Program Studi Ilmu Keolahragaan

Ketua : Dr. Imran Akhmad, M.Pd.
Sekretaris : Dr. Amir Supriadi, M. Pd.
Visi :

Menjadi program studi yang unggul bidang akademik dan rekayasa industri bidang manajemen olahraga ditingkat Nasional dan kawasan Asean tahun 2025

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang manajemen dan industri olahraga dalam kerangka sistem akademik yang bermutu.
  2. Menyelenggarakan tata kelola program studi Magister (strata 2) Ilmu Keolahragaan konsentrasi Manajemen Olahraga yang bermutu dengan mengedepankan kaidah-kaidah akademisi, moral, etika, tanggung jawab sosial maupun praktis manajerial yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Mengembangkan karya kreatif, inovatif dan produktif berbasis penelitian  yang dapat dimanfaatkan oleh institusi dan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah pada bidang manajemen olahraga yang berskala lokal, nasional dan internasional.
  5. Menjalin kerjasama yang sinergi dan harmonis dengan stakeholders dalam pembangunan keolahragaan, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional
Deskripsi :

 

Tujuan:

  1. Menghasilkan Magister olahraga yang unggul dan profesional serta memiliki kecerdasan dan keterampilan bidang kewirausahaan, Tata kelola organisasi olahraga, industri kreatif dan penyelenggaraan even bidang olahraga.
  2. Mengimplementasikan tata kelola dan penyelenggaraan prodi berbasis standar mutu pendidikan tinggi yang mengedepankan kaidah akademik dan jiwa berkarakter dalam kerangka menajerial profesional guna terciptanya iklim organisasi yang sehat.
  3. Menghasilkan penelitian, karya ilmiah kreatif, inovatif dan produktif yang dapat dipergunakan oleh institusi, masyarakat luas dan dunia usaha (DUDI) pada bidang manajemen dan industri olahraga.
  4. Menghasilkan rekomendasi pada berbagai isu-isu strategis bidang manajemen olahraga ditingkat lokal, nasional maupun internasional.
  5. Menghasilkan dan meningkatkan kerjasama dengan stakeholders, serta partisipasi akademisi terhadap tata kelola organisasi keolahragaan lokal, nasional dan internasional

Prodi S2 IKOR menetapkan 10 Sasaran yaitu:

  1. Dihasilkan tenaga keolahragaan yang siap pakai pada lembaga olahraga pemerintah dan swasta secara profesional.
  2. Lulusan yang memiliki keterampilan mengembangkan industri kreatif bidang olahraga yang berkolaborasi dengan dunia industri (DUDI).
  3. Lulusan mampu merancang dan menyelenggarakan event olahraga baik singel maupun multi event bertaraf daerah, wilayah maupun nasional.
  4. Dihasilkan lulusan yang memiliki kompetensi enterpreneurship tangguh dan berkarakter.
  5. Lulusan memiliki budaya mutu, kerja keras, mampu beradaptasi pada perubahan, tangguh, jujur, kompetitif, santun dan kooperatif.
  6. Terselenggaranya tata kelola prodi yang berkualitas, efisien, efektif sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi dengan implementasi kurikulum mengacu KKNI.
  7. Dihasilkan karya inovatif dan produktif melalui kegiatan penelitian guna menyelesaikan permasalahan keolahragaan.
  8. Dihasilkan berbagai kebijakan bidang olahraga sebagai solusi pemecahan masalah praktis di bidang olahraga.
  9. Terselenggaranya berbagai pertemuan ilmiah seperti seminar, lokakarya, coaching clinic, diskusi publik dan simposium tingkat daerah, nasional, regional maupun internasional.
  10. Terjalinnya kerjasama kelembagaan dalam dan luar negeri yang berkualitas guna mengembangkan keilmuan bidang manajemen dan industri olahraga.
Kurikulum :
Download File Kurikulum