SEJARAH SINGKAT PENDIIRIAN PRODI
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan mendapatkan ijin penyelenggaraan pada tanggal 25 Juni 2008. Dan pada tanggal 15 November 2014 Program Studi S3 Manajemen Pendidikan mendapatkan akreditasi B berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 449/SK/BAN-PT/Akred/D/XI/2014. Sertifikat akreditasi program doktor ini berlaku 5 tahun, sehingga akan berakhir pada tanggal 15 November 2019.
VISI, MISI, DAN TUJUAN PROGRAM STUDI S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN
“Pada tahun 2025 menjadi Program studi yang unggul dalam pengembangan keilmuan manajemen pendidikan dan pengkajian isu isu strategi pendidikan di tingkat nasional”.
- Menyelenggarakan layanan pendidikan akademis, dengan memberikan teoritis dan isu isu strategis manajemen pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan global
- Mengembangkan keterampilan mahasiswa melakukan pendalaman, perluasan, dan pengkajian pengembangan khasanah pengetahuan, peningkatan mutu tata kelola kelembagaan dan satuan pendidikan
- Melaksanakan kerjasama dan pengabdian pada masyarakat bidang manajemen pendidikan
- Menghasilkan akademisi dan peneliti sebagai ilmuan yang profesional dalam bidang manajemen pendidikan
- Menghasilkan manajer (manajer, perencana, dan supervisor) pendidikan yang visioner, bersikap ilmiah dan terampil mengaplikasikan ilmu manajemen pendidikan dalam pengembangan strategi penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan mampu memenangkan persaingan
- Menghasilkan manajer dan pemimpin yang mampu mengembangkan sistem pembelajaran, memecahkan masalah masalah manajemen pendidikan melalui research yangn mendalam, dan pemberdayaan manajemen pendidikan melalui penelitian dan pengembangan
PROFIL LULUSAN
Profil lulusan Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unimed yaitu menetapkan peran yang dapat dilakukan oleh lulusan di bidang keahlian atau bidang kerja tertentu antara 1-3 tahun setelah menyelesaikan program studi. Profil ini ditetapkan berdasarkan hasil kajian terhadap kebutuhan pasar kerja yang dibutuhkan pemerintah dan dunia usaha maupun industri, serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Profil program studi Manajemen Pendidikan (S3) disusun oleh kelompok prodi pengelola S3 di lingkungan PPs Unimed, sehingga terjadi kesepakatan yang dapat diterima dan dijadikan rujukan secara nasional. Untuk dapat menjalankan peran peran yang dinyatakan dalam profil program studi Manajemen Pendidikan ini diperlukan “kemampuan” yang harus dimiliki oleh lulusannya, adapun deskripsi profilnya sebagai berikut.
Deskripsi profil lulusan program studi Manajemen Pendidikan (S3) Pascasarjana Unimed dipersiapkan menjadi: peneliti, educator, manajer, dan inovator dalam manajemen pendidikan
- Peneliti yaitu meneliti multidisiplin meliputi interdisiplin (interdisciplinary), dan transdisiplin (transdisiplinary) untuk menemukan dan mengembangkan ilmu manajemen pendidikan menggunakan ilmu ilmu yang terkait dengan manajemen pendidikan seperti ilmu ekonomi, ilmu sosiologi, ilmu psikologi, ilmu hukum, dan lainnya yang terkait dan menyampaikan secara educative kepada pihak pihak berkepentingan untuk dimanfaatkan sesuai keperluan.
- Pendidik (educator) mengajarkan dan menemukan teori, konsep pembelajaran serta menemukan konsep dan teori sebagai hasil hasil penelitian mengenai manajemen pendidikan yang diterapkan pada pendidikan formal, nonformal, dan informal.
- Manajer mengembangkan dan pengaplikasian ilmu pengetahuan dan teknologi manajemen pendidikan pada pendidikan formal, non formal, dan berbagai pendidikan dan latihan SDM menggunakan kaidah ilmiah dengan prinsip objektif dan professional.
- Inovator yang memperdalam ilmu manajemen pendidikan, menemukan dan menerapkannya pada satuan pendidikan dan institusi pendidikan (pemerintah dan swasta) dan mengembangkan pelatihan SDM menggunakan kaidah ilmiah dengan prinsip objektif dan professional
STANDAR KOMPETENSI
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) S3 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Medan sebagai berikut :
- Memiliki kompetensi dalam melakukan pengembangan dan mengimplementasikan ilmu manajemen pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan dilandasi berpikir objektif dan ilmiah
- Memliki keterampilan melakukan research dalam pengembangan ilmu manajemen pendidikan yang diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan formal dan non formal
- Melakukan pendalaman dan perluasan IPTEKS, riset multi-transdisiplin ilmu manajemen pendidikan
- Menguasai filosofi keilmuan bidang pengetahuan dan keterampilan pada manajemen pendidikan
SEBARAN MATA KULIAH BERDASARKAN DOSEN PENGAMPU
No | Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS | Dosen Pengampu | Semester |
1 | 2PAS67001 | Filsafat Ilmu Lanjutan | 2 | · Prof. Dr. Usman Pelly, M.A. · Prof, Dr. Zainuddin, M.Pd. | 1 |
2 | 3MPE67001 | Statistik Terapan | 2 | · Prof. Dr. Paningkat Siburian, M.Pd. · Prof. Dr. Benyamin Situmorang, M.Pd. · Dr. Eka Daryanto, M.T. · Dr. Arif Rahman, M.Pd. | 1 |
3 | 3MPE67002 | Pembiayaan dan ekonomi pendidikan | 2 | · Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd. · Dr. Irsan Rangkuti, M.Pd., M.Si. | 1 |
4 | 3MPE67003 | Need Assesmen dan Perencanaan Strategik | 3 | · Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd. · Dr. Eka Daryanto, M.T
| 1 |
5 | 3MPE67004 | Perilaku Organisasi Lanjutan | 2 | · Prof. Dr. Biner Ambarita, M.Pd. · Prof. Dr. Rosmala Dewi M.Pd., Kons. | 1 |
6 | 3MPE67005 | Penelitian Manajemen Pendidikan | 2 | · Prof. Dr. Paningkat Siburian, M.Pd. · Prof. Dr. Benyamin Situmorang, M.Pd. · Prof. Dr. Sukirno, M.Pd. · Dr. Arif Rahman, M.Pd.
| 2 |
7 | 3MPE67006 | Filsafat Manajemen Pendidikan | 2 | · Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd · Dr. Irsan Rangkuti, M.Pd. | 2 |
8 | 3MPE67007 | Analisis Kebijakan dan Pengambilan Keputusan | 2 | · Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd. · Prof. Selamat Triono, Ph.D. · Dr. Eka Daryanto, M.T
| 2 |
9 | 3MPE67008 | Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Lanjutan | 2 | · Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd. · Prof. Dr. Biner Ambarita, M.Pd. · Prof. Dr. Benyamin Situmorang, M.Pd. · Dr. Sukarman Purba, M.Pd. | 2 |
10 | 3MPE67009 | Manajemen Dikdasmen dan Perguruan Tinggi | 2 | · Prof. Selamat Triono, Ph.D. · Prof. Dr. Martua Manullang, M.Pd. · Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. · Dr. Irsan Rangkuti, M.Pd. | 3 |
11 | 3MPE67010 | Pendekatan Sistem dan Hubungan antar manusia dalam organisasi pendidikan | 3 | · Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd. · Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd.
| 3 |
12 | 1UMD67001 | Kepemimpinan Lanjutan (Leadership) | 2 | · Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. · Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd. · Prof. Dr. Paningkat Siburian, M.Pd.
| 2 |
13 | 3MPE67011 | Penjaminan Mutu Pendidikan dan Supervisi Pendidikan | 2 | · Prof. Dr. Albinus Silalahi, M.S. · Prof. Dr. Biner Ambarita, M.Pd. · Dr. Eka Daryanto, M.T. · Dr. Sukarman Purba, M.Pd.
| 3 |
14 | 3MPE67012 | Seminar Persiapan Disertasi | 2 | · Prof. Dr. Paningkat Siburian, M.Pd. · Prof. Dr. Benyamin Situmorang, M.Pd. · Eka Daryanto, M.T. · Dr. Arif Rahman, M.Pd.
| 3 |
15 | 3MPE67013 | Disertasi | 12 |
| 4 |
Jumlah SKS |
| 42 |