK58001

Landasan Kependidikan dan Pembelajaran

3

4,5,6,8

 

I

3PEK58002

Bahasa Inggris Ekonomi

2

9,10

 

I

3PEK58003

Matematika Ekonomi Lanjutan

3

10, 11,12,13,14

 

I

3PEK58004

Ekonomi Mikro Lanjutan & Pembelajarannya

3

1,2,10

 

I

3PEK58005

Metodologi Penelitian Kualitatif

2

1,2,10

 

I

3PEK58006

Statistik Lanjutan

2

6, 10

 

II

3PEK58007

Pengembangan kurikulum dan bahan ajar PE Digital

3

5,6

 

II

3PEK58008

Evaluasi Pembelajaran Ekonomi

3

7, 10

 

II

3PEK58009

Ekonomi Makro  Lanjutan & Pembelajarannya

3

1,2

 

II

1UNM58001

Kepemimpinan

2

1,2, 4

 

II

3PEK58010

Ekonomi Pendidikan

2

5, 8, 9

 

II

3PEK58012

Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi Digital

3

4,5,6,8

 

II

3PEK58011

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

 

 

III

3PEK58013

Multi Media Pembelajaran

2

 

 

III

3PEK58014

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

2

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi *)

 

 

1.  Pendidikan Manajemen Bisnis :

 

III

3BIS58001

Manajemen Strategik Bisnis

3

1, 9, 10

 

III

3BIS58003

Technopreneurship

2

1, 9,10

 

III

3BIS58002

Manajemen Pemasaran Global **

2

1, 9, 10

 

III

3BIS58004

Manajemen Bisnis**

2

 

 

 

2.  Pendidikan Akuntansi:

 

 

 

III

3AKT58004

Sistem Informasi Akuntansi Sektor Publik

3

1, 5

 

III

3AKT58001

Akuntansi Sektor Publik

2

1, 9, 10

 

III

3AKT58002

Analisis Laporan Keuangan Sektor Publik**

2

1, 9, 10

 

 

3AKT58003

Analisis Investasi dan Teori Fortofolio**

2

 

 

 

  1. Pendidikan Ekonomi :

 

 

 

III

3EKO58001

Analisis Perekonomian Indonesia **

3

1, 5

 

III

3EKO58003

Ekonomi Sektor Publik **

3

 

 

III

3EKO58004

Ekonomi Moneter Lanjutan**

3

 

 

III

3EKO58005

Ekonomi Regional Lanjutan **

3

 

 

III

3EKO58002

Ekonomi Syariah **

2

1, 5

 

III

3EKO58006

Ekonomi Internasional **

3

1, 5

 

 

  1. Pendidikan Adm. Perkantoran

 

 

 

III

3ADP58001

Digitalisasi Arsip Perkantoran

3

9, 10

 

III

3ADP58002

Analisis Bisnis Parawisata

2

 

 

III

3ADP58003

Tata Kelola Bisnis Parawisata**

2

9, 10

 

III

3ADP58004

Parawisita Berkelanjutan**

2

 

 

 

MK Non Tatap Muka

 

 

IV

3PEK58015

Seminar Proposal Tesis

6

Semua Konsnetrasi

 

Seminar Hasil Penelitian

 

Tesis

 

Total

52

 

 

      

 

 

 

Bidang Kajian (BK) terdiri dari :

1) Teori Dasar Ilmu Ekonomi,  2) Perencanaan Bidang Ilmu Ekonomi, 3) Kependidikan dan Pembelajaran, 4) Pengembang Kurikulum Pendidikan Ekonomi, 5) Perencanaan Pembelajaran Ekonomi, dan 6) Pengembang kurikulum pendidikan, 7) Desain evaluasi hasil belajar, 8) Asas-Asas Pendidikan dan Pengajaran, 9) Riset-Riset Pendidikan Kontemporer, 10) Riset-Riset Pendidikan ekonomi, 11) Kebijakan pendidikan di negara maju, 12) Masalah-masalah Pendidikan di Indonesia, 13) Kebijakan pendidikan di Indonesia, 14) Perkembangan Ilmu Pendidikan

 

Profil Dosen yang memuat deskripsi diri dan mata kuliah yang diampu

No

Nama Dosen

Bidang Ilmu

Keahlian

Mata Kuliah Yang Diampu

1

Prof. Indra Maipita, Ph.D

Ekonomi

Matematika Ekonomi

·     Matematika Ekonomi Lanjutan

·     Ekonomi Makro dan Pembelajarannya

2

Prof. Dr. Sahyar, M.Si., MM

Manajemen

Filsafat Ilmu

·      Filsafat Ilmu

·     Kepemimpinan

 

3

Dr. Muhammad Yusuf Harahap,  M.Si

Ekonomi

Ekonomi Mikro

· Matematika Ekonomi Lanjutan

·  Statistik Lanjutan

· Ekonomi Mikro dan Pembelajarannya

4

Dr. Arwansyah, M.Si

Ekonomi

Matematika Ekonomi

·        Ekonomi Mikro dan Pembelajarannya

·       Ekonomi Pendidikan

5

Dr. Saidun Hutasuhut, M.Si

Pendidikan Ekonomi

Pembelajaran Ekonomi

·      Landasan Pendidikan & Pembelajaran

·      Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar Ekonomi Digital

·      Pengembangan Model Pembelajaran  Digital

·     Analisis Perekonomian

6

Dr. Eko Wahyu Nurgrahadi, M.Si

Ekonomi

Perekonomian Indonesia

·       Analisis Perekonomian

·      Ekonomi Mikro Lanjutan dan Pembelajarannya

7

Dr. Dede Ruslan, M.Si

Ekonomi

Moneter

·     Matematika Ekonomi Lanjutan

·      Ekonomi Moneter

·     Metode Penelitian Kuantitatif

8

Dr. Kustoro Budiarta, ME

Manajemen

Kewirausahaan

·        Kepemimpinan

·       Technopreneurship

9

Dr. Fitrawati, M.Si

Ekonomi

Ekonomi Publik

·    Ekonomi Moneter Lanjutan

·    Ekonomi Sector Publik

10

Andri Zainal, SE.,M.Si., Ph.D.,Ak,CA

Akuntansi

Bahasa Inggris Ekponomi

·     Bahasa Inggris Ekonomi

·    Akuntans sector publik

11

Dr. Hasyim, M.Si

Manajemen

Manajemen

·     Kepemimpinan

·     Manajemen strategik Bisnis

·    Analisis Bisnis Perusahaan

12

Dr. M. Fitri Ramadana, M.Si

Perencanaan Wilayah

Ekonomi Regional

·     Ekonomi Sektor Publik

·     Met Penelitian Kuantitatif

13

Dr. Noni Rozaini, M.Si

Ekonomi Syariah

Ekonomi Syariah

·         Ekonomi Islam

·        Ekonomi Pendidikan

14

Dr. Khairuddin E Tambunan, S.Sos, M.SI

Pendidikan Ekonomi

Multimedia Pembelajaran Ekonomi

·         Mulimedia Pembelajaran

·        Pengembangan Model Pembelajaran Digital

15

Dr. Hariadi, S.kom,

Teknologi Kejuruan

Multimedia Pembelajaran Ekonomi

·         Mulimedia Pembelajaran

·         Pengembangan Model Pembelajaran Digital

16

Dr. Micasiar Meiriza, M.Si

Pendidikan Ekonomi

Ekonomi Pendidikan

·         Pengembangan Model Pembelajaran Digital

KDBK

KDBK :

1.KDBK Pengembang Pembelajaran Ekonomi

  1. KDBK Ilmu Ekonomi
  2. KDBK Akuntansi Keuangan
  3. KDBK Administrasi dan Kepariwisataan

5. KDBK Pendidikan Bisnis

Dokumen mutu

·      Keunggulan Prodi adalah satu-satunya prodi Pendidikan Ekonomi di Provinsi Sumut dan Aceh.

·      Memiliki 3 Doktor Pendidikan Ekonomi, 2 Doktor Teknologi Kejuruan (IT), 6 Doktor Ekonomi, 1 Doktor Akuntansi. 3 Doktor Manajemen, 1 Doktor Teknologi Pendidikan., 1 Doktro Ekonomi Islam, 1 Doktor Perencanaaan Wilayah  

·      Prodi Memiliki visi menghasilkan lulusan sebagai pengembang pembelajaran ekonomi.

Data Mhs dan alumni

Data Mahasiswa :

Angkatan 2018 :

1.      Yulia Utami

2.      Darto Paulus Simanihuruk (Telah Seminar Proposal)

3.      Rini Siti Jummiah (Telah Seminar Proposal)

4.      Ade Trya Amanda

5.      Khoirunisa Rambe

6.      Delima (Telah Seminar Proposal)

7.      Muhammad Iqbal Hasrul (Telah Seminar Proposal)

8.      Laila Rohima (Telah Seminar Proposal)

9.      Indah Permata Sari (Telah Seminar Proposal)

10.   Lora Betrix Pandiangan (Telah Seminar Proposal)

11.   Syahputra Perdana (Telah Seminar Proposal)

12.   Arliana Arfani Solin (Telah Seminar Proposal)

13.   Syahril Sinaga

14.   Hendri

Angkatan 2019 :

1.      Dwi Rayana Siregar (Telah Seminar Proposal)

2.      Fitri Annisa Harahap

3.      Monika Karolina Sianturi (Telah Seminar Hasil)

4.      Evi Deristina Sinaga (Telah Seminar Proposal)

5.      Sixon Roberto Simangunsong

Angkatan 2020 :

Kelas A : 1. Andi Cici Thania

                2. Andryan Parlam Harianja

                3. Hasva Ayuningrum Sisworo

                4. Marito Ritonga

                5. Maulida Sari Harahap

                6. Muhammad Yusuf

 

Kelas B : 1. Lili Anggraini

                2. Husin Rizky Siregar

                3. Artanti Aprida Meyun Sihombing

                4. Mutiara Sihombing (Cuti)

 

Data Alumni :

1.      Herna Valentina Sitorus (Lulus Tahun 2019)

2.      Eduward Situmorang (Lulus Tahun 2019)

3.      Prima Lestari Situmorang (Lulus Tahun 2020)

4.      Swara Kasih Kartini Putri (Lulus Tahun 2020)

5.      Ummi Chairani (Lulus Tahun 2020)

6.      Nurul Shadrina Bintang (Lulus Tahun 2020)

7.      Togi Martua Damanik (Lulus Tahun 2021)

8.      Reza Aditia (Lulus Tahun 2021)

9.      Nur Afrianti (Lulus Tahun 2021)

10.   Khoirul Pahmi (Lulus Tahun 2021)

11.   Desi Hikmah Sitompul (Lulus Tahun 2021)

12.   Wira Firka C Hutasoit (Lulus Tahun 2021)

13.   Febrina Katarina Siregar (Lulus Tahun 2021)

14.   Opy Triansyah (Lulus Tahun 2021)

 

Prestasi dosen dan mahasiswa

Adapun beberapa prestasi yang dicapai oleh dosen Prodi MPE antara lain:

  • Indra Maipita, M.Si, Ph.D :
  1. Sebagai Tim Penilai PAK (Penilai Angka Kredit) Guru Besar Tingkat Nasional
  2. Penerima Penghargaan dari Kementrian PPN/BAPPENAS pada Seminar Nasional “Kualitas Belanja Negara dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Mengurangi Ketimpangan” tanggal 12 Agustus 2019.

 

  • Dede Ruslan, M.Si :
  1. Sebagai Dosen Berprestasi II untuk Penulisan Paper Terbaik pada Kegiatan Annual Islamic Finance Conference tanggal 24 Juli 2019.

Adapun beberapa prestasi yang dicapai oleh mahasiswa Prodi MPE antara lain:

  1. Eduward Situmorang : Nominasi guru berperestasi tingkat Kabupaten Serdang Bedagai
  2. Herna Valentina Sitorus : Nominasi guru berprestasi tingkat Kota Pematang Siantar
  3. Muhammad Iqbal Hasrul : Juara II Lomba Kaligrafi Tingkat Universitas
  4. Reza Aditia : Juara Harapan III Lomba karya tulis ilmiah tingkat Propinsi Sumut
  5. Hendri : Nominasi lomba karya tulis ilmiah kota Medan

Darto Paulus Simanihuruk : Nominasi Olimpiade Pasar Modal Sumatera Utara

Fasilitas perkuliahan

  • Wifi
  • AC
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Library Unimed

My Cart