Program Studi Pendidikan Dasar (S3)

Ketua : Dr. Edy Surya, M. Si.
Sekretaris : -
Visi :

Menjadi Program Studi Doktor yang Unggul dalam Pengembangan Pembelajaran dan Penelitian di Bidang Peminatan Pendidikan Dasar Berbasis Kebutuhan Nasional dan Diakui Secara Internasional.

Misi :
  1. Menyelenggarakan pembelajaran bermutu berbasis kompetensi yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menciptakan atmosfir dan budaya akademikuntuk menumbuhkan sikap ilmiah, trust, fairness, dan kreativitas bagi civitas akademika prodi pendidikan dasar.
  3. Menyelenggarakan penelitian berbasis masalah pendidikan dasaryang dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional bereputasi.
  4. Membangun jejaring kemitraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.
  5. Membangun kerjasama mutualisma dengan lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri terkait implementasi hasil penelitian dan pengembangan pendidikan dasar

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, professional,dan berdaya saing di berbagai bidang peminatan pendidikan dasar.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap ilmiah, trust, fairness, kreativitasdan berwawasan kebangsaan.
  3. Menghasilkankarya ilmiah berbasis riset sebagai solusi masalah pendidikan dasar yang diakui ditingkat nasional, regional, dan internasional.
  4. Menghasilkan produk inovasi IPTEKS berbasis risetyang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia mulai sejak usia dini.
  5. Melakukan desiminasi dan implementasi produk IPTEK pendidikan dasar berbasis kemitraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional
  6. Menghasilkan kerjasama mutualisma antara program pendidikan dasar dengan pemangku kepentingan

Sasaran:

Untuk mewujudkan visi, melaksanakan misi dan mencapai tujuan Prodi yang telah ditetapkan, maka ditetapkan sasaran sebagai berikut:

  1. Terciptanya lulusan yang professional dan kompeten mengembangkan konsep, pendalaman dan perluasan teori dalam mengantisipasi perkembangan global serta menyusun kebijakan dalam menyelesaikan masalah pembelajaran dan pendidikan (teaching dan research university).
  2. Terciptanya lulusan yang inovatif, kreatif dan terampil melakukan pengkajian pendidikan dasar dengan pendekatan berbasis riset yang menghasilkan karya/produk yang teruji dan orisinil serta diakui secara nasional dan internasional dalam bentuk publikasi ilmiah.
  3. Terciptanya lingkungan dan atmosfir akademik yang kondusif untuk belajar dan tempat yang menyenangkan untuk bekerja dalam rangka menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan sumber daya organisasi dengan menerapkan pinsip dan fungsi-fungsi pendidikan dasar.
  4. Terciptanya hubungan yang harmonis dengan kelompok masyarakat dan institusi kemitraan lainnya dalam mengaplikasikan karya-karya inovatif.

Strategi pencapaian:

  1. Dilakukannya perbaikan berkelanjutan atas isi kurikulum: revisi kompetensi lulusan, pemutahiran subjek matter, proses belajar mengajar berbasis active resources learning,  penilaian otentik dengan melakukan serangkaian pemutakhiran dan evaluasi atas kurikulum,  GBPP secara berkala, dengan melakukan  workshop kurikulum dan  pengembangan blended  learning.
  2. Menyusunan dan mengembangkan kurikulum yang lebih mendukung dan sesuai dengan    perkembangan kebutuhan kompetensi Pendidikan Dasar
  3. Dilakukannya pengembangan proses belajar berbasis penerapan 6 jenis tugas (tugas rutin, critical book review, critical jurnal review, rekayasa ide, mini research dan tugas projek) dengan metode studi kasus dengan aneka sumber belajar yang berasal dari kasus yang relevan dengan topik mata kuliah
  4. Penyelenggaraan kuliah interaktif berbasis kompetensi dan pengembangan karakter secara terjadwal
  5. Membangun system belajar mandiri dengan proses belajar mengajar active resources learning, yakni mahasiswa berperan aktif mengeksplorasi referensi, menyusun tulisan mengenai topik kuliah, memaparkan dan mendiskusikannya di kelas, dan pelibatan informasi hasil riset dari jurnal internasional bereputasi.
  6. Peningkatan wawasan pengetahuan mahasiswa dengan mengadakan kuliah umum, seminar nasional atau internasional, mini research, dan rekayasa ide dengan mengundang pakar pendidikan dasar/dosen yang diakui kepakarannya baik di tingkat nasional maupun internasional
  7. Peningkatan kreativitas civitas akademika dan karya inovatif bidang pendidikan dasar.
  8. Mendatangkan praktisi untuk mengaplikasikan antara teori dan praktek dalam bentuk kuliah  umum dan seminar.
  9. Peningkatan kualitas dan kuantitas iteraktif kegiatan pembelajaran
  10. Pengembangan budaya komunikasi dan sistem pelayanan pengabdian kepada masyarakat   yang relevan dengan karakteristik prodi Pendidikan Dasar
  11. Mengadakan rapat kordinasi rutin dengan civitas akademika dan alumni dalam mengembangkan suasana akademik yang lebih kondusif
  12. Peningkatan kualitas dosen dalam menghasilkan karya ilmiah dan inovasi pendidikan dan  pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  13. Peningkatan kerjasama dan kemitraan dengan kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga yang relevan dengan pengembangan program studi agar terjadi hubungan yang harmonis
 
Deskripsi :

Sekilas Sejarah

Program Studi S3 (Doktor) Pendidikan Dasar merupakan salah satu program studi baru dari 4 program studi yang diberi mandat oleh Ditjen Dikti untuk diselenggarakan di Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Mandat tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 78/E.E2/DT/2014, tertanggal 28 Januari 2014. Tekad untuk membuka Program Studi Doktor  (S3) Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Medan, tidak terlepas dari eksistensi Program Studi  Magister (S2) Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan yang telah berkiprah sejak tahun 2007. Dalam kiprahnya selama tujuh tahun, Program Studi Magister (S2) Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan, telah berhasil merekrut 303 mahasiswa dan meluluskan 178 mahasiswa. Berdasarkan tracer study terakhir yang dilakukan, para alumni tersebut dapat diterima dengan cepat, baik di lembaga pemerintahan maupun swasta dan mendapat penilaian positif di masyarakat. Beberapa dari alumni ada yang diterima sebagai dosen PTN dan PTS, khususnya yang telah membuka program S1 PGSD/Pendidikan Dasar; guru SD dan SMP yang diterima di berbagai wilayah Indonesia; dipercaya memangku jabatan sebagai kepala sekolah pada jenjang SD dan SMP; pegawai negeri di beberapa departemen/instansi pemerintahan;  widyaswara; dan pengawas pendidikan.

Kurikulum :