Prodi Magister Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Unimed

1. Sejarah Singkat

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan sejak tahun 2000 sudah mencanangkan membuka Program Studi Pendidikan Olahraga (S-2). Untuk merealisasikan rencana tersebut, maka Tim Pembuka Program Studi Pendidikan Olahraga membuat rancangan usulan pembukaan Program Studi Pendidikan Olahraga. Pada bulan Agustus 2014, usulan pembukaan Program Studi Pendidikan Olahraga (S-2) yang sudah disusun oleh Tim Pembukaan Program Studi Pendidikan Olahraga melalui surat Rektor Universitas Negeri Medan Nomor 001694/UN33/LL/2014 perihal tentang usulan untuk pembukaan Program Studi Pendidikan Olahraga dikirim kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Menanggapi surat usulan tersebut, pada tanggal 04 September 2014 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyampaikan melalui surat No. 6652/E2.2/KL/2014 hal-hal berikut:

  • Bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 234/U/2000 dan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 108/DIKTI/Kep/2001, maka proses pembukaan program studi/jurusan dan perguruan tinggi memerlukan pertimbangan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi;
  • Bahwa usulan untuk pembukaan Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Magister (S-2) pada Universitas Negeri Medan,  berdasarkan evaluasi terhadap kajian yang diajukan pada prinsipnya dapat dipertimbangkan dengan catatan agar menyerahkan daftar nama Dosen Tetap yang akan ditugaskan sebagai pengampu program studi, minimal enam orang lulusan S-3 yang memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan prodi yang diusulkan, serta mengacu pada Undang Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dengan melampirkan copy ijazah, CV dan surat pernyataan kesediaan menjadi dosen tetap pada prodi tersebut.

Setelah memenuhi kelengkapan dokumen dan menyerahkannya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, maka ditetapkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 385/E/O/2014 tanggal 10 September 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Olahraga Program Magister pada Universitas Negeri Medan. Memberi izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Olahraga Program Megister pada Universitas Negeri Medan dan harus menghasilkan lulusan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Program Studi Pendidikan Olahraga dinyatakan memenuhi persyaratan akreditasi minimal, dan perguruan tinggi penyelenggara program studi wajib mengajukan akreditasi ulang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

                 Sejak dikeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 385/E/O/2014 tanggal 10 September 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Olahraga Program Magister pada Universitas Negeri Medan, maka pada bulan Desember 2014 dilakukan penerimaan mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Olahraga Program Megister Universitas Negeri Medan Angkatan I. Sampai tahun 2016, Program Studi Pendidikan Olahraga sudah memiliki 3 angkatan.

2. Visi, Misi dan Tujuan

Visi Prodi Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNIMED :

“Menghasilkan Tenaga Keolahragaan yang Profesional, Unggul, Berkarakter Ilmiah dan Berdaya Saing Global pada Tahun 2020 (Prograli Global 2020)”

 

Misi Prodi Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNIMED:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan tenaga keolahragaan yang berstandar internasional,
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian inovaif untuk memecahkan masalah-masalah keolahragaan dan tenaga keolahragaan baik pada tataran daerah, nasional maupun internasional,
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang keolahragaan berdasarkan Iptek dengan merujuk pada kearifan local (local wisdom),
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,
  5. Menyelenggarakan kegiatan akademik yang dapat diakses public (atmosfir learning),
  6. Memiliki standar kelulusan berbasis SNPT dan KKNI untuk mendapat pengakuan nasional dan internasional.

 

Tujuan Prodi Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNIMED adalah :

  1. Menghasilkan magister tenaga keolahragaan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kepribadian berstandar internasional,
  2. Menghasilkan magister tenaga keolahragaan yang mampu menerapkan konsep, teori pedagogi dengan karakter melayani dan kompetitif,
  3. Menghasilkan magister tenaga keolahragaan yang memiliki kemampuan memecahkan masalah-masalah keolahragaan dengan prinsip-prinsip keilmuan dengan penekanan pada karakteristik daerah,
  4. Memiliki mitra kerja dengan instansi terkait dalam hal tenaga keolahragaan,
  5. Terselenggarnya kegiatan akademik yang berbasis IT dan ICT,
  6. Memiliki standar kelulusan berbasis SNPT dan KKNI untuk mendapat pengakuan kerja baik di nasional dan internasional,

 

Sasaran yang akan dicapai oleh Prodi Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNIMED adalah :

  1. Meningkatnya kemampuan akademik tenaga keolahragaan yang professional dan bertanggungjawab serta beretika keilmuan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia,
  2. Meningkatnya peran dosen dan mahasiswa sebagai peneliti dan konseptor dalam bidang tenaga keolahragaan untuk dipresentasikan pada tataran nasional dan internasional,
  3. Meningkatnya peran program studi dalam memecahkan masalah tenaga keolahragaan melalui penelitian yang inovatif,
  4. Meningkatnya kredibilitas program studi pendidikan olahraga yang berimbas pada mutu tenaga keolahragaan baik nasional maupun internasional,
  5. Menghasilkan lulusan yang mendapat pengakuan dunia kerja baik pada tataran nasional dan internasional.

 

Strategi yang ditempuh guna mencapai sasarana Prodi Magister Pendidikan Pascasarjana UNIMED adalah :

  1. Memberi kesempatan kepada dosen untuk mengikuti kegiatan seminar nasional dan internasional baik di dalam maupun luar negeri,
  2. Menyelengggarakan prosese pendidikan yang berstandar dengan mengacu pada penjaminan mutu (quality control) guna menghasilkan lulusan yang berstandar nasional dan internasional,
  3. Menyelenggarakan kegiatan penulisan jurnal/artikel yang berstandar terakreditasi nasional dan mendapat pengakuan internasional,
  4. Memberikan layanan akademik dengan system manajemen online (e-management),
  5. Merangsang mahasiswa dalam penggunaan perpustakaan digital (digital library) untuk memperoleh pengetahuan terbaru sebagai dasar dalam mengembangkan keilmuan,
  6. Peningkatan kegiatan penalaran (reasoning) dan menerapkan e-learning melalui keterlibatan dalam kegiatan seminar daerah, nasional dan internasional,
  7. Melibatkan mahasiswa dan dosen dalam memecahkan isu-isu tenaga keolahragaan yang sedang terjadi (on going) pada tingkat daerah, nasional dan internasional.
3. Profil Lulusan
  1. Profil Lulusan Prodi Pendidikan Olahraga

            Profil lulusan ditetapkan berdasarkan sejumlah pertimbangan yang sifatnya analisis lingkungan internal dan eksternal dalam bentuk analisis SWOT, tracer study, dan analisis pakar. Berikut ini gambar model penyusunan kurikulum program studi Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNIMED yang berbasis KKNI:

Gambar. Model Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI

2. Deskripsi Generik KKNI

Sesuai dengan Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, terdapat sejumlah deskripsi generik dari kualifikasi yang harus dicapai oleh lulusan Strata 2, yang terdiri dari deskripsi kompetensi yang harus dimiliki oleh semua level dan deskripsi kompetensi yang terkait dengan level/jenjang pendidikan yang disandang oleh lulusan Strata 2.

3. Profil Lulusan, Deskripsi Spesifik, Dan Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Program Studi Pendidikan Olahraga

Terdapat sejumlah pertimbangan dalam perumusan deskripsi spesifik program studi Pendidikan Olahraga di Pascasarjana UNIMED, yaitu uraian deskripsi generik KKNI untuk level 8, analisis SWOT, tracer study, analisis pakar. Berdasarkan masukan atas ke empat hal tersebut, program studi Megister Pendidikan Olahraga menetapkan profil lulusan, deskripsi spesifik program studi, dan capaian pembelajaran sebagai berikut:

  1. Jenjang S-2 kependidikan Unimed diselenggarakan untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kualifikasi utama sebagai magister pendidikan, dengan profil sebagai akademisi serta guru, dosen, atau tenaga kependidikan pada bidang tertentu yang sesuai dengan program studi. Kualifikasi tambahan lulusan S-2 kependidikan Unimed ditentukan oleh program studi berdasarkan analisis program studi yang bersangkutan.
  2. Selain memiliki kemampuan afeksi seperti telah disebutkan, sesuai dengan Level 8 KKNI, lulusan S-2 kependidikan Unimed memiliki kompetensi sebagaimana dirumuskan dalam capaian pembelajaran (learning outcome) program studi yang telah dirumuskan oleh asosiasi program studi atau penetapan Dikti terkait hal ini. Dalam hal ini Asosiasi Program Studi Pendidikan Olahraga pada jenjang Magister belum terbentuk. Program studi POR merumuskan capaian pembelajaran mengacu pada Tabel di bawah.

 

Profil Lulusan, Deskripsi Kompetensi, dan Capaian Pembelajaran Prodi Pendidikan Olahraga

Profil Lulusan  Pordi POR

Deskripsi Kompetensi  Prodi POR

Capaian pembelajaran/ (Learning outcomes) Prodi POR (Level 8)

Guru, Dosen,;

Peneliti;

 Pelatih, Tenaga Kependidikan dan Tenaga Keolahragaan

 

1.   Lulusan Program Studi POR Pascasarjana wajib menguasai: teori-teori dalam pedagogi dan andragogi, serta konsep pendidikan, dan metode penelitian dalam bidang pendidikan jasmani dan  kepelatihan olahraga

2.   Lulusan Program Studi POR Pascasarjana berkemampuan memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran yang kompleks pada bidang tertentu atau sebagai akademisi dibidang  pendidikan jasmani dan  kepelatihan olahraga

3.   Merancang, menyusun, mengembangkan dan implementasi pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik/ pembelajar

4.   Merancang, menyusun, mengembangkan serta menerapkan  program latihan olahraga pada klub-klub olahraga dan SLB

 

1.    Mengembangkan pengetahuan, teknologi, dalam bidang pendidikan jasmani dan  kepelatihan olahraga

2.    Metode pembelajaran pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga melalui riset dengan pendekatan inter atau multi disiplin hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji sesuai bidang ilmunya dan dapat dipublikasikan secara saintifik pada jurnal ilmiah nasional atau internasional yang terakreditasi.

3.    Memecahkan masalah pembelajaran atau pendidikan jasmani dan  kepelatihan olahraga dengan menghasilkan model atau program pendidikan jasmani dan olahraga yang bermanfaat bagi masyarakat dan dan mendapat pengakuan nasional atau internasional

4.    Mengelola riset dan pengembangan bidang  pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga baik di sekolah, klub dan SLB

5.    Memimpin kelompok kerja yang bertugas untuk memecahkan masalah pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga yang kompleks pada bidang tertentu atau mengelola laboratorium riset.

6.    Merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga dengan memanfaatkan IPTEKS guna menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga

7.    Memimpin kelompok kerja yang bertugas untuk memecahkan masalah pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga yang kompleks pada bidang tertentu atau mengelola laboratorium riset.

8.    Merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga dengan memanfaatkan IPTEKS guna menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi pendidikan jasmani dan kepelatihan olahraga

4. Kompetensi Lulusan

Dalam perspektif KKNI, Strata 2 (S-2) berada pada level 8. Kualifikasi yang diharapkan pada level 8 menekankan pada penguasaan pengetahuan konseptual-teoretis dan/atau pengetahuan aplikatif:

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner .
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
5. Kurikulum
6. Dosen Pengampu

Daftar Tenaga Edukatif/Dosen Pengampu Matakuliah pada Prodi Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNIMED antara lain :

  • Budi Valianto, M. Pd
  • Dr. Yusnadi, MS
  • Tarsyad Nugraha, M. Kes
  • Nurhayati Simatupang, M. Kes
  • Rahma Dewi, M. Pd
  • Dr. Agung Sunarno, M. Pd
  • Albadi Sinulingga, M. Pd
  • Sanusi Hasibuan, M. Kes
  • Amir Supriadi, M. Pd
  • Imran Akhmad, M. Pd
  • Sukarman Purba, M.Pd
  • Novita, M.Pd

My Cart