1. Sejarah Singkat Pendirian Prodi Magister Pendidikan Fisika

Program studi magister pendidikan Fisika merupakan salah satu program studi baru pada Pascasarjana Unimed Medan sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI.    No 139 / H33. KEP / KP / 2010).   Program studi ini baru menerima mahasiswa baru pada bulan Januari 2011. Merupakan satu dari sebelas Prodi yang ada di Program Pascasarjana di Universitas Negeri Medan dengan struktur organisasi yang tidak terlepas atau merupakan bagian tidak terpisahkan dari struktur organisasi Pascasarjana Unimed. Dalam struktur organosasi tersebut, PPs Unimed dikepalai oleh Direktur yang dibantu dua Wakil Direktur, yakni Wakil Direktur I yang membidangi akademik dan kemahasiswaan dan Wakil Direktur II yang membidangi keuangan dan administrasi umum. Direktur juga membawahi Tata Usaha.

Ketua Prodi Magister Pendidikan Fisika PPs Unimed secara struktural berada di bawah Direktur. Ketua Prodi dibantu oleh Sekretaris Prodi. Ketua dan sekretaris Prodi diusulkan oleh Direktur PPs ke Rektor Unimed, dan selanjutnya Rektor Unimed menerbitkan SK Pengangkatan Ketua dan Sekretaris Prodi. Rektor dalam menentukan Ketua dan Sekretaris Prodi melalui mekanisme rapat pimpinan di Universitas Negeri Medan.

Ketua Prodi Magister Pendidikan Fisika berfungsi melaksanakan kegiatan akademik dan kebijakan Prodi termasuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membina dosen, tenaga admnistratif, dan menjalin kerjasama dengan unsur pimpinan PPs Unimed. Ketua Prodi ini bertanggung jawab langsung kepada Direktur PPs. Dalam menjalankan tugasnya, Ketua Prodi dibantu seorang Sekretaris.

Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Fisika juga melaksanakan kegiatan administrasi akademik dan memberikan layanan administratif dalam menyukseskan kegiatan akademik dan non-akademik, seperti kepengurusan surat izin penelitian, penggandaan jadwal perkuliahan, dan sebagainya, mengkoordinir secara administratif kegiatan akademik mahasiswa dan memonitor perkembangan studi mahasiswa.

Kegiatan ketata-usahaan (administratif) kemahasiswaan dilakukan secara terpusat di Sekretariat PPs Unimed. Data tentang mahasiswa dan perkembangan studinya dapat diakses oleh Prodi melalui sekretariat dan dapat diakses secara online. Untuk keperluan kegiatan ketatausahaan (administrasi) di Prodi Magister Pendidikan Fisika PPs Unimed diperbantukan seorang tenaga administrasi yang berpredikat sarjana pendidikan. Pelayanan kegiatan akademik mahasiswa lainnya dilakukan oleh unit lembaga melayani kebutuhan mahasiswa seperti unit perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan laboratorium Fisika.

Pada tahun 2014 prodi magister pendidikan fisika telah terakreditasi oleh BAN PT dengan nilai B No.404/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2014. Kedepannya prodi magister pendidikan fisika akan mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru untuk menunjang proses belajar mengajar yang lebih baik, sehingga untuk akreditasi selanjutnya harapan prodi magister pendidikan fisika akan mendapat nilai A.

Visi, Misi, dan Tujuan Prodi Magister Pendidikan Fisika

Visi :

Menjadi program magister pendidikan fisika yang berkualitas unggul dan terpercaya serta menjadi pusat model pembelajaran fisika pada tingkat Nasional .

Misi:
  1. Menyelenggarakan pendidikan Fisika/Sains tingkat magister yang bermutu dalam meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki pertumbuhan kepribadian yang selaras antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu dalam bidang Fisika dan pengembangan pembelajaran Fisika.
  3. Menyelenggarakan kerjasama dan bermitra dengan lembaga pemerintah/swasta, dunia usaha, dan industri dalam bidang: penelitian, penyebarluasan Fisika terapan dan pembelajaran Fisika.
  4. Menyelenggarakan konsultasi, pelatihan dan pengabdian melalui kerjasama dalam bidang pendidikan Fisika/Sains untuk membantu masyarakat luas sebagai penerapan hasil temuan baru dalam pengkajian filosofis maupun ilmiah.
Tujuan:
  1. Memberikan pendidikan Fisika/Sains tingkat magister yang bermutu dalam meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki pertumbuhan kepribadian yang selaras antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.
  2. Menghasilkan penelitian bermutu dalam bidang Fisika dan pengembangan pembelajaran Fisika.
  3. Memberikan pelayanan berupa kerjasama dan bermitra dengan lembaga pemerintah/swasta, dunia usaha, dan industri dalam bidang: penelitian, penyebarluasan Fisika terapan dan pembelajaran Fisika.
  4. Memberikan pelayanan konsultasi, pelatihan dan pengabdian melalui kerjasama dalam bidang pendidikan Fisika/Sains untuk membantu masyarakat luas sebagai penerapan hasil temuan baru dalam pengkajian filosofis maupun ilmiah.

2. Profil Lulusan Prodi Magister Pendidikan Fisika

Profil lulusan universitas maupun program studi S2 pendidikan Fisika ditetapkan berdasarkan pada hasil evaluasi diri baik di tingkat universitas maupun pada masing-masing program studi (SWOT analysis dan tracer study/need assessment). Evaluasi diri yang dimaksudkan adalah evaluasi yang dilakukan hingga tahun akademik 2015/2016. Melalui evaluasi diri program studi menetapkan profil lulusan Prodi S2 pendidikan Fisika sebagai berikut:

Profil lulusan:

1. Pendidik profesional bidang sains fisika
2. Peneliti bidang pendidikan sains fisika dan sains fisika terapan
3. Konsultan dan manajer bidang pendidikan sains fisika

3. Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Fisika S2 Unimed disiapkan untuk menjadi tenaga kependidikan atau guru yang profesional dan ada yang ahli atau terampil dalam bidang keilmuan. Pendidikan dan pembinaan mahasiswa berorientasi pada kebutuhan stakeholder dan memiliki kompetensi yang mampu bersaing dengan lulsan perguruan tinggi lain. Selain disiapkan untuk pasar kerja regional, nasional, dan diharapkan juga mampu untuk menembus pasar kerja internasional. Untuk itu semua civitas akademika Prodi Pendidikan Fisika  S2 Unimed harus mampu dan dapat merencanakan kebijakan, program dan kegiatan sesuai kondisi Prodi Pendidikan Fisika S2 Unimed dan hasil evaluasi diri yang dilakukan secara berkesinambungan.

Sehubungan dengan itu semua, efisiensi dan efektivitas perencanaan program pengembangan diarahkan pada pemberdayaan semua sumber daya yang ada secara optimal. Sehingga semua sumber daya yang ada menyadari dan dapat melaksanakan tupoksinya secara bertanggung jawab dan fungsional dalam suatu sistem. Dengan demikian  sasaran akhir yang diharapkan berupa peningkatan kualitas lulusan dan  percepatan masa studi dapat tercapai.

4. Kurikulum

Program Magister Pendidikan Fisika ini direncanakan berlangsung dalam 4  semester (2 tahun) dengan beban kredit 52 sks yang mencakup kuliah Fisika dan Pendidikan Fisika serta penelitian dan penulisan tesis. Mulai tahun 2016 seluruh matakuliah yang diasuh telah dikembangkan dengan berbasis pada KKNI. Sebaran matakuliah Prodi S2 pendikan Fisika yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

1. Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian

a. Bahasa Inggris Untuk Fisika

2. Kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya

a. Filsafat Ilmu
b. Arah Kecenderungan dan Isu Dlm Pend. Fisika
c. Metodologi Pembelajaran Fisika
d. Desain dan Media Pembelajaran Fisika
e. Evaluasi Pembelajaran Fisika
f. Kepemimpinan

3. Kelompok Matakuliah Keilmuan & Keterampilan

a. Fisika Sekolah
b. Mekanika
c. Fisika Statistik
d. Elektrodinamika
e. Matematika Fisika
g. Fisika Kuantum
h. Fisika Komputasi
i. Praktek Lapangan

4. Kelompok Matakuliah Perilaku Berkarya

a. Statistika Penelitian
b. Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika

5. Kelompok Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat

a. Kajian Mandiri/Seminar Proposal
b. Tesis

Tabel Sebaran Matakuliah

SEMESTER

KODE MATAKULIAH

MATAKULIAH

SKS

I

2PAS57001

Filsafat Ilmu

2

3FIS57001

Bahasa Inggeris Fisika

2

3FIS57002

Arah Kecendrungan dan Isu Pembelajaran  Fisika

2

3FIS57003

Metodologi Pembelajaran Fisika

3

3FIS57004

Fisika Sekolah

3

3FIS57005

Matematika Fisika

3

Sub total

 

15

II

 

 

 

 

 

 

 

 

III

1UMD57001

Kepemimpinan

2

3FIS57006

Filsafat  Fisika

2

3FIS57007

Desain dan Media Pembelajaran Fisika

3

3FIS57008

Metodologi Penelitian Pend. Fisika

3

3FIS57009

Mekanika

2

3FIS57010

Fisika Komputasi

2

3FIS57011

Statistika Pendidikan

2

Sub total

 

16

3FIS57012

Evaluasi Pembelajaran Fisika

3

3FIS57013

Fisika Kuantum

3

3FIS57014

Fisika Statistik

2

3FIS57015

Fisika Laboratorium

2

3FIS57016

Elektrodinamika

3

3FIS57017

Praktek Lapangan

2

Sub total

 

15

3FIS57018

Tesis

6

Sub total

 

6

Total

52

6. Dosen Pengampu

Sumber daya dosen yang ada di prodi magister pendidikan fisika berjumlah 20 dosen. Meliputi jumlah Profesor (Guru Besar) yang ada di prodi pendidikan fisika yaitu 4 orang yakni; Prof. Motlan, Msc., Ph.D, Prof. Dr. Nurdin Bukit, M.Si, Prof. Dr. Sahyar, M.S., M.M, dan Prof. Dr. Mara Bangun Hrp, MS, dan 16 dosen bergelar Doktor yakni; Dr. Rahmatsyah, M.Si, Dr. Derlina, M.Si, Dr. Betty M. Turnip, M. Pd, Dr. Eidi Sihombing, M.Si, Dr. Sondang R. Manurung, M.Pd, Dr. Ridwan A. Sani, M.Si, Dr. Eva Marlina Ginting, M.Si, Dr. Karya Sinulingga, M.Si, Dr. Rita Juliani, M.Si, Dr. Mariati P. Simanjuntak, M.Si, Dr. Makmur Sirait, M.Si, Dr. Nurdin Siregar, M.Si, Dr. Wawan Bunawan, M.Pd., M.Si, Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si, Dr. Alkahfi Maas Siregar, M.Si, dan Dr. Togi Tampubolon, M.Si.

My Cart