Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan membuka penerimaan mahasiswa baru Magister (S2) dan S3 (Doktor) tahun ajaran 2020/2021. Pendaftaran dimulai tanggal 3 Pebruari hingga 11 April 2020. Kemudian Tes Tertulis dilaksanakan pada tanggal 16 April 2020 dilanjutkan wawancara dan presentasi rencana awal proposal disertasi khusus untuk program doktoral pada tanggal 16 April 2020. Dan pengumuman kelulusan akan diumumkan pada 25 April 2020.

Persyaratan calon mahasiswa untuk Program Magister (S2) yaitu a) memiliki ijazah S1 yang sesuai dengan bidangnya dan serumpun, b) lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta Terakreditasi minimal B, c)emiliki IPK S1 minimal 3,00 (skala 4), d) Memiliki nilai TOEFL minimal 475 (diakhir studi / menjelang Ujian Meja Hijau).

Sedangkan Persyaratan calon mahasiswa untuk Program Doktor (S3) diantaranya a) memiliki ijazah S2 yang sesuai dengan bidangnya dan serumpun, b) Lulusan program magister dari perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta terakreditasi minimal B, c) Apabila bidang studi calon mahasiswa Berbeda dengan Program studi setelah dinyatakan lulus, mahasiswa tersebut wajib mengikuti matakuliah penyetaraan / matrikulasi, d) Memiliki IPK S2 minimal 3.00, d) Menyusun dan mempresentasikan proposal mini (rencana penelitian disertasi) berisikan latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, kerangka berpikir, dan metodologi penelitian dengan ketentuan: minimal 8 halaman,kertas ukuran kuarto, huruf times new roman 12pt, spasi 1,5. Bahan dibuat dalam format powerpoint, e) memiliki nilai TOEFL 500 (diakhir studi / Menjelang Ujian Tertutup Disertasi) dan f) mendapat rekomendasi dari 2 orang Guru Besar.

Tata acara pendaftaran untuk calon Mahasiswa Program Magister Menyiapkan seluruh berkas yang diperlukan (scan ijazah dan transkrip nilai S1 maks 1MB berformat .pdf, file pas foto berpakaian rapi maks 200kb dan berformat .jpg) dan calon mahasiswa Program Doktor Menyiapkan seluruh berkas yang diperlukan (scan ijazah dan transkrip nilai S1 & S2 maks 1MB berformat .pdf, file pas foto berpakaian rapi maks 200kb dan berformat .jpg , surat rekomendasi dari 2 orang Guru Besar). Kemudian membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 600.000,- (S2) dan Rp. 1.000.000,- (S3) melalui Bank BNI 46 diseluruh cabang. Calon mahasiswa akan mendapat kode KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PAP (Pin Akses Pendaftaran) yang tercetak pada bukti pembayaran yang diterima dari pihak BNI. Setelah itu, Calon mahasiswa login laman https://pps.unimed.ac.id , pilih menu pendaftaran, login menggunakan kode KAP dan PAP yang telah didapat sebelumnya. Calon mahasiswa melengkapi isian pendaftaran online, selanjutnya mengunggah / upload foto berpakaian rapi (format jpg), scan ijazah, trasnkrip nilai, dan surat rekomednasi (format .pdf) (ukuran max 2MB) kemudian mencetak/print kartu tanda ujian seleksi penerimaan yang berisi informasi pedaftaran pelamar, jadwal ujian, lokasi ujian, serta ruang ujian. Setelah melakukan registrasi, calon mahasiswa mengikuti ujian seleksi sesuai jadwal yang tertera pada Kartu Tanda Peserta Penerimaan Mhs Baru PPs Unimed.

Materi ujiannya meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris, Interview (Tes kecakapan berbahasa Inggris khusus Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris) dan wawancara motivasi dan presentasi rencana awal proposal disertasi (format .ppt). Untuk informasi lebih lengkap dapat mengakses laman https://pps.unimed.ac.id atau hubungi 081376378805 atau 085372755163.

Direktur PPs Unimed Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd. mengatakan ”informasi ini bisa segera disampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terkhusus warga Sumatera Utara yang memiliki minat untuk melanjutkan studi Magister (S2) dan Doktor (S3) di Unimed. Daya tampung untuk Magister (S2) sebanyak 950 orang dan Doktor (S3) sebanyak 100 orang. Melalui berbagai sumber kami undang para akademisi dan praktisi untuk segera mendaftar mengukuti proses seleksi untuk menjadi mahasiswa baru Unimed pada program doktor dan magister. Secara internal kita telah siap melaksanakan proses perkuliahan dengan baik. Apalagi Unimed sekarang telah Terakreditasi A BAN-PT. Unimed telah memiliki prasarana belajar, SDM dosen dan kurikulum telah kita siapkan secara matang,” ungkapnya. (Humas Unimed/eo)

Author

Write A Comment