PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN PASCASARJANA S2 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

A. Sejarah Singkat Pendirian Prodi

Penyelenggaraan Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed didasarkan atas kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga yang profesional di bidang pemberdayaan sumberdaya di lembaga-lembaga pemberdayaan sumberdaya manusia. Program studi ini dimulai bulan Maret 2001 dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Propinsi Sumatera Utara, Unimed merupakan salah satu lembaga yang perduli dengan pembenahan penyiapan sumberdaya manusia yang dapat diandalkan dalam mengelola sumberdaya-sumberdaya di lembaga-lembaga pendidikan dan nonpendidikan yang ada di masyarakat dengan membuka Prodi yang dapat menyiapkan lulusannya seperti diharapkan tersebut. Salah satu Prodi yang dimaksud adalah Program Studi S2 Teknologi Pendidikan.

Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed hingga saat ini, aktivitas ditujukan untuk menghasilkan tenaga-tenaga kependidikan yang mampu menjadi tenaga kependidikan di lembaga-lembaga pemberdayaan sumberdaya manusia yang ada di masyarakat. Segala program dan kegiatan di Prodi S2 Teknologi Pendidikan direncanakan dan dilaksanakan dengan sistematis, santun, etis dan fungsional. Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed pengembangannya diarahkan sedemikian rupa dengan harapan lulusannya mampu memecahkan berbagai masalah dunia pendidikan dan pembelajaran dengan mengandalkan kemampuan, keterampilannya di bidang Teknologi Pendidikan pada semua jalur, jenis, dan satuan pendidikan.

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed mendapat Ijin Penyelenggara No. 02/Dikti/Kep/2001, Tanggal 09 Pebruari 2001. Pada saat ini Program Studi Teknologi Pendidikan S2 memperoleh Peringkat Nilai Akreditasi “A” dengan Nomor SK BAN-PT: No. 1100/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2015 Berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 24 Oktober 2015 sampai dengan 24 Oktober 2020.

B. Visi, Misi, dan Tujuan Prodi

Visi:

“Mewujudkan program studi magister teknologi pendidikan yang unggul, berkualitas dan terkemuka”

Misi:

1. Melaksanakan Pendidikan dan Pembelajaran untuk menghasilkan tenaga ahli dalam memecahkan masalah-masalah belajar dengan mendesain dan mengembangkan sistem dan teknologi pembelajaran yang berdampak lebih efektif dan efisien terhadap hasil belajar.

2. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan melalui penelitian dan pengabdian dalam pengembangan sistem pembelajaran yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran.

3. Mengembangkan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif melalui Teknologi Pendidikan sehingga mampu beradaptasi dan mengantisipasi perubahan dan perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir secara berkelanjutan di bidang pembelajaran dan pendidikan.

4. Menyediakan berbagai jasa dan teknologi keilmuan yang praksis dan pengembangan koordinasi dan kerjasama kemitraan melalui Teknologi Pendidikan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional dan global.

Tujuan:

  1. Menghasilkan mahasiswa yang berkarakter, berpengetahuan luas dan berbudi pekerti luhur dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan berwawasan Teknologi Pendidikan
  2. Menghasilkan mahasiswa yang mampu mengembangkan wawasan keilmuan dan keahlian teoretis dan praktis dalam kegiatan pembelajaran dalam kawasan Teknologi Pendidikan
  3. Menghasilkan penelitian yang unggul guna meningkatkan hasil karya individu yang berguna untuk perbaikan pembelajaran, peningkatan hasil belajar dan pengembangan kemampuan meneliti dan menulis karya ilmiah berwacana Teknologi Pendidikan.
  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada penerapan IPTEKS bernuansa Teknologi Pendidikan guna peningkatan taraf kehidupan berkependidikan di masyarakat.
  5. Menghasilkan tenaga ahli dalam perancangan/desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan pengevaluasian kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik.
  6. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, karya-karya akademik yang relevan dengan kebutuhan pembangunan yang berpotensi meningkatkan peran Teknologi Pendidikan Pascasarjana di tingkat nasional dan global melalui penerapan IPTEKS.
  7. Menghasilkan tenaga ahli dalam: (1) menyebarkan konsep dan aplikasi teknologi pendidikan dalam program lembaga pendidikan dan pelatihan; (2) merancang program dan sistem instruksional; (3) memproduksi media pembelajaran; (4) memilih dan memanfaatkan berbagai sumber belajar/kom-ponen sistem pembelajaran; (5) mengembangkan sumber belajar; (6) mengelola sumber belajar; (7) mengelola kegiatan instruksional; (8) menilai produk, program, dan sistem pembelajaran; (9) memaanfatkan perkembangan teknologi dalam pendidikan dan pelatihan; (10) melaksanakan penelitian dalam bidang yang berkaitan dengan teknologi pendidikan; dan (11) mengembangkan program pembelajaran baik formal maupun non-formal untuk masyarakat luas dengan menggunakan teknologi komunikasi.
  8. Menciptakan dan memelihara lingkungan pendidikan yang kreatif, inovatif, seimbang dan kondusif melalui karya-kara Teknologi Pendidikan yang bermanfaat dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran/pendidikan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

C. Profil Lulusan

  1. Tenaga pendidik bidang teknologi pendidikan
  2. Ilmuwan pendidikan dan pembelajaran
  3. Pengembang Teknologi Pendidikan/Pembelajaran diberbagai jalur, jenis dan jenjang pendidikan.
  4. Pengembang program Pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja)
  5. Perancang dan pengembang kurikulum, model, strategi, metode dan media pembelajaran
  6. Perancang dan pengembang media pembelajaran berbasis ICT, multimedia dan e-learning
  7. Konsultan, pengembangan kurikulum, pembelajaran dan pengelola sumber belajar
  8. Manajer riset, peneliti, dan pengembang teknologi pendidikan/pembelajaran/pelatihan.
  9. Fasilitator/Widya iswara pelatihan pendidikan dan pembelajaran

D. Kompetensi Lulusan

Pengetahuan:
  • Mampu mengembangkan berbagai teori dan model dalam teknologi pendidikan/ pembelajaran berdasarkan kawasan Teknologi Pendidikan/Pembelajaran..
  • Mampu mengembangkan program Pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja)
  • Mampu memecahkan permasalahan pengembangan kurikulum, pembelajaran dan sumber belajar melalui pendekatan inter atau multidisipliner .
  • Mampu mengelola riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/ pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
Katerampilan Umum:
  • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi;
  • Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau stakeholder yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  • Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  • Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner;
  • Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  • Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  • Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
Katerampilan Umum:
  • Menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran secara interdispliner dan multidispliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi;
  • Melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan dan pelatihan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan interdisiplin maupun multidisipliner;
  • memecahkan permasalahan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner maupun multidisipliner;
  • memformulasi dan memberikan masukan melalui riset dan pengembangan teknologi pendidikan/ pembelajaran/ pelatihan
Katerampilan Umum:
  • Bertaqwa kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, padangan,agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

E. Kurikulum

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Sem

Kode MK

Mata Kuliah

BS/

 

SEMESTER

FK

SKS

I

II

III

IV

I

2PAS57001

Filsafat Ilmu

FK

2

2

 

 

 

I

3TPE57001

Metodologi Penelitian Pendidikan 

BS

3

3

 

 

 

I

3TPE57002

Statistika Pendidikan

BS

3

3

 

 

 

I

3TPE57003

Teori Belajar dan Pembelajaran 

BS

2

2

 

 

 

I

3TPE57004

Landasan dan Kinerja Teknologi Pendidikan

BS

3

3

 

 

 

I

3TPE57005

Teori Komunikasi dalam Pendidikan

BS

2

2

 

 

 

 

 

Jumlah

 

15

 

 

 

 

III

1UMD57001

Kepemimpinan

FK

2

 

2

 

 

II

3TPE57006

Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan

BS

2

 

2

 

 

II

3TPE57007

Pendekatan Sistem dalam Pendidikan

BS

2

 

2

 

 

II

3TPE57008

Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan

BS

3

 

3

 

 

II

3TPE57009

Desain Sistem Instruksional  

BS

3

 

3

 

 

II

3TPE57010

TIK dan Multimedia dalam Pendidikan

BS

3

 

3

 

 

II

3TPE57011

Pengembangan Kurikulum

BS

2

 

2

 

 

 

 

Jumlah

 

17

 

 

 

 

III

3TPE57012

Praktik Lapangan

BS

2

 

 

2

 

III

3TPE57013

Analisis Kebutuhan Pelatihan

BS

2

 

 

2

 

III

3TPE57014

Pengelolaan Pusat Sumber Belajar

BS

2

 

 

3

 

III

3TPE57015

Perencanaan Pendidikan dan Pelatihan

BS

3

 

 

3

 

III

3TPE57016

Produksi Media Pembelajaran

BS

3

 

 

3

 

III

3TPE57017

Seminar Persiapan Tesis

BS

2

 

 

2

 

 

 

Jumlah

 

14

 

 

 

 

IV

3TPE57018

Tesis

BS

6

 

 

 

6

 

 

Jumlah

 

6

 

 

 

 

 

 

TOTAL SKS

 

52

15

17

15

6

F. Dosen Pengampu

  1. R. Mursid, M.Pd. (Ketua Prodi)
  2. Samsidar Tanjung, M.Pd. (Sekretaris Prodi)
  3. Dr. Muhammad Badiran, M.Pd.
  4. Dr. Abdul Muin Sibuea, M.Pd.
  5. Dr. Julaga Situmorang, M.Pd.
  6. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd.
  7. Dr. Harun Sitompul, M.Pd.
  8. Dr. Mukhtar, M.Pd.
  9. Dr. Abdul Hasan Saragih, M.Pd.
  10. Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd.
  11. Dr. Sahat Siagian, M.pd.
  12. Dr. Siman, M.Pd.
  13. Dr. Sukirno, M.Pd.
  14. Dr. Ibrahim Gultom, M.Pd.
  15. Dr. Hamonangan Tambunan, M.Pd.
  16. Farihah, M.Pd.
  17. Baharuddin, M,Pd.
  18. Keysar Panjaitan, M.Pd.
  19. Dina Ampera, M.Si.
  20. Sugiharto, M.Pd.
  21. Naeklan Simbolon, M.Pd.
  22. Sriadi, M.Pd., M.Kom. Ph.D.

My Cart