Sejarah Singkat Pendirian Prodi:
Program Studi S3 (Doktor) Pendidikan Dasar merupakan salah satu program studi dari 4 program studi yang diberi mandat oleh Ditjen Dikti untuk diselenggarakan di Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Mandat tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 78/E.E2/DT/2014, tertanggal 28 Januari 2014. Penegasan izin pembukaan program studi program doktor pendidikan dasar diungkapkan dalam Kepmenristekdikti No. 414/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Pada Universitas Negeri Medan di Medan. Penerimaan mahasiswa baru sebanyak 10 orang dimulai pada tahun 2014, yang mulai kuliah pada semester ganjil T.A 2014/2015. Pada tahun 2015, diterima mahasiswa baru sebanyak 6 orang. Selanjutnya, pada tahun 2017, diterima mahasiswa baru sebanyak 6 orang. Dengan demikian, jumlah total mahsiswa sampai tahun 2017 adalah 22 orang. Sampai tahun 2017, belum ada alumni program doktor pendidikan dasar Unimed. Sejak semester 1 (satu), T.A 2017/2018, program studi program doktor pendidikan dasar melaksanakan kurikulum berbasis KKNI, secara penuh.
Visi, Misi, dan Tujuan Prodi
Menjadi program studi yang unggul dan bermakna dalam bidang pendidikan dasar, melalui pengkajian, penelitian dan pengembangan pembelajaran inovatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memberdayakan sekolah dan masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
- Mengembangkan sumber daya insani yang unggul di bidang pendidikan dasar melalui penyelenggaraan pendidikan akademik yang berkualitas .
- Melaksanakan penelitian, pengkajian dan pembelajaran inovatif serta menghasilkan publikasi ilmiah pada skala nasional dan internasional guna memperkuat fondasi pendidikan dasar di Indonesia.
- Mengamalkan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pembelajaran di bidang pendidikan dasar kepada masyarakat, khususnya memberdayakan sekolah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tujuan dari program studi Doktor (S3) Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan, dengan merujuk pada kurikulum KKNI adalah untuk menghasilkan lulusan yang :
- Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi pembelajaran dalam bidang pendidikan dasar secara profesional melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji.
- Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan permasalahan pembelajaran pada lingkup pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
- Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi pemberdayaan sekolah dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
Profil Lulusan:
Program S3 Pendidikan Dasar (Elementary Education) bertujuan untuk menghasilkan doktor pendidikan dasar sebagai:
- Tenaga pendidik PGSD, Magister, dan Doktor yang mampu menemukan atau mengembangkan keilmuan pendidikan dasar yang berkarakter, inovatif, profesional, dan memiliki wawasan yang luas.
- Praktisi pendidikan seperti pengawas, kepala sekolah, guru, dan pengelola sekolah dasar yang mampu menemukan atau mengembangkan inovasi pendidikan di sekolah dasar.
- Peneliti pendidikan dasar, seperti peneliti di instansi, lembaga dan organisasi pendidikan dasar.
Kompetensi Lulusan:
Aspek | Capaian Pembelajaran |
Sikap | 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. 9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Pengetahuan | 1. Menentukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru pada bidang pendidikan dasar dalam bentuk disertasi melalui penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. 2. Menguasai standar kualitas dalam memublikasikan tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan international terindeks dari hasil penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin. 3. Mengidentifikasi problematika di bidang pendidikan sekolah dasar melalui penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atautransdisiplin. 4. Menguasai teori pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar dalam menentukan posisi peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. 5. Menerapkan pengetahuan atau gagasan argumen dan solusi keilmuan pendidikan dasar berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat 6. Mengevaluasi kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumberdaya, serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya. 7. Mengevaluasi prinsip-prinsip untuk mengelola, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggung jawabnya. 8. Mengevaluasi prinsip-prinsip hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas di luar lembaga. |
Keterampilan Umum | 1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humahiora pendidikan sekolah dasar, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. 2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi dalam pendidikan sekolah dasar yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, serta memublikasikan 2 tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan international terindeks; 3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan / atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang pendidikan sekolah dasar baik dalam teknologi, seni, kemasyarakatan berdasarkan hasil kajian ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.
4. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada pendidikan sekolah dasar; 5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; 6. Mampu menunjukkankepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumberdaya, serta organisasi yang berada di bawah tanggungjawabnya; 7. Mampu mengelola, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggungjawabnya; 8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerja sama dengan komunitas di luar lembaga |
Keterampilan Khusus | 1. Mengembangkan proposal disertasi melalui pengkajian teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru di bidang IPTEK di sekolah dasar secara logis, kritis, sistematis, inovatif, dan kreatif mahasiswa 2. Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru melalui penelitian disertasi berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif, serta menerapkan nilai-nilai humaniora. 3. Menyusun disertasi dari hasil penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin berdasarkan hasil kajian dan penemuan posisi. 4. Mempresentasikan hasil disertasi dalam forum ilmiah internasional 5. Memublikasikan dua tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan satu internasional terindeks.
6. Menyusun penelitian di bidang pendidikan sekolah dasar yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin berdasarkan peta jalan penelitian dan konstelasinya. 7 . Menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi, atau seni bidang pendidikan di SD serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat. 9. Menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumberdaya, serta organisasi yang berada di bawah tanggungjawabnya 10. Menunjukkan kemampuan manajerial dalam mengelola, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggungjawabnya 11.Mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas di luar lembaga
|
Kurikulum:
Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, disusun mata kuliah Program Studi Pendidikan Dasar Program Doktor Program Pascasarjana UNIMED sebagai berikut:
Tabel 5.1 Mata Kuliah (MK) Program Studi S3 Pendidikan Dasar Unimed
Kode MK | Matakuliah | SKS | SMT |
1UMD67001 | Kepemimpinan | 2 | 2 |
2PAS67001 | Filsafat Ilmu | 2 | 1 |
3DSR67001 | Metodologi Penelitian Lanjut | 3 | 1 |
3DSR67002 | Statistika Lanjut | 2 | 1 |
3DSR67003 | Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Dasar | 3 | 1 |
3DSR67004 | Problematik Pembelajaran di Pendidikan Dasar | 3 | 1 |
3DSR67005 | Difusi Inovasi Pendidikan Dasar | 2 | 2 |
3DSR67006 | Pengembangan Sistem Pembelajaran: Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar | 3 | 2 |
3DSR67007 | Filsafat Pendidikan | 2 | 2 |
3DSR67008 | Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Belajar Pendidikan Dasar | 2 | 3 |
3DSR67009 | Evaluasi Program dalam Pendidikan dan Pelatihan Pendidikan Dasar | 3 | 3 |
3DSR67010 | Penelitian dan Publikasi Ilmiah | 3 | 3 |
3DSR67011 | Disertasi | 12 | 4 |
Tabel 5.2 Sebaran Capaian Pembelajaran terhadap Mata Kuliah
No | Kode/Mata Kuliah/ Semester/SKS | Deskripsi Singkat Mata Kuliah | Capaian Pembelajaran/CP |
Mata Kuliah Universitas | |||
1 | 1UMD67001/ Kepemimpinan (Leadership)/II/2 | Mata kuliah ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan kepemimpinan mahasiswa sebagai pribadi yang dapat diandalkan. |
|
Mata Kuliah Pascasarjana | |||
2 | 2PAS670001/ Filsafat Ilmu/I/2 | Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dalam berfikir logis dan ilmiah sebagai dasar dalam memecahkan masalah dan menemukan kebenaran yang hakiki. |
|
Mata Kuliah Program Studi | |||
3 | 3DSR67001/ Metodologi Penelitian Lanjut/I/3 | Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa untuk dapat menguasai cara dan prosedur yang benar dalam melakukan penelitian: kuantitatif, kualitatif dan campuran dalam bentuk disertasi. | 1. Menentukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru pada bidang pendidikan dasar dalam bentuk disertasi melalui penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin 2. Mengidentifikasi problematika di bidang pendidikan sekolah dasar melalui penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atautransdisiplin 3. Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru melalui penelitian disertasi berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif, serta menerapkan nilai-nilai humaniora |
4 | 3DSR67002/ Statistika Lanjut/I/2 | Mata kulah ini bertujuan membekali mahasiswa untuk dapat menguasai cara dan prosedur yang benar dalam menerapkan statistik pada pengolahan data.peelitian disertasi. | 1. Mengevaluasi prinsip-prinsip untuk mengelola, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggung jawabnya. 2. Menyusun disertasi dari hasil penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin berdasarkan hasil kajian dan penemuan posisi. |
5 | 3DSR67003/ Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Dasar /I/3 | Mata kuliah ini bertujuan melatih mahasiswa untuk dapat secara kreatif melakukan inovasi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Dasar. | 1. Menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi, atau seni bidang pendidikan di SD serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat 2. Menerapkan pengetahuan atau gagasan argumen dan solusi keilmuan pendidikan dasar berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat |
6 | 3DSR67004/ Problematik Pembelajaran di Pendidikan Dasar/I/3 | Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menentukan solusi problematik pembelajarn di pendidikan dasar. Dalam mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk dapat melakukan analisis secara kritis terhadap sejumlah permasalahan yang terjadi pada lingkup pendidikan dasar dan dapat mengambil kebijakan secara tepat dengan penuh tanggung-jawab. | 1. Mengidentifikasi problematika di bidang pendidikan dasar melalui penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. 2. Menerapkan pengetahuan atau gagasan argumen dan solusi keilmuan pendidikan dasar berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat
|
7 | 3DSR67005/ Difusi Inovasi Pendidikan Dasar/II/2 | Dalam mata kuliah ini dibahas bagaimana terjadinya difusi inovasi dalam pendidikan dasar. | 1. Menentukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru pada bidang pendidikan dasar dalam bentuk disertasi melalui penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin 2. Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru melalui penelitian disertasi berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif, serta menerapkan nilai-nilai humaniora. |
8 | 3DSR67006/ Pengembangan Sistem Pembelajaran: Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar/II/3 | Dalam mata kuliah ini dibahas pengembangan pendidikan dasar. Pembahasan didasarkan pada Teori, Praktik, Trend dan Isu. | 1. Menentukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru pada bidang pendidikan dasar dalam bentuk disertasi melalui penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin 2. Menguasai teori pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar dalam menentukan posisi peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin 3. Menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumberdaya, serta organisasi yang berada di bawah tanggungjawabnya 4. Mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas di luar lembaga |
9 | 3DSR67007/ Filsafat Pendidikan/II/2 | Dalam mata kuliah ini dibahas aliran-aliran filsafat yang menjadi landasan pengembangan kurikulum pendidikan dasar | Menggunakan aliran filsafat pendidikan sebagai landasan filosofis penyusunan kurikulum pendidikan dasar. |
10 | 3DSR67008/ Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Belajar Pendidikan Dasar/III/2 | Dalam mata kuliah ini dibahas pengembangan dan pengelolaan sumber belajar. | Mengevaluasi kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumberdaya, serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya |
11 | 3DSR67009/ Evaluasi Program dalam Pendidikan dan Pelatihan Pendidikan Dasar/III/3 | Dalam mata kuliah ini dibahas bagaimana cara, teknik, metode dan pendekatan evaluasi program dalam pendidikan dan pelatihan pendidikan dasar | 1. Mengevaluasi kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumberdaya, serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya 2. Mengevaluasi prinsip-prinsip untuk mengelola, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
12 | 3DSR67010/ Penelitian dan Publikasi Ilmiah/III/3 | Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat melakukan penelitian awal sebagai bagian dari disertasinya dan dapat mempublikasikanya pada jurnal bertaraf internasional. | 1. Menentukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru pada bidang pendidikan dasar dalam bentuk disertasi melalui penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin 2. Menguasai standar kualitas dalam memublikasikan tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan international terindeks dari hasil penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin 3. Mengembangkan proposal disertasi melalui pengkajian teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru di bidang IPTEK di sekolah dasar secara logis, kritis, sistematis, inovatif, dan kreatif mahasiswa 4. Mempresentasikan hasil disertasi dalam forum ilmiah internasional 5. Memublikasikan dua tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan satu internasional terindeks 6. Menyusun penelitian di bidang pendidikan sekolah dasar yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin berdasarkan peta jalan penelitian dan konstelasiny |
13 | 3DSR67011/ Disertasi/IV/12 | Mata kuliah ini bertujuan membimbing mahasiswa untuk dapat menghasilkan karya ilmiah yang bermutu sebagai prasyarat dalam memperoleh gelar doktoral dan dapat mempublikasikan karya ilmiah tersebut pada jurnal internasional bereputasi. | 1. Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru melalui penelitian disertasi berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif, serta menerapkan nilai-nilai humaniora. 2. Menyusun disertasi dari hasil penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin berdasarkan hasil kajian dan penemuan posis |
Dosen Pengampu:
NO | NAMA DOSEN | NIP | JK | PENDIDIKAN TERAKHIR |
1 | Prof. Dr. Mara Bangun Harahap, M.S. | 195603031984031003 | L | Pendidikan IPA UPI Bandung |
2 | Prof. Dr. Bornok Sinaga,M.Pd. | 196509101991021001 | L | Pendidikan Matematika UNESA Surabaya |
3 | Prof. Dian Armanto, M.Pd.,MA.,M.Sc.,Ph.D | 196310111988031001 | L | University Twenty Belanda Math Education |
4 | Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik,M.Si. | 196305201987031004 | L | Ilmu Sosial UNPAD Bandung |
5 | Prof. Dr. Anita Yus, M.Pd | 195907211986012001 | P | Pendidikan Anak Usia Dini UNJ Jakarta |
6 | Prof. Dr. Asih Menanti, M.S., S.Psi. | 196006031985032002 | P | Psikologi UNPAD Bandung |
7 | Dr. Deny Setiawan, M.Si. | 196803081993031003 | L | Pendidikan IPS UPI Bandung |
8 | Prof. Dr. Hasratuddin, M.Pd. | 196312311991031030 | L | Pendidikan Matematika UPI Bandung |
9 | Prof. Dr. Edi Syahputra, M.Pd. | 195701211989031001 | L | Pend. Matematika UPI Bandung |
10 | Sriadhi, M.Pd.,M.Kom., Ph.D. | 196304221989031006 | L | Ilmu Komputer UKM |
11 | Prof. Dr. Sri Milfa Yetti, M.S.Kons. | 196212121974012001 | P | Manajemen Pendidikan UNJ |
12 | Prof. Dr. Yusnadi, M.S. | 196101091987031003 | L | Penyuluhan Pembangunan IPB |
13 | Prof. Dr. Nurdin Bukit, M.Si. | 196404181990031003 | L | Fisika Material USU |
14 | Prof. Dr. Sumarno. M. Pd. | 196303201991021001 | L | Penelitian Evaluasi Pendidikan UNY |
15 | Prof. Dr. Rosmala Dewi, M.Pd. | 195909021985032002 | P | Manajemen Pendidikan UNIMED |