Administrasi Pendidikan

Ketua Program Studi : Dr. Arif Rahman, M.Pd
Sekretaris                     : Dr. Yuniarto, M.Pd

Visi
Pada tahun 2025 menjadi program studi yang unggul ditingkat nasional dibidang ilmu administrasi dan manajemen pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang inovatif dan berkepribadian

MISI
Menyelenggarakan layanan pendidikan akademik dengan memberikan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai kepribadian kepada mahasiswa.
Mengembangkan, menciptakan dan/atau menyebarluaskan ilmu adminsitrasi dan manjemen pendidikan yang bermanfaat berdasarkan hasil penelitian dan pengkajian ilmiah lainnya.
Mengembangkan budaya ilmiah, inovatif dan berkepribadian. Melaksanakan kerjasama dan pengabdian kepada masyarakat.

DESKRIPSI PROGRAM STUDI
Program studi magister administrasi pendidikan  ini difokuskan kepada lima area of specialization yang membentuk core atau inti yang utuh dan menyatu dengan learning outcome yang menyatu pula. lima area of specialization ini adalah: perancang pendidikan, pengelolaan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengawasan pendidikan, dan Konsultan & Peneliti administrasi dan manajemen pendidikan yang saling berkaitan dan membentuk sinergi yang kokoh. Learning outcome dari core program ini diuraikan secara sistematik dan komprehensif dalam bentuk penguasaan knowledge, skills dan experiences dalam berbagai aspek competencies.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI
Lulusan Program Studi Administrasi Pendidikan disiapkan untuk memiliki kompetensi dalam hal:
1. Mengembangkan pengetahuan administrasi/ pendidikan melalui riset dengan pendekatan inter manajemen atau multidisipliner hingga menghasilkan karya yang teruji dan berpotensi untuk diaplikasikan dalam memecahkan masalah pengelolaan/tata kelola pendidikan, serta merekonstruksi dalam bentuk rancangan pengembangan kapasitas institusi, sistem manajemen, dan individu.
2. Mengusulkan solusi masalah administrasi/manajemen pendidikan yang kontekstual pada lingkungan yang kompleks dan dinamis dalam wujud tata administrasi/manajemen pendidikan yang inovatif, efektif, dan berdaya saing, berdasarkan kajian keilmuan dan atau praktik profesionalnya
3. Memimpin unit dan atau satuan pendidikan, menyusun, dan mengimplementasikan strategi pengelolaan, pengambilan keputusan, pendelegasian secara transparan dan akuntabel dengan menerapkan prinsip-prinsip efisien, inovatif dan mandiri.
4. Mensupervisi, mengaudit mutu, dan mengevaluasi penyelelenggaraan unit layanan dan satuan pendidikan, mengukur kinerja untuk melakukan peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan secara berencana dan berkelanjutan.
5. Berkontribusi dalam perencanaan peta jalan riset dalam bidang administrasi/manajemen pendidikan dan/atau mengelola riset di dalam bidang administrasi/manajemen pendidikan pada fungsi-fungsi atau aspek-aspek tertentu dalam sistem penyelenggaraan unit pelayanan pendidikan atau satuan pendidikan.
6. Mendiseminasikan kajian administrasi/manajemen pendidikan yang akurat dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah nasional atau internasional.m bidang administrasi/manajemen pendidikan dan/atau mengelola riset di dalam bidang administrasi/manajemen pendidikan pada fungsi-fungsi atau aspek-aspek tertentu dalam sistem penyelenggaraan unit pelayanan pendidikan atau satuan pendidikan.

DAFTAR DOSEN (sesuai keahlian prodi Administrasi Pendidikan)
1. Dr. Rosmala Dewi, M.Pd
2. Arif Rahman,M.Pd.
3. Yuniarto Mudjisusatyo,M.Pd
5. Irsan Rangkuti,M.Pd
6. Saut Purba,M.Pd
7. Aman Simaremare, MS