Program Studi Teknologi Pendidikan

Ketua : Dr. R. Mursid, M.Pd
Sekretaris : Dr. Samsidar Tanjung, M.Pd.
Visi :

MEWUJUDKAN PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN YANG UNGGUL, BERKUALITAS DAN TERKEMUKA

Misi :

Melaksanakan pendidikan dan Pengajaran untuk menghasilkan tenaga ahli untuk:

  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pembelajaran untuk menghasilkan tenaga ahli dalam memecahkan masalah-masalah belajar dengan mendesain dan mengembangkan sistem dan teknologi pembelajaran yang berdampak lebih efektif dan efisien terhadap hasil belajar
  2. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan melalui penelitian dan pengabdian dalam pengembangan sistem pembelajaran yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran
  3. Mengembangkan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif melalui Teknologi Pendidikan sehingga mampu beradaptasi dan mengantisipasi perubahan dan perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir secara berkelanjutan di bidang pembelajaran dan pendidikan
  4. Menyediakan berbagai jasa dan teknologi keilmuan yang praktis dan pengembangan koordinasi dan kerjasama kemitraan melalui Teknologi Pendidikan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional dan global
Deskripsi :

Penyelenggaraan Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed didasarkan atas kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga yang profesional di bidang pemberdayaan sumberdaya di lembaga-lembaga pemberdayaan sumberdaya manusia. Program studi ini dimulai bulan Maret 2001 yang diikuti oleh 47 orang mahasiswa pada semester ganjil dan 42 orang pada semester genap. Program Studi Teknologi Pendidikan S2 Pascasarjana Unimed dibuka berdasarkan pertimbangan, bahwa tenaga lulusan pasca sarjana diberbagai bidang ilmu sangat dibutuhkan di Indonesia terutama dalam menghadapi tantangan dan peluang abad ke-21. Di samping itu, kebutuhan  kebutuhan akan tenaga ahli di bidang Teknologi pendidikan yang setara S2 untuk mengelola pendidikan di Sumatera Utara semakin dirasakan, sumberdaya yang ada di Unimed juga sudah memenuhi syarat untuk mengelola Program S2 Prodi Teknologi Pendidikan, sarana dan prasarana yang ada memungkinkan untuk membuka Program Studi Teknologi Pendidikan S2 Unimed.  Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed sejak berdiri tahun 2001 terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Propinsi Sumatera Utara, Unimed merupakan salah satu lembaga yang perduli dengan pembenahan penyiapan sumberdaya manusia yang dapat diandalkan dalam mengelola sumberdaya-sumberdaya di lembaga-lembaga pendidikan dan nonpendidikan yang ada di masyarakat dengan membuka Prodi yang dapat menyiapkan lulusannya seperti diharapkan tersebut. Salah satu Prodi yang dimaksud adalah Program Studi S2 Teknologi Pendidikan.

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed dalam pembentukan dan pelaksanaannya dilandasi dengan sikap kejujuran dalam menyatakan kondisi seperti apa adanya tanpa menutupi kekurangan yang ada. Sikap kejujururan ini dibarengi dengan keterbukaan dengan membuka diri terhadap sarana, kritik dan usul dari berbagai pihak yang berkepentingan serta peduli terhadap kepentingan masyarakat umumnya. Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed hingga perkembangannya saat ini dan masa yang akan datang menunjukkan bahwa keberadaan dan kegiatannya dapat ditampilkan sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa mengabaikan kepentingan mahasiswa.

Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed hingga saat ini, aktivitas ditujukan untuk menghasilkan tenaga-tenaga kependidikan yang mampu menjadi tenaga kependidikan di lembaga-lembaga pemberdayaan sumber daya manusia yang ada di masyarakat. Segala program dan kegiatan di Prodi S2 Teknologi Pendidikan direncanakan dan dilaksanakan dengan sistematis, santun, etis dan fungsional. Program StudiS2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed pengembangannya diarahkan sedemikian rupa dengan harapan lulusannya mampu memecahkan berbagai masalah dunia pendidikan dengan mengandalkan kemampuan, keterampilannya di bidang Teknologi Pendidikan pada semua jalur, jenis, dan satuan pendidikan.

Jati diri Program Studi S2 Teknologi Pendidikan adalah sebagai berikut:

Nama Perguruan Tinggi     : Universitas Negeri Medan

Nama Prodi                           : ProgramStudiS2TeknologiPendidikanProgramPascasarjanaUnimed

Ijin Penyelenggara              :  No. 02/Dikti/Kep/2001, Tanggal 09 Pebruari 2001

Peringkat Nilai Akreditasi   : A

Nomor SK BAN-PT              : No. 1100/SK/BAN-PT/Akreditasi A

Berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 24 Oktober 2015 sampai dengan 24 Oktober 2020

Alamat Program Studi         : Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate, Medan-20221 

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed dilakukan melalui diskusi dan workshop. Kegiatan tersebut diikuti berbagai pihak baik internal (pimpinan dan staf, tenaga dosen, dan mahasiswa) maupun eksternal (akademisi, pakar atau tenaga  ahli,  praktisi, perwakilan pengguna lulusan, dan alumni). Artinya, dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknologi Pendidikan melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat pengguna. Analisis internal dilakukan dengan memperhatikan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain yang menjadi kekuatan Prodi Teknologi Pendidikan S2. Analisis eksternal dilakukan dengan analisis kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan formal, pendidikan non formal, lembaga perguruan tinggi. Untuk mengetahui kebutuhan masyarakat tersebut, pimpinan dan para dosen Teknologi Pendidikan melakukan pengamatan, terhadap kondisi riil masyarakat secara langsung maupun tidak langsung melalui media massa, dialog dengan para tokok, dan analisis terhadap kebijakan pemerintah yang terkait. Dari hasil analisis terhadap kondisi eksternal tersebut dan dengan memperhatikan sumber daya Pascasarjana Unimed, khususnya Prodi Teknologi Pendidikan S2, dirumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi Teknologi Pendidikan S2.

            Penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, selain melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal, pimpinan Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed juga melakukan benchmarking atau studi banding ke UNJ dan UM. Kegiatan yang dilakukan melalui telaah analisis lingkungan, diskusi, workshop, benchmarking serta keterlibatan berbagai pihak bertujuan agar visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknologi Pendidikan dapat dirumuskan secara realistis, jelas, saling terkait serta mendukung visi, misi Program Pascasarjana dan visi, misi Unimed secara keseluruhan. Mekanisme penyusunannya di mulai dengan memperhatikan visi misi Unimed selanjutnya Prodi Teknologi Pendidikan S2 membuat rumusan yang dipresentasikan pada forum rapat dosen, masing-masing dosen memberikan usulan, masukan disertai dengan alasan-alasan rasional. Kemudian forum mendiskusikan dengan seksama dan memutuskan usulan yang lebih rasional, realisitis, dan sesuai dengan hasil analisis eksternal dan internal serta visi misi dan tujuan Unimed serta Pascasarjana Unimed. Selanjutnya rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran tersebut dibahas dan ditelaah kembali ditingkat fungsionaris PPS untuk kemudian ditetapkan oleh Direktur Pascasarjana Unimed. Setelah ditetapkan, umusan visi, misi, tujuan dan sasaran pencapaiannya dimuat dalam buku kurikulum Prodi Teknologi Pendidikan S2 dan Pascasarjana Unimed yang dicetak, digandakan dan disebarluaskan ke sivitas akademik Unimed khususnya Prodi Teknologi Pendidikan S2 yang melalui pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Kurikulum :
Daftar Mata Kuliah Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan T.A. 2016/2017
     
Semester Nama Mata Kuliah Jumlah SKS
I Filsafat Ilmu  2
I Metodologi Penelitian Pendidikan   3
I Statistika Pendidikan  3
I Teori Belajar dan Pembelajaran   2
I Landasan dan Kinerja Teknologi Pendidikan  3
I Teori Komunikasi dalam Pendidikan*  2
  Jumlah 15
II Kepemimpinan  2
II Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan  2
II Pendekatan Sistem dalam Pendidikan 2
II Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan  3
II Desain Sistem Instruksional    3
II TIK dan Multimedia dalam Pendidikan 3
II Pengembangan Kurikulum*  2
  Jumlah 17
III Praktik Lapangan (Mengajar) 2
III Analisis Kebutuhan Pelatihan  2
III Pengelolaan Pusat Sumber Belajar 3
III Perencanaan Pendidikan dan Pelatihan  3
III Produksi Media Pembelajaran 3
III Seminar Persiapan Tesis 2
  Jumlah 15
IV Tesis 6
  Jumlah 6
  Total SKS 53