PROGRAM STUDI MASGISTER PENDIDIKAN DASAR
Ketua Prodi : Prof. Dr. Anita Yus, M.Pd. (0811 633 253)
Sekretaris Prodi : Dr. Daulat Saragi, M.Hum. (0813 7021 4062)
Staf Administrasi Prodi : Hizrah Saputra Harahap, S.Pd (0812 6304 5896)
A. Sekilas Sejarah
Program Studi Magister Pendidikan Dasar berdiri tanggal 22 Agustus 2007 dengan nomor surat izin penyelenggaraan Prodi dari Dirjen Dikti Nomor 2460/D/T/2007, Perpanjangan izin penyelengaraan Prodi SK 14526/D/T/K N/2013 tanggal SK 11 Februari 2013. Dalam kiprahnya selama tujuh tahun, Program Studi Magister (S2) Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan, telah berhasil merekrut 303 mahasiswa dan meluluskan 178 mahasiswa. Akreditasi Program Studi Pendidikan Dasar tahun 2012 dari BAN-PT memperoleh nilai “B “ dengan jumlah nilai 325 SK BAN-PT Nomor : 004/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012 tanggal SK 31 Mei 2012 berlaku sampai 31 Mei 2017.
B. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran
Menjadi program studi yang unggul dalam pembelajaran dan riset pendidikan dasar pada tingkat regional tahun 2025.
- Menyelenggarakan pembelajaran bermutu untuk menghasilkan tenaga ahli pendidikan dasar yang berkarakter.
- Mengembangkan penelitian pendidikan dasar yang unggul dan dapat diimplementasikan dalam proses pendidikan, pengambilan kebijakan dan riset lanjutan ditingkat nasional dan regional.
- Mengembangkan budaya ilmiah sivitas akademika prodi pendidikan dasar dalam proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
- Mengembangkan dan menata jejaring kerjasama mutualisma bidang pendidikan dasar dengan pemangku kepentingan dalam dan luar negeri.
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter, berpengetahuan luas yang adaptif dan berintegrasi dalam perkembangan IPTEKS pendidikan dasar.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan wawasan keilmuan dan keahlian dalam berbagai peminatan pendidikan dasar.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan berbagai hasil riset pendidikan dasar dalam mewujudkan pembelajaran bermutu di sekolah.
- Menghasilkan riset unggulan penelitian dasar yang dipublikasikan pada jurnal Nasional dan Internasional.
- Menciptakan atmosfir akademik yang berbasis nilai-nilai budaya dan keilmuan
- Menghasilkan produk pengabdian pada masyarakat yang berorientasi IPTEKS dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di masyarakat.
- Terciptanya lulusan yang tangguh dan kompeten mengembangkan konsep, pendalaman dan perluasan teori dalam mengantisipasi perkembangan global dan menyelesaikan masalah pembelajaran dan pendidikan dalam lingkup Pendidikan Dasar dengan mengacu pada kebijakan yang berlaku.
- Terciptanya lulusan yang inovatif, kreatif dan terampil melakukan pengkajian pembelajaran untuk pendidikan dasar dengan pendekatan inter, multi, atau transdisiplin yang menghasilkan karya yang teruji dan original serta diakui secara nasional dan internasional dalam bentuk publikasi ilmiah.
- Terciptanya lingkungan akademik yang kondusif untuk belajar dan tempat yang menyenangkan untuk bekerja dalam mewujudkan lulusan yang mampu mengembangkan sumber daya organisasi dengan menerapkan pinsip dan fungsi-fungsi pendidikan dasar.
- Terciptanya hubungan yang harmonis dengan kelompok masyarakat dan institusi kemitraan lainnya dalam mengaplikasikan karya inovatif Pendidikan Dasar Jenjang S2 PPs Unimed.
C. Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Pendidikan Dasar PPs Universitas Negeri Medan menjadi Dosen dan peneliti.
D. Kompetensi Lulusan
Aspek | Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Dasar | Bahan Kajian | ||||||||
Inti Keilmuan | Kompetensi Pendidik | IPTEKS | Untuk Masa Depan | Ciri Pascasarjana dan Unimed | ||||||
Keahlian | Kepribadian | Sosial | Pedagogik | Profesional | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |
Sikap | 1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
| MPK 01 |
|
|
|
| MPK 02 | MPK 01 |
2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
| MPK 01 |
|
|
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila. |
|
| MPK 01 |
|
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
|
| MPK 01 |
|
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
| MPK 01 |
|
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
|
| MPK 01 |
|
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
|
| MPK 01 |
|
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
|
|
|
| MPK 01 |
| MPK 02 | MPK 01 | |
9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
| MPK 01 |
|
|
|
| MK 02 | MPK 01 | |
10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
|
| MPK 01 |
|
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
11 | Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal. |
|
|
| MPK 01 |
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
12 | Menerapkan nilai-nilai agama dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. |
| MPK 01 |
|
|
|
| MPK 02 | MPK 01 | |
Pengetahauan | 1 | Mampu mengembangkan teori, teknologi, kebijakan pendidikan, gagasan, ide baru dan metode di bidang pendidikan dasar serta pembelajarannya secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset dengan pendekatan multi/transdisiplin, yang mendapat pengakuan nasional. | MKK 07 MKK 08 MKK 09 MKK 10 MKK 11
|
|
| MKB 01 MKB 02 MKB 03 MKB 04 MKB 05 |
| MPB 01 MBB 01 |
|
|
2 | Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dasar dan pembelajarannya dan menghasilkan karya yang kreatif dan teruji yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan dasar. |
|
|
|
| MPB 01 MBB 01 | MPB 01 MBB 01 |
|
| |
3 | Mampu mengelola riset di bidang pendidikan dasar. |
|
|
|
| MPB 01 MBB 01 | MPB 01 MBB 01 |
|
| |
4 | Mampu memimpin kelompok kerja yang bertugas untuk memecahkan masalah dalam lingkup pendidikan dasar. | MPB 01 |
|
|
| MPB 01 MBB 01 | MPB 01 MBB 01 |
|
| |
5 | Mampu mengelola bagian-bagian dari proses bidang pendidikan dasar. |
|
|
|
| MPB 01 MBB 01 | MPB 01 MBB 01 |
|
| |
6 | Mampu mengembangkan sumber daya dan organisasi untuk melaksanakan program yang berada di bawah tanggung jawabnya. |
|
|
|
| MPB 01 MBB 01 | MPB 01 MBB 01
|
|
| |
7 | Mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri dan mengkomunikasikan informasi, ide,argumen dan solusi yang relevan dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat dalam lingkup pendidikan dasar. |
|
|
|
| MPB 01 MBB 01 | MPB 01 MBB 01 |
|
| |
Keterampilan Umum | 1 | Keterampilan berargumentasi dan pemberian solusi keilmuan dan teknologi pada lingkup pendidikan dasar. | MKK 01 |
|
|
|
| MPB 01 |
|
|
2 | Kepemilikan sikap ilmiah dan etika akademik. | MKK 02 |
|
|
|
|
|
|
| |
3 | Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi dalam berkehidupan bermasyarakat. | MKK 01 |
| MKK 01 |
|
|
|
|
| |
4 | Kepemimpinan akademik dalam pengelolaan sumberdaya. | MPK 01 |
|
|
|
|
|
|
| |
5 | Memiliki jaringan dan aktif dalam organisasi pendidikan dasar. |
|
| MPK 01 |
|
|
|
|
| |
Keterampilan Khusus | 1 | Mampu mengembangkan pembelajaran inovatif pada lingkup pendidikan dasar. | MKK 03 MKK 05 |
|
| MKK 04 |
|
|
|
|
2 | Mampu mengaplikasikan etika keguruan dalam profesi dan jabatanya. | MKK 06 |
|
| MKK 04 |
|
|
|
| |
3 | Mampu menguasai perkembangan dan karakteristik peserta didik. | MKK 03 MKK 05 |
|
| MKK 04 |
|
|
|
| |
4 | Mampu mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. | MKK 03 MKK 05 |
|
|
| MPB 02 |
|
|
| |
5 | Mampu melakukan penelitian tindakan dalam memecahkan masalah pembelajaran. | MKK 03 MPK 01 |
|
|
| MPB 02 |
|
|
| |
Kemampuan Manajerial | 1 | Mampu mengelola hubungan kolegial dan kesejawatan. | MKK 01 |
| MPK 01 |
|
|
|
|
|
2 | Keterampilan menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi. | MPB 01 MKK 04 |
|
|
|
|
|
|
| |
3 | Mampu mengelola penelitian secara tepat guna dalam bidang Pendidikan Dasar. | MPB 01 |
|
|
|
|
| MBB 01 |
| |
4 | Mampu mengelola jaringan kerja sama di bidang Pendidikan Dasar | MPK 01 |
|
|
|
|
|
|
| |
5
| Mampu mengelola komunitas peneliti dan kemampuan melakukan penelitian dengan lembaga lain | MKB 02 |
|
|
|
|
| MBB 01 |
|
E. Kurikulum
No | Kode Matakuliah | Nama Matakuliah | SKS | Semester | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||||
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
1 | 1UMD57001 | Kepemimpinan (Leadership) | 2 |
| ● |
|
|
|
|
|
|
2 | 2PAS57001 | Filsafat Ilmu | 2 | ● |
|
|
|
|
|
|
|
|
| Jumlah MPK Wajib | 4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||||
Mata Kuliah Keilmumuan dan Keterampilan (MKK) |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
3 | 3DSR57001 | Bahasa Inggris | 2 | ● |
|
|
|
|
|
|
|
4 | 3DSR57002 | Metodelogi Penelitian Pendidikan | 3 | ● |
|
|
|
|
|
|
|
5 | 3DSR57003 | Pembelajaran Tematik Berbasis IT | 3 | ● |
|
|
|
|
|
|
|
6 | 3DSR57004 | Statistika Pendidikan | 3 | ● |
|
|
|
|
|
|
|
7 | 3DSR57005 | Teori dan Permasalahan Belajar di Pendidikan Dasar | 2 | ● |
|
|
|
|
|
|
|
8 | 3DSR57006 | Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran | 3 |
| ● |
|
|
|
|
|
|
9 | 3DSR57007 | Konsep Dasar IPA | 2 |
| ● |
|
|
|
|
|
|
10 | 3DSR57008 | Konsep Dasar IPS | 2 |
| ● |
|
|
|
|
|
|
11 | 3DSR57009 | Konsep Dasar Bahasa Indonesia | 2 |
| ● |
|
|
|
|
|
|
12 | 3DSR57010 | Konsep Dasar Matematika | 2 |
| ● |
|
|
|
|
|
|
13 | 3DSR57011 | Konsep Dasar PPKn | 2 |
| ● |
|
|
|
|
|
|
|
| Jumlah MKK Wajib | 26 |
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||||
Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
14 15 16 17
18 |
3DSR57012 3DSR57013 3DSR57014 3DSR57015
3DSR57016 | Peminatan Pendidikan IPA:
|
2 2 2
2 2 |
|
| ● |
|
|
|
|
|
14 15 16 17
18 |
3DSR57017 3DSR57018 3DSR57019 3DSR57020
3DSR57021 | Peminatan Pendidikan Matematika:
|
2 2 2 2
2
|
|
| ● |
|
|
|
|
|
14 15 16 17
18 |
3DSR57022 3DSR57023 3DSR57024 3DSR57025
3DSR57026
| Peminatan Pendidikan IPS:
|
2 2 2 2
2 |
|
| ● |
|
|
|
|
|
14
15 16
17
18 |
3DSR57027
3DSR57028 3DSR57029
3DSR57030
3DSR57031
| Peminatan Pendidikan Bahasa Indonesia:
|
2
2 2
2
2 |
|
| ● |
|
|
|
|
|
14 15 16 17
18 |
3DSR57032 3DSR57033 3DSR57034 3DSR57035
3DSR57036 | Peminatan Pendidikan Kewarganegaraan:
|
2 2 2 2
2 |
|
| ● |
|
|
|
|
|
14 15
16
17
18 |
3DSR57037 3DSR57038
3DSR57039
3DSR57040
3DSR57041 | Peminatan Pendidikan Anak usia Dini 1. Bermain dan Materi Belajar AUD 2. Perkembangan dan Kegiatan Belajar AUD 3. Assesmen Perkembangan dan Evaluasi Program PAUD 4. Pengembangan Kurikulum Berbasis Bermain 5. Manejemen PAUD |
2 2
2
2
2 |
|
| ● |
|
|
|
|
|
14 15 16
17 18 |
3DSR57042 3DSR57043 3DSR57044
3DSR57045 3DSR57046 | Peminatan Bahasa Inggris 1. Languange Literacy 2. Functional Linguistic 3. Teaching English as a Foreign Languange 4. Curriculum Material Development 5. Languange Testing |
2 2 2
2 2 |
|
| ● |
|
|
|
|
|
|
| Jumlah MKB Wajib | 10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||||
Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MPB) |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
19 | 3DSR57047 | Seminar Proposal Penelitian | 2 |
|
| ● |
|
|
|
|
|
20 | 3DSR57048 | Praktik Lapangan | 2 |
|
| ● |
|
|
|
|
|
|
| Jumlah MPB Wajib | 4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
| |||||||||||
Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) |
|
|
|
|
|
|
|
|
| ||
21 | 3DSR57049 | Thesis | 8 |
|
|
| ● |
|
|
|
|
|
| Jumlah MBB Wajib | 8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| Total SKS | 52 |
|
|
|
|
|
|
|
|
F. Dosen Pengampu
No | Nama Dosen Tetap |
NIP | Bidang Keahlian |
1 | Prof. Dr. Anita Yus, M.Pd. | 195907211986012001 | Pendidikan Anak Usia Dini |
2 | Dr. Daulat Saragi, M.Hum. | 196411071991031010 | Ilmu Filsafat |
3 | Prof. Dian Armanto, M.Pd.,M.Sc.,M.A.,Ph.D. | 196310111988031001 | Math Education |
4 | Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd. | 196309101988031002 | Pendidikan Bahasa |
5 | Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd. | 196509101991021001 | Pend. Matematika |
6 | Dr. Mutsyuhito Solin, M.Pd. | 195810061985031011 | Pendidikan Bahasa |
7 | Dr. Evi Eviyanti, M.Pd. | 196501031993032001 | Pendidikan Bahasa |
8 | Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si. | 196305201987031004 | Ilmu Sosial |
9 | Prof. Dr. Ibrahim Gultom, M.Pd. | 195707031986011001 | Sosiologi |
10 | Prof. Amrin Saragih, M.A., Ph.D. | 195501131982031002 | Linguistics |
11 | Prof. Dr. Busmin Gurning, M.Pd. | 195907131986011001 | Pendidikan Bahasa |
12 | Prof. Dr. Sahyar, M.S., M.M. | 196004261985031003 | Manajemen |
13 | Prof. Dr. Ramlan Silaban, M.Si. | 196006181987031002 | Biokimia |
14 | Prof. Dr. Sri Milfa Yetti, M.S.Kons. | 196212121974012001 | Manajeman Pendidikan |
15 | Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. | 196007051986011001 | Teknologi Pembelajaran |
16 | Dr. R. Mursid, M.Pd. | 196607111991031003 | Teknologi Pembelajaran |
17 | Prof. Dr. Rosmala Dewi, M.Pd. | 195909021985032002 | Administrasi Pendidikan |
18 | Prof. Dr. Mara Bangun Harahap, M.S | 195603031984031003 | Pendidikan IPA |
19 | Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S. | 196305251988032016 | Linguistik |
20 | Prof. Dr. Retno Dwi Suyanti, M.Si. | 196601261991032003 | Pendidikan IPA |
21 | Dr. Deny Setiawan, M.Si. | 196803081993031003 | Pend. IPS Kons. PKn |
22 | Prof. Dr. Edi Syahputra, M.Pd. | 195701211989031001 | Pendidikan Matematika |
23 | Prof. Dr. Hasratuddin, M.Pd. | 196312311991031030 | Pendidikan Matematika |
24 | Dr. Abdurrahman Adisaputra, M.Hum. | 196710011994021001 | Linguistik |
25 | Dr. Hasruddin, M.Pd. | 196404241989031027 | Pendidikan Biologi |
26 | Dr. Elly Djulia, M.Pd. | 196607241991032012 | Pendidikan IPA |
27 | Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. | 196607281991032002 | Biologi |
28 | Dr. Hidayat, M.Si. | 196208061990031002 | Sosiologi Pedesaan |
29 | Dr. Reh Bungana Br Perangin-angin, M.Hum. | 198010152008012010 | Hukum |