Visi Keilmuan Prodi Doktor Pendidikan Kimia

Mengembangkan keilmuan dan menghasilkan produk inovasi bidang pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis keilmuan dasar dan terapan, transformative learning dan kearifan lokal melalui riset yang bersifat interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner.

Misi keilmuan Prodi Doktor Pendidikan Kimia adalah:

  1. Mengembangkan penelitian pendidikan kimia berbasis keilmuan dasar dan terapan, transformatif learning dan kearifan lokal melalui riset yang bersifat interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner;
  2. Menemukan alternatif solusi permasalahan pendidikan dan pengajaran kimia berbasis riset;
  3. Menerapkan berbagai produk riset pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis budaya dan teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat;
  4. Menghasilkan inovasi pembelajaran, riset berbasis keilmuan dasar dan terapan, transformative learning dan kearifan lokal dalam skema kerjasama mutualisme dengan pihak stakeholders dalam dan luar n

Tujuan Prodi Doktor Pendidikan Kimia adalah:

  1. Menghasilkan teori  dan  model  pembelajaran  kimia  berbasis  keilmuan dasar dan terapan, transformative learning dan kearifan lokal melalui riset yang bersifat interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner;
  2. Menghasilkan produk inovasi pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis riset yang bermanfaat bagi pendidikan dan pembelajaran kimia;
  3. Menghasilkan penelitian yang layak dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi;
  4. Melakukan diseminasi dan implementasi produk riset pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis kemitraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat nasional, regional, dan internasional;
  5. Menghasilkan kerjasama mutualisme antara Prodi Doktor pendidikan kimia dengan pemangku kepentingan dalam dan luar n

Sasaran Strategis Prodi Doktor Pendidikan Kimia

  1. Peningkatan kualitas kurikulum secara berkelanjutan. Sasaran ini dicapai melalui strategi “Pembaharuan Kurikulum” dengan meninjau dan melakukan revitalisasi kurikulum beserta perangkat pembelajaran dan evaluasinya sesuai dengan perkembangan dan tuntutan pengguna lulusan dan masy
  2. Peningkatan sumber daya insani yang berkualitas di bidang Pendidikan Kimi Sasaran ini dicapai melalui strategi “SDM Bermutu” melalui peningkatan kualitas dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk menghasilkan Doktor Pendidikan Kimia yang berkualitas yang tersebar di seluruh Indonesia yang bekerja sebagai dosen, guru, maupun pemangku professional di bidang Pendidikan Kimia.
  3. Peningkatan kualitas sarana, prasarana, dan manajem Sasaran ini dicapai melalui pengadaan sarana dan prasarana, ruang kuliah, perpustakaan, dan laboratorium guna menunjang proses perkuliahan berkualitas serta pengiriman staf ke pelatihan manajemen.
  4. Peningkatan kualitas  karya  ilmiah.  Sasaran  ini  dicapai  melalui  strategi  “Payung  Penelitian Pendidikan Kimia”  untuk  menghasilkan  penelitian inovatif  dan artikel  ilmiah dari hasil penelitiannya yang dipublikasi dalam jurnal bereputasi nasional maupun internasion
  5. Peningkatan kerjasam Sasaran ini dicapai melalui peningkatan kualitas produk hasil penelitian; peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan layanan kepada masyarakat; dan peningkatan jejaring kerjasama, serta menghasilkan sekolah binaan pada jenjang SMP dan SMA khususnya pada Kawasan Sumatera Utara sebagai wujud pengabdian dalam memberdayakan sekolah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
  6. Peningkatan kualitas buku teks di bidang Pendidikan Kimi Sasaran ini dicapai melalui strategi “UNIMED PRESS”. Target hingga tahun 2030, akan dihasilkan 20 buku teks ber-ISBNI yang dipakai oleh sekolah maupun perguruan tinggi.
Sebaran Matakuliah Per Semester Prodi Doktor (S3) Pendidikan Kimia Jalur Riset

Semester

Kode

Nama Matakuliah

SKS

I

3KIM69201

Filsafat Pendidikan Kimia

2

3KIM69202

Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia

3

Jumlah SKS

5

II

3KIM69203

Statistika

3

3KIM69204

Kajian Trend Penelitian Pendidikan Kimia

2

Jumlah SKS

5

III

3KIM69205

Kepemimpinan Riset

3

    3KIM69206

Seminar Kemajuan Penelitian 1:

5

Jumlah SKS

8

IV

3KIM69207

Seminar Kemajuan Penelitian 2:

5

 

 

5

      3KIM69209

Kajian Mandiri

2

Jumlah SKS

7

V

  3KIM69208

Seminar Kemajuan Penelitian 3

 

     5

 

5

Jumlah SKS

5

VI

 

  3KIM69210

Disertasi

   

15

Jumlah SKS

15

Total SKS

45

Sebaran Matakuliah Per Semester Prodi Doktor (S3) Pendidikan Kimia Jalur Reguler

Semester

Kode

Nama Matakuliah

SKS

I

3KIM69001

Filsafat Pendidikan Kimia

2

3KIM69002

Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia

3

3KIM69003

Penjaminan Mutu Pembelajaran Kimia

2

jumlah SKS

7

II

3KIM69004

Statistika

3

3KIM69005

Kepemimpinan Riset

2

3KIM69006

Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia di laboratorium kimia

2

Jumlah SKS

7

III

3KIM69007

Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia Anorganik

3

3KIM69008

Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia Fisika

  2

 

 

5

3KIM69009

Kajian Trend Penelitian Pendidikan Kimia

 

 

 

  2

Jumlah SKS

7

 

 

IV

3KIM69010

Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Biokimia

2

3KIM69011

Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia Organik

  2

3KIM69012

Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia Analitik

  2

Jumlah SKS

6

V

3KIM69013

 

Penulisan Publikasi Ilmiah

3

Jumlah SKS

3

VI

3KIM69014

 

Disertasi

15

 

Jumlah SKS

15

Total SKS

45

Ketua Program Studi Doktor Pendidikan Kimia

Prof. Dr. Asep Wahyu Nugraha, M.Si

My Cart