Sejarah Singkat Pendirian Prodi S-2 Pendidikan Matematika

Visi Unimed adalah menjadi universitas yang unggul di bidang pendidikan, industri dan pariwisata. Untuk mewujudkan keunggulannya, sejak tahun 2000 Unimed telah membuka Program Pascasarjana dan sampai tahun 2006 telah mendapat izin penyelenggaraan 5 program studi. Selanjutnya, guna memenuhi standar kualifikasi guru dan S-1 Pendidikan Matematika khususnya dan peningkatan kualifikasi guru pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan tinggi di Sumatera Utara hinggga jenjang S-2 sebagi respon Unimed terhadap lahirnya UU No. 20 Tahun 2003, UU No.14 Tahun 2005, PP No.19 Tahun 2005 dan HELTS 2003 – 2007 serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders, maka pada tahun 2007 PPs Unimed memperoleh izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Matematika berdasarkan SK Ditjen Pendidikan Tinggi No. 1509/D/T/2007.
Dari tahun ketahun PPs Unimed Program Studi Pendidikan Matematika terus berbenah diri seiring dengan peningkatan mahasiswa. Saat ini Program Studi Pendidikan Matematika memperoleh Akreditasi B.

Visi, Misi dan Tujuan Prodi S-2 Pendidikan Matematika

Visi Prodi Pendidikan Matematika PPs Unimed :

Unggul dalam bidang pembelajaran, pengkajian dan pengembangan matematika berlandaskan budaya dan penerapan IPTEK pada tingkat nasional dan diakui secara internasional pada tahun 2020.

Misi Prodi Pendidikan Matematika PPs Unimed dikembangkan menjadi:
  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran matematika untuk menumbuhkembangkan kemampuan, keterampilan, keahlian dan sikap matematis secara teoritis dan praktis.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian yang berorientasi pada permasalahan kondisi objektif yang bermanfaat secara praktis dan ekonomis untuk meningkatkan pembelajaran matematika berdasarkan budaya dan perkembangan IPTEK
  3. Menghasilkan tenaga pendidik yang terampil mengkomunikasikan hasil penelitian maupun konsepsi pemikiran secara lisan maupun tulisan melalui pengabdian kepada masyarakat dan mengembangkan budaya kewirausahaan dalam pembelajaran
  4. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif di lingkungan Program Studi Pendidikan Matematika.
  5. Menyelenggarakan kerjasama melalui pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat dengan lembaga pendidikan, dunia usaha, dan industry
Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed diselaraskan dengan misi Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed. Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed secara umum bertujuan untuk:
  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang terampil mengembangkan, dan menerapkan berbagai model pembelajaran matematika yang efektif, efisien yang sesuai dengan budaya dan perkembangan IPTEK (Kompetensi Pedagogik).
  2. Menghasilkan tenaga peneliti dalam mengembangkan model pembelajaran matematika dan kemampuan matematika yang efektif dan efisien yang sesuai dengan budaya dan perkembangan IPTEK (Kompetensi Profesional, Pedagogik).
  3. Menghasilkan tenaga pendidik yang terampil mengkomunikasikan hasil penelitian maupun konsepsi pemikiran secara lisan maupun tulisan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif di lingkungan Program Studi Pendidikan Matematika sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang terampil melakukan supervisi kepada guru matematika pada pendidikan dasar, menengah serta perguruan tinggi (Kompetensi Pedagogik, Profesional dan Sosial).
  5. Menciptakan kerjasama melalui pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat dengan lembaga pendidikan, dunia usaha, dan industri

Profil Mahasiswa dan Lulusan

Jumlah mahasiswa yang terdaftar pada Prodi Pendidikan Matematika dari Tahun Akedik 2013/2014 sampai dengan Tahun Akademik 2017/2018 mencapai 632 mahasiswa.

Untuk periode Mei 2017 Prodi Pendidikan Matematika meluluskan 64 wisudawan dan untuk periode Agustus 2017 Prodi Pendidikan Matematika akan mewisuda 23 wisudawan. Lulusan Prodi Magister Pendidikan Matematika PPs Unimed memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan visi, misi, sasaran, dan tujuan Prodi. Kompetensi lulusan ini secara tegas dirumuskan dalam kurikulum yang dituangkan dan dioperasional dalam Silabus, Kontrak Perkuliahan, dan RPS. Dilihat dari nilai capaian (indeks prestasi kumulatif) kompetensi lulusan Prodi ini cukup menggembirakan. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif lulusan lima tahun terakhir tergolong sangat memuaskan mencapai 3,50 dengan rata-rata masa studi 1,8 sampai 2,4 tahun.
Kompetensi yang dimiliki lulusan di Prodi Pendidikan Matematika PPS Unimed memiliki tingkat relevansi yang tinggi dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Lulusan yang rata-rata sudah bekerja di lembaga pemerintah dan atau swasta, setelah menyelesaikan studi umumnya mereka dipercaya menempati posisi yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed yaitu:

Kompetensi Utama Lulusan
  1. Memiliki kompetensi berfikir logis, analitik serta profesional pada bidang pendidikan matematika.
  2. Menguasai keilmuan bidang matematika.
  3. Mampu mengelola pembelajaran matematika secara efektif dan efisien.
  4. Mampu membuat karya ilmiah untuk memecahkan masalah pendidikan matematika.
  5. Mampu menghasilkan program dan karya-karya inovatif serta rekayasa industri pada bidang pendidikan matematika.
  6. Mampu memberikan pelayanan dan kerja sama dalam menyebarluaskan model-model pembelajaran yang baru berbasis budaya dan hasil-hasil pendidikan matematika di masyarakat.
  7. Mampu membuat dan mengembangkan media-media pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
  8. Memiliki daya saing dalam dunia kerja dan/atau mampu menciptakan lapangan kerja.
Kompetensi Pendukung Lulusan

Kompetensi pendukung lulusan yang ditetapkan Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed, yaitu :

Kompetensi Keilmuan
  1. Kompetensi Keilmuan

    1. Mahasiswa memperoleh dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang matematika.
    2. Mahasiswa mampu menemukan, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah peserta didik dalam bidang matematika sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
    3. Mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang prinsip dan cara belajar-
    4. Mahasiswa mampu menggunakan berbagai cara evaluasi.  
    5. Mengembangkan, memutakhirkan dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang efektif dan efisien sesuai dengan perkembangan teknologi.  
    6. Mengikuti perkembangan bidang sains matematika dan mengajarkannya kepada mahasiswa.
    7. Meneliti dan berkomunikasi dalam bidang pendidikan matematika.

    Kompetensi  Keahlian

    1. Mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan dalam bidang matematika untuk kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
    2. Mahasiswa mampu menerapkan layanan kependidikan.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip dan cara belajar serta implikasinya dalam proses pembelajaran.
    4. Mahasiswa mampu menerapkan cara evaluasi di dalam proses pembelajaran.
    5. Mahasiswa mampu berinovasi dalam hal pembuatan media pembelajaran bidang pendidikan matematika.

    Kompetensi Prilaku Berkarya

    1. Mahasiswa mampu menggunakan metodologi ilmu dalam bidang matematika untuk memverifikasi dan memantapkan pemahaman dan mendapatkan keahlian praktis.
    2. Mahasiswa mampu menampilkan diri sebagai guru yang professional dalam pembelajaran matematika.
    3. Mahasiswa akan mampu mengembangkan kompetensi berkarya sesuai minat, kemampuan dan keterampilan untuk mencapai batas minimal persyaratan penerimaan dan masuk dalam sistem ekonomi serta mempunyai landasan akademik untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
    4. Mahasiswa mampu mengembangkan kompetensinya untuk diterapkan dalam bidang ekonomi atau praktik-praktik fungsi ekonomi.
Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan

Kompetensi lainnya yang diharapkan dimiliki oleh lulusan Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed merupakan kompetensi-kompetensi yang mereka perlukan untuk beradaptasi (kemampuan tambahan) dalam dunia kerja. Kompetensi ini juga mengacu pada visi-misi Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed dan sudah berorientasi ke masa depan. Hal ini ditandai dengan adanya syarat tambahan untuk kelulusan bagi mahasiswa berupa penguasaan bahasa inggris (TOEFL), penguasaan statistika lanjutan, dan kemampuan penggunaan IT/ICT dan aplikasi software. Kompetensi lainnya/pilihan lulusan Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed dirincikan sebagai berikut:

  1. Memiliki kepribadian luhur dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki etos kerja dan dedikasi tinggi.
  1. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik (Skor TOEFL minimum 500 / EILTS minimum 4.5), kemampuan statistic lanjutan dan kemampuan penggunaan IT/ICT.
  2. Menguasai aplikasi software yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan pendidikan matematika.
  3. Memiliki pengetahuan dan pemahaman prinsip-prinsip penelitian yang berkaitan dengan penerapan matematika dalam bidang
  4. Memiliki jiwa inovasi; Hal ini untuk mendorong munculnya peneliti-peneliti muda yang berasal dari kalangan mahasiswa dan alumni.
  5. Mampu bekerjasama dalam tim (leadership); Hal ini menciptakan alumni-alumni yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mampu bekerjasama dengan orang lain baik secara perorangan maupun lembaga.
  6. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang layak terbit di jurnal penelitian dan layak diseminarkan di tingkat nasional dan internasional.

Berdasarkan studi pelacakan (tracer study) yang di lakukan oleh prodi pendidikan matematika terhadap pengguna (Stakeholder) lulusan Prodi Pendidikan Matematikan terkait :

  • Kompetensi Pengetahuan
  • Kompetensi Skill
  • Kompetensi Sikap

Berdasarkan  pelacakan (tracer study) menunjukkan hasil yang sangat baik.

 

Kurikulum

Kurikulum yang diterapkan di lingkungan Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed saat ini adalah kurikulum berbasis kompetensi dan blok (KBK Blok) tahun 2008 dengan pengintegrasian learning revolution dan softskill  untuk mahasiswa tahun ajaran 2015 ke atas serta kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) untuk mahasiswa tahun ajaran 2016 dengan mengintegrasikan 6 jenis penugasan yaitu:

  1. Tugas Rutin
  2. Critical Book Report.
  3. Review Journal.
  4. Mini Research.
  5. Rekayasa Ide.
  6. Tugas Proyek.

 

 Kurikulum memuat kompetensi utama lulusan yang terumuskan secara sangat jelas dan mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Matematika PPs Unimed. Kurikulum disusun berdasarkan kompetensi yang akan diperoleh mahasiswa pada akhir satu mata kuliah (kompetensi mata kuliah) serta kompetensi utama / kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai mahasiswa setelah satu atau sejumlah tatap muka sehingga menghasilkan lulusan yang diakui secara internasional.

Dosen Pengampuh.

Saat ini Prodi Pendidikan Matematika PPs Unimed telah memiliki staff pengajar berjumlah 31 orang yang berpendidikan S3 dengan berbagai keahlian, sehingga hampir semua mata kuliah bisa diampuh oleh dosen Prodi Pendidikan Matematika PPs Unimed.

Adapun nama staff pengajar Prodi Pendidikan Matematika PPs Unimed sebagai berikut:

  1. Dr. Edi Syahputra, M.Pd
  2. Dr. Syawal Gultom, M.Pd
  3. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd
  4. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd
  5. Dian Armanto,M.Pd,M.Sc,Ph.D
  6. Dr.Sahat Saragih, M.Pd
  7. Dr.Hasratuddin, M.Pd
  8. Dr.Mukhtar, M.Pd
  9. Dr.Asmin, M.Pd
  10. Dr.Martua Manullang, M.Pd
  11. Asrin Lubis,, M.Pd
  12. Waminton Rajagukguk, M.Pd
  13. Edy Surya, M.Si
  14. Zul Amry,M.Si, Ph.D
  15. Kms.M.Amin Fauzi, M.Pd
  16. Izwita Dewi, M.Pd
  17. E.Elvis Napitupulu, M.Si
  18. Ani Minarni, M.Si
  19. Syafari, M.Pd
  20. Faiz Ahyaningsih, M.Si
  21. Pardomuan Sitompul, M.Si
  22. Abil Mansyur, M.Si
  23. Mulyono, M.Si
  24. Hermawan Syahputra, M.Si
  25. Togi Panjaitan, M.Pd
  26. Yulita Molliq Rangkuti, M.Sc
  27. Elmanani Simamora, M.Si
  28. Humuntal Banjarnahor, M.Pd
  29. Nerli Khairani Nasution, M.Si
  30. Hamidah Nasution, M.Si
  31. Ida Karnasih, M.Sc.,Ph.D

My Cart