PROFIL PROGRAM STUDI S2 ADMINISTRASI PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UINIMED (Prodi S2 AP)
Pada tahun 2000 Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (Unimed) mulai dirancang dengan program studi S2 yang pertama disusun proposal pembentukannya adalah Program Studi Administrasi Pendidikan, yang ketika itu di bawah kepemimpinan Rektor Ibu Prof. Dr. Hj. Djanius Djamin, SH., MS, dengan Koordinator Pascasarjana Prof. Dr. Usman Pelly, MA, dan dengan Tim Finalisasi Naskah Proposal oleh Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd., Prof. Dr. Yusri, M.Pd dan Dr. Darwin, M.Pd. Secara bersamaan juga disusun proposal Program Studi S2 Teknologi Pendidikan.
Setahun berikutnya, perjuangan pembentukan Pascasarjana tersebut juga berbuahkan hasil, sehingga pada tanggal 16 April 2001 diterbitkan SK Pendirian Program Studi S2 Administrasi Pendidikan dengan SK Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 97/Dikti/Kep 2001. Pada awal berdirinya, periode tahun 2001 - 2002 Ketua Program Studi S2 Administrasi Pendidikan dijabat oleh Prof. Dr. M. Yakub, M.Ed dengan Sekretaris Prof. Dr. Siman, M.Pd; periode tahun 2003 - 2006 Ketua Program Studi dijabat oleh Prof. Dr. H. Zainuddin, M.Pd dengan Sekretaris Prof. Dr. Siman, M.Pd; periode tahun 2006 - 2014 Ketua Program Studi dijabat oleh Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd dengan Sekretaris Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd; pada periode tahun 2014 – 2016 Ketua Program Studi S2 Administrasi Pendidikan dijabat oleh Dr. Darwin, M.Pd dengan Sekretaris Prof. Dr. Paningkat Siburian, M.Pd; dan pada periode tahun 2016 – 2019 Ketua Program Studi S2 Administrasi Pendidikan dijabat oleh Dr. Darwin, M.Pd dengan Sekretaris Dr. Sukarman Purba, M.Pd, serta dibantu oleh Staf Administrasi Tata Usaha Prodi Herianto Samosir, S.Pd. Status Akreditasi BAN-PT Program Studi Administrasi Pendidikan pada peringkat B.
Pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul ditingkat nasional dibidang ilmu administrasi dan manajemen pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang inovatif dan berkepribadian.
Unggul (excellence) memiliki arti yang bernilai daya saing. Administrasi Pendidikan sebagai program studi (prodi) yang unggul ditingkat nasional merupakan wujud eksistensinya yang lebih diantara program studi sejenis di Indonesia pada tahun 2025. Keunggulan prodi AP tersebut dibangun berdasarkan proyeksi, prediksi dan estimasi atas capaian kondisi aktual saat ini. Oleh karena itu predikat yang ingin dicapai Prodi S2 AP pada tahun 2025 adalah menjadi prodi tiga besar di Indonesia menurut BAN-PT dengan peringkat akreditasi A, serta rintisan untuk mewujudkan akreditasi dari Asean University NetWork (AUN). Diyakini bahwa keunggulan Prodi AP/MP diantara prodi AP/MP sejenis di Indonesia pada tahun 2025, terutama pada bidang akademik, ilmu pengetahuan administrasi, kepemimpinan, fungsi-fungsi manajemen pendidikan, dan pengembangan kepribadian.
Indikator keunggulan lulusan Prodi S2 AP/MP ditingkat nasional pada tahun 2025 terlihat dari:
- Menjadi prodi rujukan dalam mengembangkan system akademik dan penyelenggaraan pembelajaran bidang administrasi dan manajemen pendidikan.
- Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan kepribadian dan perilaku organisasi, serta internalisasinya dalam penyelenggaraan pendidikan, manajemen dan kepemimpinan.
- Menjadi pelopor dalam pengembangan mutu layanan akademik, tata administrasi dan
- Menjadi pusat pengembangan ilmu administrasi dan manajemen pendidikan melalui berbagai bentuk penelitian dan pengkajian (research base) yang dilakukan secara individu, berkelompok, atau kolaborasi mahasiswa dengan dosen.
- Perluasan jaringan kerja sama bidang pengembangan ilmu administrasi dan manajemen pendidikan yang menunjang peningkatan mutu akademik dan citra institusi.
- Pengembangan pusat konsultasi dan pengabdian kepada masyarakat bidang penerapan ilmu administrasi dan manajemen pendidikan.
- Memiliki kemampuan mendayagunakan keterampilan berpikir ilmiah dengan sumber daya yang
- Menghasilkan karya kreatif dan orisinil.
- Adaptif dan responsif terhadap perkembangan perubahan pendidikan global, khususnya bidang administrasi dan manajemen pendidikan.
- Memiliki jiwa interprenouer yang ilmiah dan terus mencari peluang baru
- Memiliki karakter dengan sikap dan perilaku yang konsisten, jujur, amanah, adil, bertanggung-jawab, berempati, pantang menyerah, rela berkorban serta terbuka.
- Memiliki jiwa patriotik, cinta kebenaran, berintegritas, percaya diri, pengendalian diri, dan bersyukur.
- Percaya diri dan memiliki etos kerja yang kuat (kerja keras, gigih, tekun, ulet, tidak mudah menyerah).
- Memiliki komitmen yang nyata (memiliki rencana aksi pengembangan diri dan karyanya).
Untuk mewujudkan visi, maka diditetapkan misi Prodi AP, yaitu:
- Menyelenggarakan layanan pendidikan akademik dengan memberikan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai kepribadian kepada mahasiswa.
- Mengembangkan, menciptakan dan/atau menyebarluaskan ilmu adminsitrasi dan manjemen pendidikan yang bermanfaat berdasarkan hasil penelitian dan pengkajian ilmiah lainnya.
- Mengembangkan budaya ilmiah, inovatif dan berkepribadian.
- Melaksanakan kerjasama dan pengabdian kepada masyarakat.
Untuk melaksanakan misi, maka diditetapkan tujuan Prodi AP, yaitu:
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan kepribadian yang mampu beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan perubahan lingkungan
- Menghasilkan temuan ilmiah hasil penelitian dan pengkajian pengembangan ilmu administrasi dan manajemen pendidikan yang dipublikasikan melalui jurnal nasional dan/atau internasional yang bereputasi.
- Menghasilkan karya-karya inovatif ilmiah yang didekati dan dikomunikasikan melalui kepribadian yang luhur.
- Terjalinnya hubungan kerjasama yang harmonis dengan berbagai pihak dalam menerapkan ilmu administrasi dan manajemen pendidikan untuk kemaslahatan masyarakat.
Untuk mencapai tujuan, maka diditetapkan sasaran Prodi AP, yaitu:
- Terciptanya lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan berkepribadian
- Terciptanya lulusan memiliki kompetensi yang inovatif dan mandiri.
- Terselenggaranya pendidikan yang berkualitas, efektif dan efisien sesuai standar nasional pendidikan tinggi.
- Terselenggaranya program studi S2 yang unggul sesuai kebutuhan masyarakat dan pembangunan nasional.
- Dihasilkannya penelitian yang berguna untuk pengembangan keilmuan dan solusi bagi permasalahan masyarakat.
- Dihasilkannya publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional.
- Dihasilkan karya inovatif ilmu administrasi dan manajemen pendidikan melalui pendekatan dan komunikasi dengan kepribadian yang luhur.
- Terselenggaranya kerjasama kemitraan dan pengabdian kepada masyarakat
- Dr. Abdul Muin Sibuea, M.Pd
- Dr. Abdul Hamid K, M.Pd.
- Selamat Triono, M.Sc.,Ph.D
- Dr. Belferik Manullang
- Usman Pelly, MA, Ph.D
- Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd.
- Dr. Biner Ambarita, M.Pd.
- Dr. Busmin Gurning, M.Pd
- Dr. Djanius Djamin, S.H.M.S
- Dr. Ibnu Hajar, M.Si
- Dr. Rosmala Dewi, M.Pd.
- Dr. Sahat Siagian, M.Pd.
- Dr. Siman Nurhadi, M.Pd
- Dr. Sri Milfayetti, M.S., Kons
- Dr. Sukirno, M.Pd
- Dr. Yusnadi, MS
- Dr. Tiur Asih Siburian, M.Pd.
- Dr. Zainuddin, M.Pd
- Dr. Sumarno, M.Pd.
- Dr. Parlindungan Pangaribuan, M.Ed
- Dr. Paningkat Siburian, M.Pd.
- Dr. Benyamin S, M.Pd
- Dr. Berlin Sibarani, M.Pd
- Arif Rahman, M.Pd
- Darwin, M.Pd
- Yasaratodo Wau, M.Pd
- Sukarman Purba, M.Pd
- Daulat Saragi, M.Hum.
- Eka Daryanto, M.Pd
- Irsan Rangkuti, M.Pd, M.Si
- Irwandi, M.Pd
- Nathanael Sitanggang, M.Pd.
- Restu, MS
- Saut Purba, M.Pd
- Salman Bintang, M.Pd
- Sri Minda Murni, M.Hum.
- Rahmad Husein, M.Ed
- Zulkifli Matondang, M.Si
- Mian Siahaan, MM
- Wisly Hutabarat, M.Pd
- Martua Manullang, M.Pd
- Wildansyah Lubis, M.Pd
- Aman Simaremare, M.Pd
1. Profil Lulusan dan Kompetensi Lulusan Prodi AP pada level 8 KKNI Komponen Capaian Pembelajaran
- Sikap dan Tata nilai
- Kemampuan Bidang Kerja
- Pengetahuan yang dikuasai
- Hak dan tanggung jawab
No | Profil Lulusan Prodi AP | Capaian Pembelajaran (Kompetensi) |
1 | Perancang Pendidikan | Mampu mengembangkan pengetahuan administrasi/ pendidikan melalui riset dengan pendekatan inter manajemen atau multidisipliner hingga menghasilkan karya yang teruji dan berpotensi untuk diaplikasikan dalam memecahkan masalah pengelolaan/tata kelola pendidikan, serta merekonstruksi dalam bentuk rancangan pengembangan kapasitas institusi, sistem manajemen, dan individu. |
2 | Pengelola Pendidikan | Mampu mengusulkan solusi masalah administrasi/manajemen pendidikan yang kontekstual pada lingkungan yang kompleks dan dinamis dalam wujud tata administrasi/manajemen pendidikan yang inovatif, efektif, dan berdaya saing, berdasarkan kajian keilmuan dan atau praktek profesionalnya |
3 | Pemimpinan Pendidikan | Mampu memimpin unit layanan pendidikan dan atau satuan pendidikan, menyusun, dan mengimplementasikan strategi pengelolaan, pengambilan keputusan, pendelegasian, pengendalian kinerja dan peningkatan mutu penyelenggaraan institusi secara berencana dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip efisien, inovatif dan mandiri. |
4 | Pengawas Pendidikan | Mampu mensupervisi, mengaudit mutu, dan mengevaluasi penyelelenggaraan unit layanan dan satuan pendidikan, mengukur kinerja untuk melakukan peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan secara berencana dan berkelanjutan. |
5 | Peneliti administrasi dan manajemen pendidikan | Mampu berkontribusi dalam perencanaan peta jalan riset dalam bidang administrasi/manajemen pendidikan dan/atau mengelola riset di dalam bidang administrasi/manajemen pendidikan pada fungsi-fungsi atau aspek-aspek tertentu dalam sistem penyelenggaraan unit pelayanan pendidikan atau satuan pendidikan. |
Mampu mendiseminasikan kajian administrasi/manajemen pendidikan yang akurat dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah nasional atau internasional. | ||
6 | Konsultan Pendidikan | Mampu menjadi pendamping pengembangan organisasi (OD) dan seluruh komponen penyelenggaraan unit layanan dan/atau satuan pendidikan negeri maupun swasta agar institusi tersebut mampu memberikan layanan dan memperoleh pengakuan resmi melalui lembaga independen yang berwenang menerbitkan sertifikat mutu. |
NO | MATAKULIAH | KODE MK | SKS | SEM |
1 | Filsafat Ilmu I | 2PAS57001 | 2 | I |
2 | Statistik Pendidikan | 3APE57001 | 3 | |
3 | Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif | 3APE57002 | 2 | |
4 | Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan | 3APE57003 | 3 | |
5 | Komunikasi Organisasi dan Hubungan Masyarakat | 3APE57004 | 2 | |
6 | Pendekatan Sistem dalam Pendidikan | 3APE57005 | 2 | |
7 | Bahasa Inggris dan Literasi Manajemen Pendidikan | 3APE57006 | 2 | |
| SUB-TOTAL |
| 16 | |
8 | Kepemimpinan | 1UMD57001 | 2 | II |
9 | Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif | 3APE57007 | 2 | |
10 | Pengambilan Keputusan dan Kebijakan Pendidikan | 3APE57008 | 3 | |
11 | Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia | 3APE57009 | 2 | |
12 | Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan | 3APE57010 | 3 | |
13 | Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan | 3APE57011 | 2 | |
14 | Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan | 3APE57013 | 2 | |
| SUB-TOTAL |
| 16 | |
15 | Perencanaan Pendidikan | 3APE57014 | 3 | III |
16 | Teori dan Praktek Supervisi Pendidikan | 3APE57012 | 4 | |
17 | Praktek Lapangan Administrasi/Manajemen Pendidikan | 3APE57015 | 2 | |
18 | Seminar Persiapan Penulisan Tesis | 3APE57016 | 3 | |
| SUB-TOTAL |
| 12 | |
19 | Tesis* | 3APE57017 | 6 | IV |
| SUB-TOTAL |
| 6 | |
| GRAND TOTAL |
| 50 |
|
Dr. Darwin, M.Pd
Ketua Prodi S2 AP (2014-Skrg)