PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

1. Sejarah Singkat

Universitas Negeri Medan sebagaimana juga Eks IKIP lainnya yang menjadi universitas, memikul tugas yang bersifat wider mandate, yaitu tugas yang meliputi penyelenggaraan program studi kependidikan dan program studi nonkependidikan. Lebih lanjut, dalam wider mandate itu disebutkan bahwa program studi kependidikan dan program kependidikan, perlu dimantapkan dan diperluas baik secara horizontal, yaitu memperluas program dengan membuka program baru yang mungkin diadakan, maupun secara vertikal, yaitu meningkatkan jenjang dari program yang dimaksudkan itu. Peningkatan mutu program studi merupakan fokus perhatian utama, yang salah satu ditempuh adalah meningkatkan mutu program studi melalui peningkatan kualitas tenaga pengajar. Hal ini sejalan dengan implementasi Undang-undang No. 20/2004 tentang sistem Pendidikan Nasional yang memerlukan tenaga kependidikan yang benar-benar mempunyai kemampuan profesional dengan landasan ilmu pendidikan yang kuat. Kemampuan prfesional demikian itu akan menjamin terlaksananya praktik dan pengembangan pendidikan melalui perencanaan dan pengelolahan yang berdaya guna mengacu kepada undang-undang tersebut. Selain itu, pengkajian-pengkajian yang dilakukan secara terus menerus terhadap ilmu pendidikan baik pada pertemuan FIP dan JIP yang diselenggarakan sekali dalam dua tahun maupun pada diskusi BKSPTN Wilayah Barat yang diselenggarakan sekali dalam setahun menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia untuk semua jenjang dan jenis pendidikan pada umumnya kurang memuaskan. Disamping faktor material dan finansial, keterpaduan menyeluruh filsafat, teori, wawasan dan keilmuan, pendidikan yang mendasari kebijaksanaan, perencanaan, dan pengelolahan pendidikan nasional merupakan faktor signifikan yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan. Dengan kata lain, aplikasi dan pengembangan ilmu pendidikan secara komprehensif dan terintegrasi kurang terlaksana sehingga perlu secara terus menerus dilakukan upaya revitalisasi konsep ilmu pendidikan. Salah satu program pendidikan yang cukup potensial untuk dikembangkan adalah Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia untuk dosen-dosen bahasa Indonesia dan guru-guru bidang studi bahasa Indonesia. Data dari Kopertis Wil. I Sumut dan Nangru Aceh Darussalam menunjukkan bahwa masih banyak dosen yang mengampu mata kuliah Bahasa Indonesia belum relevan dengan bidang keahliannya dan dari sejumlah itu masih banyak pula dosen-dosen tersebut yang belum berpendidikan S2. Dibukanya Program S2 Pendidikan Bahasa Indonesia ini akan lebih mewarnai cabang-cabang ilmu pendidikan yang telah ada saat ini di Unimed, misalnya program konsentrasi S2 Administrasi Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Linguistik Terapan, Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Dasar. Dengan demikian, program S2 Universitas Negeri Medan ini memiliki kekhususan yaitu mendidik mahasiswanya menjadi seorang ahli di bidang ilmu pendidikan dan sekaligus memiliki keahlian di bidang konsentrasi yang dipilihnya, termasuk didalamnya pendidikan bahasa Indonesia. Pemilihan kekhususan program ini diperkirakan sangat relevan untuk mendidik ahli pendidikan bahas Indonesia yang mampu membantu pengelola pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan landasan filosofi dan teori pendidikan, sehingg keputusan-keputusan yang akan diambil, strategi-strategi yang akan ditempuh, termasuk pengelolaan administrasi dan penggunaan teknologi pendidikan seluruhnya, mengacu pada esensi pendidikan. Program studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia dengan program-program konsentrasi ini diperkirakan akan menjadi salah satu solusi keterbatasan ahli dalam bidang ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia yan komprehensif, terutama dalam mengatasi kesenjangan penyelenggaraan pendidikan selama ini.

2. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

Visi, misi, tujuan, dan sasaran dirumuskan berdasarkan visi dan misis program universitas dan pascasarjana. Perumusan tersebut melalui berbagai kegiatan dengan mekanisme penyusunan sebagai berikut.

  1. Tim Pengembang (TP) mempelajari visi, misi universitas dan pascasarjana.
  2. Tim pengembang menyusun draf visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi.
  3. Rumusan Tim Pengembang disampaikan dalam lokakarya dewan dosen yang melibatkan pakar dari dalam ataupun luar serta stakeholder (pengguna dan alumni) untuk mendapatkan masukan tentang visi, misi, kompetensi lulusan, dan mata kuliah.
  4. Tim Pengembang menyempurnakan (merevisi) draf.
  5. Draf yang sudah disempurnakan Tim Pengembang dibawa ke dalam rapat program Pascasarjana untuk dibahas dan disahkan.
Visi Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

pengembangan, penelitian, pengabdian dan pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sehingga mampu menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas dalam penguasaan teori dan praktis pada tingkat nasional dan internasional.

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  1. Menyelenggarakan berbagai proses dan kegiatan pendidikan yang berkualitas dan inovatif di bidang pengajaran bahasa dan/atau sastra Indonesia.
  2. Mengembangkan ide baru dan orisinal sebagai sumbangsih bagi perkembangan pendidikan bahasa dan/atau sastra Indonesia melalui berbagai kegiatan penelitian dan forum ilmiah yang diselenggarakan di tingkat nasional dan internasional.
  3. Mengelola hasil-hasil penelitian dan mengembangkannya sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan baik nasional dan internasional.

Menjalin dan menyelenggarakan kerja sama yang sinergis dan saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pendidikan, pelatihan dan pemerintahan baik tingkat daerah maupun pusat di dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1. Menghasilkan lulusan magister pendidikan dengan gelar Magister Pendidikan (M.Pd.) yang memiliki delapan keunggulan yaitu:

  1. Lulusan yang cerdas (kognisi, emosi, spiritual) dan bermutu dalam bidang pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk memenuhi permintaan pasar dan industri dalam konteks regional, nasional, dan global.
  2. Mengembangkan teori dan teknologi dalam bidang pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk keefektifan dan keefesienan pembelajaran.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi interdisiplin/intradisiplin dalam wujud karya pengabdian sebagai fasilitas pemahaman terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan disiplin ilmu lain.
  4. Mengupayakan pembelajaran bahasa dan sasta Indonesia yang potensial memperkaya khazanah bahasa, sastra, dan budaya nasional.
  5. Menghasilkan kerja sama yang mendukung peningkatan kualitas program akademik.
  6. Melakukan penelitian tentang pendidikan bahasa, pendidikan sastra beserta ilmu terapannya.
  7. Terwujudnya pengelolaan pendidikan bahasa dan sasta Indonesia beserta ilmu terapannya berdasarkan prosedur yang bersifat rasional, transparan, dan baku berdasarkan akuntabilitas, mengembangkan gagasan-gagasan baru dalam bidang kebahasaan/nonkebahasaan yang mencakup pendidikan bahasa dan sastra sebagai bentuk sumbangsih bagi dunia keilmuan dan pendidikan.
  8. Terwujudnya kerjasama yang sinergis dan saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pendidikan, pelatihan, dan pemerintahan, baik tingkat daerah maupun pusat, di dalam maupun di luar negeri.
  9. Berkemampuan meningkatkan dan memperdalam kemampuan bidang studi terutama mereka yang berkecimpung di dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Berkemampuan meningkatkan keterampilan mengelola proses belajar mengajar meliputi penguasaan strategi dan teknik pendidikan serta evaluasi hasil belajar mengajar dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

3. Profil Lulusan

4. Kompetensi Lulusan

A. Kompetensi Utama

Lulusan S2 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki kompetensi utama sebagai berikut:

  1. Memahami kaidah-kaidah ilmiah, teori bahasa, sastra dan pembelajarannya serta aplikasinya.
  2. Memahami dan mengapresiasi perkembangan bahasa, sastra, dan pembelajarannya.
  3. Meneliti dan menganalisis bahasa, sastra, dan pembelajarannya.
  4. Mengajarkan bahasa dan sastra baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  5. Melakukan penelitian bidang pendidikan khusus yang inovatif.
  6. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan khusus melalui pendekatan multidisipliner.
  7. Menulis dan mempresentasikan karya ilmiah di tingkat nasional atau internasional.
  8. Memberikan pendampingan kepada masyarakat mengenai pendidikan khusus dan pesrta didik dengan kebutuhan khusus.
  9. Mengelola pembelajaran pada pendidikan tinggi.
  10. Mengembangkan model pembelajaran dalam pendidikan khusus yang inovatif.
B. Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung yang dimiliki oleh lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah kompetensi yang terkait dengan konsentrasi yang dipilih oleh mahasiswa, yang tercakup dalam 4 bidang, yaitu :

  1. Memahami pembelajaran bahasa.
  2. Memahami penerjemahan.
  3. Memahami pendidikan sastra.
  4. Memahami pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
C. Kompetensi Lain

Ada tiga kompetensi lain yang dapat diperoleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu :

  1. Kompetensi media pembelajaran berbasis komputer.
  2. Kompetensi evaluasi pendidikan.
  3. Kompetensi manajemen pendidikan.

Kompetensi lain tersebut berupa kompetensi tambahan yang diperoleh manakala mahasiswa menempuh mata kuliah tambahan pada program studi lain di pascasarjana. Mahasiswa dapat menempuh mata kuliah pada Prodi Teknologi Pendidikan (TP), atau Prodi Manejemen Pendidikan (MP). Hal ini sama dengan yang berlaku pada kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang membuka peluang bagi mahasiswa prodi lain untuk mengikuti beberapa mata kuliah yang ditawarkan, misalnya (1) Bahasa Indonesia Penulisan Karya Ilmiah, (2) penerjemahan.

Orientasi dan kesesuaian kompetensi lulusan dengan visi dan misi program studi

Kompetensi Lulusan

Visi

Misi

A.     Kompetensi Utama:

1.    Memahami kaidah-kaidah ilmiah, teori bahasa, sastra dan pembelajarannya serta aplikasinya.

2.    Memahami dan mengapresiasi perkembangan bahasa, sastra, dan pembelajarannya.

3.    Meneliti dan menganalisis bahasa, sastra, dan pembelajarannya.

4.    Mengajarkan bahasa dan sastra baik di sekolah maupun di luar sekolah.

5.    Melakukan penelitian bidang pendidikan khusus yang inovatif.

6.    Mampu memecahkan permasalahan pendidikan khusus melalui pendekatan multidisipliner.

7.    Menulis dan mempresentasikan karya ilmiah di tingkat nasional atau internasional.

8.    Memberikan pendampingan kepada masyarakat mengenai pendidikan khusus dan pesrta didik dengan kebutuhan khusus.

9.    Mengelola pembelajaran pada pendidikan tinggi.

10. Mengembangkan model pembelajaran dalam pendidikan khusus yang inovatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

3

 

4

 

2,6

 

5

 

5

 

1

 

1

 

 

3

4

B.   Kompetensi Pendukung:

1.  Memahami pembelajaran bahasa.

2.  Memahami penerjemahan.

3.  Memahami pendidikan sastra.

4.  Memahami pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.

 

 

 

1

1

1

 

1

C.   Kompetensi Lain:

1.  Kompetensi media pembelajaran berbasis komputer.

2.  Kompetensi evaluasi pendidikan.

3.  Kompetensi manajemen pendidikan.

 

 

3

4

3

Catatan :

Pengertian tentang kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No.045/U/2002.

5. Kurikulum

Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No.232/U/2000).

Kurikulum yang dikembangkan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Unimed didasarkan pada visi, misi, sasaran, dan tujuan yang telah ditetapkan dan memperhatikan SK Mendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi. Seluruh mata kuliah yang berjumlah 23 mata kuliah (termasuk Tesis) dikembangkan dalam satu tujuan yakni membekali mahasiswa sejumlah pengalaman belajar yang dapat membuat mereka kelak menjadi lulusan yang bukan saja akan menjadi insan pendidik Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana yang bermutu dan ahli dalam bidangnya, tetapi juga sekaligus akan menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral, berbudi pekerti luhur, serta memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan sesama manusia. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana mencakup Mata Kuliah Dasar Keilmuan, Dasar Kependidikan, Bidang Keahlian, Tesis, dan Penunjang. Kurikulum ini disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan stakeholder. Kurikulum yang berlaku saat ini merupakan hasil revisi tahun 2008 sesuai dengan tuntutan visi, misi, tujuan, dan kompetensi lulusan yang baru.

Perkuliahan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana saat ini berpedoman pada Kurikulum KKNI.  Kurikulum ini mempersyaratkan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana menyelesaikan total 50 SKS untuk memeroleh gelar Master Pendidikan (M.Pd.). Sesuai dengan SK No: 526/e.E3/MI/2014 penjelasan tentang Standart Nasional Pendidikan Tinggi untuk Program Pascasarjana (Plt. Direktur Jenderal Djoko Santoso).

Jumlah mata kuliah untuk Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Unimed dengan rincian sebagai berikut;

1.  Perkuliahan dan pengayaan 40 SKS sebanyak 20 mata kuliah.

2.  Tesis 6 SKS (seminar proposal dan seminar tesis).        

3.  Seminar dan Penelitian Tesis 2 SKS.

4.  Publikasi karya ilmiah 2 SKS.

Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas,  Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Unimed dianggap mampu karena tenaga akademik yang ada dianggap cukup memadai. Jumlah dosen sebanyak 23 orang, telah memiliki kualifikasi pendidikan S3 dan Profesor sehingga dapat dinilai cukup kapabel.

Penugasan dosen Prodi Pedidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Unimed dilakukan atas dasar bidang keahlian yang ditekuni dosen yang terdistribusi menurut Kelompok Bidang Keahlian (KBK), yaitu KBK Linguistik, KBK Kesastraan, KBK Kemahiran Berbahasa, dan KBK Penunjang Keahlian. Untuk membangun suasana kerja sama internal dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa, dosen yang mengajar saat ini di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana didistribusikan menurut keempat KBK tersebut yaitu 5 orang untuk KBK Kebahasaan, 2 orang untuk KBK Kesastraan, 5 orang untuk KBK Kemahiran Berbahasa, dan 4 orang untuk KBK PBM (Pengajaran).

Dalam pelaksanaan perkuliahan, setiap dosen atau tim dosen KBK diharuskan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dengan berpedoman kepada kurikulum KKNI dan silabus yang telah ditentukan. Pengembangan RPP dan SAP yang mengacu pada muatan kurikulum seyogyanya dilakukan oleh setiap dosen atau tim dosen pengasuh mata kuliah kelas paralel dengan tujuan agar diperoleh materi kuliah yang tetap aktual dan kesejajaran kuantitas dan kualitas materi kuliah yang disajikan pada setiap kelas paralel. Dalam upaya mengembangkan RPP dan SAP yang berkualitas masih untuk semester I angkatan I pembelajaran 2013-2014 semerter ganjil dosen telah membuat RPP sesuai dengan versi DIKTI.

5.1.2.2 Mata kuliah dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah, silabus dan SAP

Smt

Kode MK

Nama MK

Bobot SKS

SKS MK dalam Kurikulum

Kelengkapan

Unit/

Jur/

Fak Penye

leng

gara

Inti

Institutional

Des

kripsi

Silabus

SAP

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

I

PPBSI 51.1.1

Gramatika Bahasa Indonesia

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.2

Statistik

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.3

Teori Sastra dan apresiasi Sastra Indonesia

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.4

Filsafat Ilmu

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.5

Problematika Bahasa dan Sastra Indonesia

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.6

Metodologi Penelitian Kuantitatif Bahasa dan Sastra Indonesia

2

 

 

PPs

II

PPBSI 51.1.7

Filsafat Bahasa

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.8

Psikolinguistik

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.9

Metodologi Penelitian Kualitatif Bahasa dan Sastra Indonesia

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.10

Kurikulum Pengembangan Materi Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.11

Keterampilan Integratif Bahasa dan Sastra Indonesia

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.12

Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.13

Akuisisi Bahasa

2

 

 

PPs

III

PPBSI 51.1.14

Semantik dan Pragmatik

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.15

Analisis Wacana Kritis

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.16

Metodolgi Prngajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.17

Kajian Mandiri Proposal

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.18

Kajian Kepustakaan Tesis/Telaah Kepustakaan Tesis

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.19

Teknik Penyusuna Instrumen Penelitian

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.20

Analisis dan Interpretasi Hasil Penelitian

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.21

Pengelolaan Seminar dan Partisipasi Mengikuti Seminar

2

 

 

PPs

 

PPBSI 51.1.22

Teknik Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah

2

 

 

PPs

IV

 

Tesis

6

 

 

 

PPs

 

Jumlah

 

50

 

 

50

50

49

 

Keterangan :

  • tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dimcantumkan dalam tabel 5.1.3)
  • menurut rujukan peer group I Kepmendiknas 045/U/2002 (ps. 3 ayat 2e)
  • beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, silabus dan atau SAP

                        

6. Dosen Pengampu

Dosen Pengampu Matakuliah pada Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Dr. Biner Ambarita, M.Pd.
  2. Shafwan Hadi, M.Hum.
  3. Amrin Saragih, MA., Ph.D
  4. Abdurrahman Adisahputera, M.Hum.
  5. Mutsyuhito Solin, M.Pd.
  6. Dr. Rosmawaty Harahap, M.Pd.
  7. Dr. Khairil Ansari, M.Pd.
  8. Dr. Abdul Murad, M.Pd.
  9. Malan Lubis, M.Hum
  10. M.Oky Fardian Gafari, M.Hum.
  11. Mutsyuhito Solin, M.Pd..
  12. Wisman Hadi, M.Hum.
  13. Arif Rahman, M.Pd.
  14. Dr. Tiur Asi Siburian, M.Pd.
  15. Risnawaty, M.Hum.
  16. Dr. Sumarsih, M.Pd.
  17. Syahnan Daulay, M.Pd
  18. Muhizar Muchtar, M.S.

My Cart