Program Studi Pendidikan Ekonomi

Ketua : Dr. Saidun Hutasuhut, M.Si.
Sekretaris : Drs. Thamrin, M.Si.
Visi :

Program studi yang unggul menghasilkan lulusan yang profesional sebagai pengembang ilmu ekonomi dan pembelajaran pendidikan ekonomi yang berdaya saing di tingkat nasional pada tahun 2023

Misi :
  1. Menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki wawasan kebangsaan, dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (IMTAQ) untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
  2. Menyelenggarakan pendidikan ekonomi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah dalam kompetisi nasional.
  3. Menyelenggarakan pengajaran berbasis masalah riil di dunia pendidikan dan dunia usaha.
  4. Menyelenggarakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan ekonomi dan bisnis dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, sumber daya manusia dan responsip terhadap lingkungan.
  5. Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis hasil penelitian dalam rangka penerapan dan pengembangan IPTEK, khususnya di bidang  Pendidikan Ekonomi.
  6. Membangun kemitraan dengan masyarakat profesi dan pengguna lulusan untuk meningkatkan kualitas lulusan yang berdaya saing.
  7. Mengembangkan kemampuan manajerial yang berbasis kewirausahaan.
Deskripsi :

Akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat serta cepatnya arus informasi di era globalisasi saat ini, dunia pendidikan diwarnai oleh persaingan yang semakin ketat. Disisi lain krisis multidimensi masih sangat dirasakan dampaknya yang kesemuanya itu bermuara kepada sumber daya manusia yang belum siap menerima keadaan demikian. Salah satu program yang dapat digunakan untuk menyiapkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, mampu mengembangkan diri serta memiliki kepribadian secara komprehensif di masa krisis serta di masa-masa yang akan datang adalah program pendidikan, sebab pendidikan pada hakekatnya merupakan upaya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara seiring dengan perkembangan sosial dan budaya serta teknologi yang senantiasa berubah.

Sebagai wujud tanggungjawab Fakultas Ekonomi Unimed sebagai lembaga pendidikan merasa terpanggil untuk berkontribusi melalui pembukaan program studi S2 Pendidikan Ekonomi. Untuk maksud tersebut tim PengembangFakultas EkonomiUnimedpada tahun 2015 menyiapkan naskah akademik pengusulan pembukaan Prodi S2 Pendidikan Ekonomi. Surat usulan prodi ke Diktimelalui SK Rektor Unimed  dengannomor  0771/UN33/DT/2015 tertanggal 30Maret 2015 namun hasilnya belum dapat disetujui.

Untuk menindak lanjuti perbaikan pertama pimpinan Fakultas Ekonomi Unimed membentuk panitia penyusunan perbaikan proposal pembukaan Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi dengan surat nomor 0238/UN33.7/LL/2015tanggal 05 Oktober 2015. Pada tanggal 31 Desember 2015 diajukan usulan perbaikan pertama. Berdasarkan pengumuman Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuandan Perguruan Tinggi nomor surat 441/C4/KL/2016 tanggal 23 Pebruari 2016 masih memerlukan perbaikan. Hasil revisi kedua di-uplod tanggal 25 Maret 2016. Selanjutnya berdasarkan Hasil Evaluasi dan Verifikasi Dokumen dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Nomor 1016 / C.C4 / KL / 2016 tanggal 26 Mei 2016 masih memerlukan perbaikan. Tim pengembang terus melakukan perbaikan usulan ketiga yang pada akhirnya Alhamdulillah usulan pembukaan Prodi S2 Pendidikan Ekonomi telah memperoleh izin dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor: 128/KPT/l/2017 tanggal 7 Februari 2017 tentang Pembukaan Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi pada Universitas Negeri Medan. Untuk kelancaran penyelenggaraan program studi ini Rektor mengangkat Bapak Dr. Saidun Hutasuhut, M.Si sebagai ketua program studi dan Bapak Drs. Thamrin, M.Si sebagai sektretaris prodi dengan SK Rektor Nomor 0664/UN.33.KEP/KP/2017 tanggal 22 Juni 2017.  Maka sejak semester ganjil tahun akademik 2017/2018 Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi telah resmi menerima mahasiswa baru.

Kurikulum :

KURIKULUM PROGRAM STUDI S2 PENDIDIKAN EKONOMI

No

Mata Kuliah

SKS

Semester

1

Filsafat Ilmu

2

I

2

Landasan Kependidikan dan Pembelajaran

3

I

3

Bahasa Inggris Ekonomi

2

I

4

Matematika Ekonomi Lanjutan

3

I

5

Ekonomi Mikro Lanjutan

3

I

6

Penelitian Kualitatif

2

I

7

Statistik Lanjutan

2

I

 

 

17

 

 

 

 

 

8

Pengembangan kurikulum dan bahan ajar pendidikan ekonomi

3

II

9

Evaluasi Hasil Belajar Lanjutan

3

II

10

Ekonomi Makro  Lanjutan

3

II

11

Kepemimpinan

2

II

12

Ekonomi Pendidikan

2

II

13

Penelitian kuantitatif

3

II

 

 

16

 

 

 

 

 

14

Multi Media Pembelajaran

2

III

15

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

2

III

 

 

 

 

 

PILIHAN KONSENTRASI MATA KULIAH

 

1. Pendidikan Manajemen Bisnis *

 

 

16

Manajemen Strategik Lanjutan

3

III

17

Manajemen Pemasaran Lanjutan

3

III

18

Kewirausahaan

3

III

 

 

 

 

 

2. Pendidikan Akuntansi *

 

 

19

Akuntansi Sektor Publik

3

III

20

Akuntansi Keuangan

3

III

21

Analisis Investasi dan Teori Fortofolio

3

III

 

 

 

 

 

3. Pendidikan Ekonomi *

 

 

22

Perekonomian Indonesia Lanjutan **

3

III

23

Ekonomi Syariah **

3

III

24

Ekonomi Publik Lanjutan **

3

III

25

Ekonomi Moneter Lanjutan *

3

III

26

Ekonomi Regional Lanjutan **

3

III

27

Ekonomi Internasional **

3

III

 

 

 

 

28

Seminar Proposal Tesis

6

IV

29

Seminar Hasil Penelitian

IV

30

Tesis

IV

Jumlah

52

 

* Pilih salah satu Pilihan Konsentrasi Mata Kuliah

   

** Pilih tiga Mata Kuliah Sesuai Konsentrasi mata kuliah