PASCASARJANA

  1. Deskripsi Program Studi

Program studi Pendidikan Guru Vokasi (Kejuruan) memperoleh izin penyelenggaran tahun 2021, dan dipersiapkan menjadi program studi yang mampu mendukung pengembangan sumber daya manusia bidang vokasi. Magister PGV menjadi bagian dari upaya peningkatan kualifikasi pendidik tingkat SMK, dosen vokasi, serta widyaiswara pada lembaga/balai pelatihan teknologi. Program studi PGV juga menjadi bagian dari pencapaian bangsa dalam mewujudkan penerapan revolusi industri 4.0 dan plate form smart society 5.0, sesuai potensi Prodi seperti (1) Potensi Sumber Daya Manusia Prodi sebanyak 20 orang dosen dengan kualifikasi Doktor sebanyak 13 orang dan guru besar sebanyak 7 orang. (2) Kelengkapan sarana dan prasarana Prodi Magister PVG berkembang pesat mulai dari ruang layanan administrasi, ruang kuliah, laboratorium pendidikan vokasi, Laboratorium Teknologi bidang keahlian, ruang diskusi, ruang seminar, ruang rapat, ruang kerja dosen dan ruang baca perpustakaan; (3) Potensi fasilitas pendukung proses pembelajaran seperti Gedung Digital Library dengan fasilitas yang sangat baik. (4) Sistem informasi dan komunikasi didukung dengan kapasitas bandwidth sebesar 2.500 Mbps yang melanggan sambungan internet internasional; dan (5) Masa studi mahasiswa dirancang 3 semester dengan beban perkuliahan 42 SKS.

 

  1. Visi Program Studi

 

Menjadi program studi magister pendidikan guru vokasi yang unggul, profesional, dan berwawasan global dalam pengembangan teknologi dan kejuruan berlandaskan pada nilai-nilai luhur dan budaya nasional.

 

  1. Misi Program Studi
    1. Menyiapkan sumberdaya manusia pendidik dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan yang memiliki wawasan kebangsaan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran modern untuk menghasilkan pendidik ahli dalam bidang pembelajaran pendidikan teknologi kejuruan (technological and vocational education learning) yang mampu bersaing di Asia Tenggara.
    3. Menyelenggarakan penelitian untuk inovasi, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kejuruan yang mendukung pemecahan masalah pendidikan dan pelatihan teknologi dan kejuruan.
    4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang mendorong pengembangan potensi dan eksploitasi sumberdaya daerah dan nasional yang berpihak kepada lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
    5. Membangun kerjasama sinergis dan saling menguntungkan dengan dunia kerja dan indsustri, lembaga pendidikan dan pelatihan, lembaga pemerintah, universitas, politeknik dalam negeri dan luar mengeri..
    6. Mengembangkan tata kelola dan penguatan kapasitas kelembagaan Prodi S2 PVK untuk membangun keunggulan dan layanan berkelanjutan.

 

  1. Tujuan
    1. Menghasilkan magister pendidik dan pembelajaran vokasi yang unggul dan profesional dibidang pendidikan dan diklat teknologi kejuruan, untuk kebutuhan tenaga pendidik jenjang S1 dan Diploma di perguruan tinggi, SMK, dan lembaga Diklat.
    2. Menghasilkan magister pendidikan vokasi yang memiliki kemampuan berbasis riset untuk merancang dan mengembangkan pendidikan dan diklat teknologi kejuruan, serta mampu memberikan pemecahan/solusi terhadap berbagai permasalahan pendidikan teknologi dan kejuruan, saat ini dan masa yang datang.
    3. Menghasilkan magister pendidikan vokasi yang mampu bekerja sama dalam suatu tim kerja yang produktif, kreatif, dan inovatif, sehingga mampu berkiprah di Asia Tenggara.
    4. Menghasilkan magister pendidikan vokasi yang memiliki budaya dan etos kerja Indonesia, yang taqwa, kerja keras, tangguh, jujur, koperatif, santun, dan kompetitif.

 

  1. Sasaran

Seiring dengan tujuan yang akan dicapai, maka sasaran prodi magister pendidikan vokasi Unimed adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kemampuan profesional dosen, guru SMK, dan instruktur diklat yang ada di daerah Sumatera bagian utara, terutama dalam melakukan inovasi pembelajaran Pendidika Vokasi, Merancang dan mengembangkan diklat teknologi dan kejuran yang memenuhi standar yang ada.
  2. Meningkatnya kemampuan lulusan SMK dan Politeknik di daerah Sumatera bagian utara sesuai standar, sebagai wujud kontribusi peningkatan kemampuan pendidik dan instruktur Diklat yang dihasilkan prodi magister pendidikan vokasi pascasarjana

 

  1. Strategi Pencapaian Tujuan
    1. Optimalisasi peran sumberdaya manusia (dosen dan staf administrasi), sarana dan prasarana yang adaserta meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia dan sarana prasarana untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.
    2. Melakukan inovasi pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang menjamin keterlibatan berbagai pihak dan pemberdayaan potensi yang dimiliki Prodi.
    3. Melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri/swasta yang telah memiliki program magister yang serumpun dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
    4. Meningkatkan koordinasi lintas sektoral, baik internal maupun stakeholderPVK untuk membangun kesepahaman pandang pada domain peningkatan tata kelola organisasi PVK.
    5. Melakukan monitoring dan evaluasi (monev) internal dan sistem pengendalian internal untuk menjamin tata kelola berbasis akreditasi secara berkesinambungan.
    6. Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga penelitian baik swasta maupun pemerintah.
    7. Melakukan komunikasi ilmiah melalui penerbitan jurnal program studi (cetak &online), penyelenggaraan seminar, lokakarya dan lain-lain.
    8. Meyelenggarakan pendidikan trasfer kredit antar program studi sejenis di Indonesia.
    9. Mengadakan pertukaran dosen pengasuh mata kuliah antar prodi sejenis dengan S2 Pendidikan Vokasi sebagai benchmarking.

 

  1. Profil Lulusan Program Studi
  2. Tenaga Ahli  Pembelajar­an  dalam bidang teknologi kejuruan (Dosen Pendidikan Vokasi di Perguruan Tinggi dan Guru Pendidikan Vokasi di SMK
  3. Tenaga Ahli Pelatihan dalam bidang  Teknologi dan  Kejuruan
  4. Tenaga ahli Penelitian dan Pengembangan dalam bidang Pendidikan Vokasi dan Kejuruan
  5. Tenaga ahli manajemen kepemimpinan organisasi dalam bidang Pendidikan Vokasi dan kejuruan

 

  1. Deskripsi CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan)

Kompetensi yang harus dimiliki lulusan dalam mengembang tugas-tugasnya sesuai profil lulusan sebagai berikut:

 

Profil Lulusan Magister Pendidikan Guru Vokasi Meliputi :

  1. Tenaga Ahli  Pembelajar­an  dalam bidang teknologi kejuruan (Dosen Pendidikan Vokasi di Perguruan Tinggi dan Guru Pendidikan Vokasi di SMK
  2. Kompetensi Umum
  3. Memiliki tanggungjawab professional dalam melakukan perencanaan, pengembangan dan evaluasi pembelajaran bidang pendidikan teknologi dan kejuruan.
  4. Menjunjung tinggi etikai ilmiah dalam melakukan riset.
  5. Mampu menjadi contoh tauladan penanaman karakter Unimed dalam melakukan riset.
  6. Memiliki kepribadian sebagai pendidik (dosen/guru) dalam  kelembagaan  pendidikan teknologi dan kejuruan  yang professional.
  7. Mengikuti perkembangan IPTEK dan pendidikan dan latihan teknologi dan kejuruan.
  8. Menguasal filosofi dan landasan pendidikan teknologi dan kejuruan.
  9. Menguasai konsep pedagogik-didaktik pendidikan teknologi dan kejuruan terbaru untuk melaksanakan pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi, SMK dan lembaga diklat.
  10. Menguasai prinsip-prinsip, perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran pendidikan dan pelatihan teknologi dan kejuruan.
  11. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk mendukung pembelajaran
  12. Kompetensi Khusus
  13. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendekatan inter dan multidispliner yang sesuai dengan bidang pendidikan dan pelatihan teknologi dan kejuruan.
  14. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan atasan, kolega, sejawat baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  15. Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa datang.
  16. Mampu merencanakan, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pembelajaran teknologi dan kejuruan dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik berbasis .
  17. Mampu melakukan manajemen pengembangan lab dan bengkel untuk mendukung inovasi pembelajaran dan pencapaian kompetensi pembelajaran pendidikan teknologi dan kejuruan.
  18. Mampu mengembangkan inovasi pembelajaran pendidikan teknologi dan kejuruan melaui riset yang mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasinal.

 

  1. Tenaga Ahli Pelatihan dalam bidang  Teknologi dan  Kejuruan
  2. Kompetensi Umum
  3. Bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai pengembang Diklat pendidikan teknologi dan kejuruan.
  4. Mampu memberikan contoh teladan penerapan karakter building Unimed; saling menghargai, jujur, kerja keras, bertanggung jawab, disiplin,
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif dan sopan baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Memiliki kepribadian sebagai pengembang dalam  kelembagaan DIKLAT teknologi dan kejuruan  yang professional.
  7. Mengikuti perkembangan IPTEK dan diklat pendidikan teknologi dan kejuruan.
  8. Menguasal filosofi dan landasan pengembangan diklat pendidikan teknologi dan kejuruan.
  9. Menguasai konsep pedagogik-didaktik pembelajaran  diklat  pendidikan teknologi dan kejuruan.
  10. Menguasai prinsip-prinsip, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran diklat pendidikan  teknologi dan kejuruan.
  11. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk mendukung pengembangan diklat pendidikan teknologi dan kejuruan.

 

  1. Kompetensi Khusus
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendekatan inter dan multidispliner yang sesuai denganbidang pendidikan dan pelatihan teknologi dan kejuruan.
  3. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan atasan, kolega, sejawat baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  4. Mampu merencanakan dan mengembangkan kurikulum diklat teknologi dan kejuruan berdasarkan analisis kebutuhan saat ini dan masa datang.
  5. Mampu merencanakan, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi diklat pendidikan teknologi dan kejuruan dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik berbasis
  6. Mampu mengembangkan inovasi pembelajaran diklat  pendidikan teknologi dan kejuruan melalui riset yang mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasinal.

 

  1. Tenaga ahli Penelitian dan Pengembangan dalam bidang Pendidikan Vokasi dan Kejuruan
  2. Kompetensi Umum
  3. Mampu mengaplikasikan metodologi penelitian dalam bidang pendidikan vokasi dalam praktik penelitian dan pengkajian fenomena teknologi kejuruan.
  4. Mampu mengaplikasikan teori-teori dalam analisis bidang vokasi
  5. Mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu dasar yang relevan dengan bidang pendidikanvokasi untuk mendapatkan kajian yang mendalam dan komprehensif
  6. Mampu menerapkanteknologiinformasidankomunikasidalammelaksanakantugas-tugas
  7. Mampu menganalisisdanmemecahkanmasalahteknissecararutin yang berkaitandenganpendidikan vokasidenganmenerapkanprinsip-prinsip

 

  1. Kompetensi Khusus
  2. Menguasai teori-teori interdisipliner dengan bidang pendidikan vokasi untuk mendapatkan kajian yang mendalam dan komprehensif.
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  4. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik yang terkait dengan bidang pendidikan vokasi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu membuat proyeksi kebutuhan tenaga kerja untuk jenis diklat pendidikan teknologi dan kejuruan yang akan dikembangkan
  7. Mampu merancang dan mengelola pembelajaran pendidikan teknologi dan kejuruan secara mandiri, bermutu, dan terukur berbasis riset.

 

  1. Tenaga ahli manajemen kepemimpinan organisasi dalam bidang Pendidikan Vokasi dan kejuruan
  2. Kompetensi Umum
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendekatan inter dan multidispliner yang sesuai dengan bidang pendidikan dan pelatihan teknologi dan kejuruan.
  4. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerjasama yang sinergis dengan atasan, kolega, sejawat baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  5. Mampu mengelola mengembangkan kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa datang.
  6. Mampu merencanakan, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pembelajaran teknologi dan kejuruan dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik berbasis .
  7. Mampu melakukan manajemen pengembangan lab dan bengkel untuk mendukung inovasi pembelajaran dan pencapaian kompetensi pembelajaran pendidikan teknologi dan kejuruan.
  8. Mampu mengembangkan inovasi pembelajaran pendidikan teknologi dan kejuruan melaui riset yang mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasinal.

 

  1. Kompetensi Khusus
  2. Mampu melakukan manajemen pengembangan lab dan bengkel diklat untuk mendukung pencapaian kompetensi program diklat pendidikan teknologi dan kejuruan
  3. Mampu mengembangkan standar pengelolaan pendidikan dan pelatihan
  4. Mampu mngembangkan pengelolaan kemitraan pendidikan vokasi dengan IDUKA
  5. Mampu mengembangkan mengelolaan teknopreunership dalam bidang pendidikan vokasi.

 

Capaian Pembelajaran Sikap dan Tata Nilai

            Capaian pembelajaran Sikap dan Tata Nilai berlaku secara umum mulai dari jenjang D3, hingga S3 . Adapun capaian pembelajaran skap dan tata nilai sebagai berikut:

  1. BertaqwakepadaTuhan Yang MahaEsa.
  2. Memiliki moral, etikadankepribadian yang baik di dalammenyelesaikantugasnya.
  3. Berperansebagaiwarga Negara yang banggadancintatanah air sertamendukungperdamaiandunia.
  4. Mampubekerjasamadanmemilikikepekaansosialdankepedulian yang tinggiterhadapmasyarakatdanlingkungannya.
  5. Menghargaikeanekaragamanbudaya, pandangan, kepercayaan, dan agama sertapendapat/temuanoriginal orang lain.
  6.  
  7. Mampumenginternalisasinilaidannormaakademik yang benarterkaitdengankejujuran, etika, atribusi, hakcipta, kerahasiaandankepemilikan data
  8. Mampumenginternalisasisemangatkewirausahaan

 

Dari uraiancapaianpembelajaran (learning outcome) yang meliputisikap, pengetahuandanketerampilandapatdiringkassepertiberikut:

  1. Bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai pendidik
  2. Menguasai perkembangan ilmu-ilmu ekonomi/ keuangan dan / bisnis
  3. Menguasai konsep pedagogik-didaktik ekonomi/keuangan dan/bisnis terbaru
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan
  5. Menguasai praktek-praktek riset pembelajaran ekonomi
  6. Menguasai kaidah –kaidah riset pembelajaran ekonomi,
  7. Mampu merancang riset pembelajaran ekonomi, dan bisnis serta menerapkannya dalam pembelajaran ekonomi
  8. Mampu melakukan riset pembelajaran ekonomi, keuangan, dan/bisnis dan mampu menerapkan hasilnya untuk perbaikan pembelajaran ekonomi
  9. Mampu memberi solusi pemecahan masalah pembelajaran ekonomi dan bisnis secara akurat dengan pendekatan inter dan multidisipliner
  10. Mampu memberikan berbagai masukan metode/model pembelajaran guna menyelesaikan suatu masalah faktual
  11. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pengelolaan organisasi pendidikan secara inovatif.

 

 

  1. Kurikulum

No

Nama Matakuliah

SKS

Semester

1

Landasan Keilmuan Pendidikan Vokasi

2

1

2

Pengembangan Inovasi Pembelajaran PV

2

1

3

Metodology Penelitian

3

1

4

Pengkajian dan Penarapan Teknologi Terbarukan

2

1

5

Kepemimpinan

2

1

6

Asesmen dan Evaluasi PV

2

1

7

Statistika

3

2

8

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasi

2

2

9

Technopeneurship

2

2

10

Mata kuliah Pilihan (Konsentrasi) = 6 SKS *

6

2

11

Penyelarasan Pendidikan Vokasi dan IDUKA

2

2

12

Perencanaan dan Pengembangan Diklat Pendidikan Vokasi

2

3

13

Perencanaan dan Pengembangan Laboratorium Vokasi

2

3

14

Tesis

10

4

 

Jumlah

42

 

 

Bidang Konsentrasi :

  1. Teknologi Konstruksi dan Properti
  2. Teknik Ketenaga Listrikaan
  3. Teknik Mesin
  4. Teknik Elektronika
  5. Teknik otomotif
  6. Teknik Komputer dan Informatika
  7. Tata Boga dan Perhotelan
  8. Tata Busanaa dan Kecantikan

 

  1. Dosen Homebase:
  2. Selamat Triono, M.Sc. Ph.D.
  3. Muhammad Amin, S.T., M.Pd., IPM.
  4. Netty Juliana, M.Sn, M.Ds.
  5. Selamat Riadi, M.T.
  6. Riski Elpari Siregar, M.T.
Ketua Program Studi

Dr. Muhammad Amin, S.T., M.Pd.

NIP 196801011994031003
HP 085290366919

My Cart