Program Studi Teknologi Pendidikan (S3)

Ketua : Prof. Dr. Abdul Hasan Saragih, M.Pd.
Sekretaris : -
Visi :

Program Studi Teknologi Pendidikan yang unggul dalam pendidikan, pembelajaran dan pengembangan pengkajian keilmuan yang berdaya saing secara nasional dan internasional

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis IPTEK yang efektif dan bermutu untuk menumbuhkan pengetahuan teoretis dan keahlian praktis yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan Pendidikan dan pembelajaran guna menghasilkan karya aplikasi konseptual (conceptual applicable invention) dan perilaku berorientasi produk (product oriented behavior) pembelajaran ber basis Teknologi Pendidikan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan praksis pengetahuan dan keahlian berkarya diTeknologi Pendidikan.
  4. Melaksanakan kegiatan ilmiah dalam skala Nasional maupun Internasional dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang Teknologi Pendidikan.
  5. Membina suasana budaya akademik dan iklim organisasi yang kondusif dengan memperdayakan seluruh potensi yang dimiliki secara sehat pada Teknologi Pendidikandalam civitas akademik

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan berkarakter.
  2. Menghasilkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.
  3. Menghasilkan dan mengembangkan karya-karya inovatif dan produktif
Deskripsi :

Program Doktor (S3) Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universsitas Negeri Medan berdiri sejak semester ganjil tahun akademik 2014/2015 dengan mahasiswa sebanyak 15 orang. Ketua program studi pada saat itu dijabat oleh Ketua Program Studi S2 Teknologi Pendidikan yaitu Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. dan Sekretaris Dr. R. Mursid, M.Pd. Kemudian pada bulan April 2015 rektor Unimed mengangkat ketua program studi baru yaitu Prof. Dr. Abdul Hasan Saragih, M.Pd. Pada tahun akademik 2015/2016 jumlah mahasiswa ada sebanyak 13 orang.   

Program studi ini didirikan berdasarkan mandat yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sesuai dengan surat Nomor: 78/E.E2/2014 tanggal 28 Januari 2014 perihal penugasan penyelenggaraan program studi yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Djoko Santoso. Mandat tersebut diberikan dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya, serta menimbang bahwa Universitas Negeri Medan telah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Adapun program-program studi yang mendapat mandat penyelenggaraan program doktor di Universitas Negeri Medan sebagai berikut:(1) Program Studi Keguruan Kimia (S3), (2) Program Studi Keguruan Sekolah Dasar (S3), (3) Program Studi Teknologi Keguruan (S3), dan (4). Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris (S3).

Selanjutnya pada tanggal 14 September 2016 telah terbit Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 414/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi pada Universitas Negeri Medan yang ditandatangani oleh Ainun Na’im selaku Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, memberikan izin pembukaan Program Studi:

  1. Pendidikan Kimia Program Doktor;
  2. Pendidikan Dasar Program Doktor;
  3. Teknologi Pendidikan Program Doktor; dan
  4. Linguistik Pendidikan Bahasa Inggris Program Doktor pada Universitas Negeri Medan.

Program Studi S3 Teknologi Pendidikan merupakan satu dari lima program studi S3 yang ada di Program Pascasarjana di Universitas Negeri Medan. Struktur organisasi program studi ini diatur dengan Keputusan Rektor Unimed yang termaktub dalam Buku Pedoman Program Pascasarjana Unimed. Struktur organisasi Universitas dan program studi di lingkungan PPs Unimed tercantum dalam keputusan tersebut

Struktur organisasi Program Studi S3 Teknologi Pendidikan PPs Unimed merupakan bagian tidak terpisahkan dari struktur organsasi Pascasarjana Unimed. Dalam struktur organisasi Program Pascasarjana tersebut, PPs Unimed dipimpin oleh Direktur yang dibantu dua Wakil Direktur, yakni Wakil Direktur I yang membidangi akademik dan kemahasiswaan dan Wakil Direktur II yang membidangi keuangan dan administrasi umum. Direktur juga membawahi Sub Bagian Tata Usaha. Program Studi S3 Teknologi Pendidikan PPs Unimed dipimpin oleh Ketua Prodi dan secara struktural berada di bawah Direktur.

Lulusan Program Doktor Teknologi Pendidikan dapat berperan dalambeberapa profesi, bidang pekerjaan, atau bidang keilmuan dan keahlian diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Guru, Pengawas dan Kepala Sekolah pada Pendidikan Menengah (SMA/SMK) berkualifikasi Doktor
  2. Dosen di berbagai perguruan tinggi dengan disiplin ilmu yang beragam
  3. Tenaga Kependidikan di berbagai Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan di Perguruan Tinggi.
  4. Tenaga Perencanaan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  5. Tenaga Pelatih dan Widyaiswara di berbagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihanan Tenaga Kependidikan di berbagai Departemen (seperti LPMP dan P4TK)
  6. Tenaga Peneliti di berbagai Departemen dan Dinas Kabupaten/Kota
Kurikulum :