Visi Keilmuan Prodi Doktor Pendidikan Kimia
Mengembangkan keilmuan dan menghasilkan produk inovasi bidang pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis keilmuan dasar dan terapan, transformative learning dan kearifan lokal melalui riset yang bersifat interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner.
Misi keilmuan Prodi Doktor Pendidikan Kimia adalah:
- Mengembangkan penelitian pendidikan kimia berbasis keilmuan dasar dan terapan, transformatif learning dan kearifan lokal melalui riset yang bersifat interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner;
- Menemukan alternatif solusi permasalahan pendidikan dan pengajaran kimia berbasis riset;
- Menerapkan berbagai produk riset pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis budaya dan teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat;
- Menghasilkan inovasi pembelajaran, riset berbasis keilmuan dasar dan terapan, transformative learning dan kearifan lokal dalam skema kerjasama mutualisme dengan pihak stakeholders dalam dan luar n
Tujuan Prodi Doktor Pendidikan Kimia adalah:
- Menghasilkan teori dan model pembelajaran kimia berbasis keilmuan dasar dan terapan, transformative learning dan kearifan lokal melalui riset yang bersifat interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner;
- Menghasilkan produk inovasi pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis riset yang bermanfaat bagi pendidikan dan pembelajaran kimia;
- Menghasilkan penelitian yang layak dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi;
- Melakukan diseminasi dan implementasi produk riset pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis kemitraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat nasional, regional, dan internasional;
- Menghasilkan kerjasama mutualisme antara Prodi Doktor pendidikan kimia dengan pemangku kepentingan dalam dan luar n
Sasaran Strategis Prodi Doktor Pendidikan Kimia
- Peningkatan kualitas kurikulum secara berkelanjutan. Sasaran ini dicapai melalui strategi “Pembaharuan Kurikulum” dengan meninjau dan melakukan revitalisasi kurikulum beserta perangkat pembelajaran dan evaluasinya sesuai dengan perkembangan dan tuntutan pengguna lulusan dan masy
- Peningkatan sumber daya insani yang berkualitas di bidang Pendidikan Kimi Sasaran ini dicapai melalui strategi “SDM Bermutu” melalui peningkatan kualitas dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk menghasilkan Doktor Pendidikan Kimia yang berkualitas yang tersebar di seluruh Indonesia yang bekerja sebagai dosen, guru, maupun pemangku professional di bidang Pendidikan Kimia.
- Peningkatan kualitas sarana, prasarana, dan manajem Sasaran ini dicapai melalui pengadaan sarana dan prasarana, ruang kuliah, perpustakaan, dan laboratorium guna menunjang proses perkuliahan berkualitas serta pengiriman staf ke pelatihan manajemen.
- Peningkatan kualitas karya ilmiah. Sasaran ini dicapai melalui strategi “Payung Penelitian Pendidikan Kimia” untuk menghasilkan penelitian inovatif dan artikel ilmiah dari hasil penelitiannya yang dipublikasi dalam jurnal bereputasi nasional maupun internasion
- Peningkatan kerjasam Sasaran ini dicapai melalui peningkatan kualitas produk hasil penelitian; peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan layanan kepada masyarakat; dan peningkatan jejaring kerjasama, serta menghasilkan sekolah binaan pada jenjang SMP dan SMA khususnya pada Kawasan Sumatera Utara sebagai wujud pengabdian dalam memberdayakan sekolah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
- Peningkatan kualitas buku teks di bidang Pendidikan Kimi Sasaran ini dicapai melalui strategi “UNIMED PRESS”. Target hingga tahun 2030, akan dihasilkan 20 buku teks ber-ISBNI yang dipakai oleh sekolah maupun perguruan tinggi.
Semester | Kode | Nama Matakuliah | SKS |
I | 3KIM69201 | Filsafat Pendidikan Kimia | 2 |
3KIM69202 | Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia | 3 | |
Jumlah SKS | 5 | ||
II | 3KIM69203 | Statistika | 3 |
3KIM69204 | Kajian Trend Penelitian Pendidikan Kimia | 2 | |
Jumlah SKS | 5 | ||
III | 3KIM69205 | Kepemimpinan Riset | 3 |
3KIM69206 | Seminar Kemajuan Penelitian 1: | 5 | |
Jumlah SKS | 8 | ||
IV | 3KIM69207 | Seminar Kemajuan Penelitian 2: | 5
5 |
3KIM69209 | Kajian Mandiri | 2 | |
Jumlah SKS | 7 | ||
V | 3KIM69208 | Seminar Kemajuan Penelitian 3
| 5
5 |
Jumlah SKS | 5 | ||
VI |
3KIM69210 | Disertasi |
15 |
Jumlah SKS | 15 | ||
Total SKS | 45 |
Semester | Kode | Nama Matakuliah | SKS |
I | 3KIM69001 | Filsafat Pendidikan Kimia | 2 |
3KIM69002 | Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia | 3 | |
3KIM69003 | Penjaminan Mutu Pembelajaran Kimia | 2 | |
jumlah SKS | 7 | ||
II | 3KIM69004 | Statistika | 3 |
3KIM69005 | Kepemimpinan Riset | 2 | |
3KIM69006 | Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia di laboratorium kimia | 2 | |
Jumlah SKS | 7 | ||
III | 3KIM69007 | Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia Anorganik | 3 |
3KIM69008 | Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia Fisika | 2
5 | |
3KIM69009 | Kajian Trend Penelitian Pendidikan Kimia
| 2 | |
Jumlah SKS | 7
| ||
IV | 3KIM69010 | Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Biokimia | 2 |
3KIM69011 | Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia Organik | 2 | |
3KIM69012 | Bahan Ajar dan Strategi Pembelajaran Kimia Analitik | 2 | |
Jumlah SKS | 6 | ||
V | 3KIM69013
| Penulisan Publikasi Ilmiah | 3 |
Jumlah SKS | 3 | ||
VI | 3KIM69014
| Disertasi | 15 |
| Jumlah SKS | 15 | |
Total SKS | 45 |
Ketua Program Studi Doktor Pendidikan Kimia
Prof. Dr. Asep Wahyu Nugraha, M.Si