Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks Bereputasi Internasional

08 Agustus 2017 09:22:49
Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan memberikan dorongan kepada Dosen, mahasiswa untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya dalam jurnal  Internasional yang terindeks bereputasi internasional. Untuk menyenyikapi hal tersebut Program Pascasarjana Unimed mengadakan kegiatan Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan Coaching clinic penulisan artikel ilmiah untuk terindeks bereputasi internasional yang diselenggarakan pada hari Jumat, 04 Agustus 2017 yang bertempat di Gedung Digital Library lt. 4
Dalam sambutan ketua pelaksana kegiatan  Dr. Rahmad Husein, M.Ed, menjelaskan tentang apa yang menjadi alasan dilaksankannya kegiatan Coachin clinik penulisan artikel ilmiah ini yakni untuk memberikan arahan serta bimbingan terhadap dosen, mahasiswa S2 dan S3 seperti  - Membantu mahasiswa dan dosen di lingkungan PPs Unimed untuk mempublikasikan artikel pada jurnal Internasional., Meningkatkan jumlah artikel ilmiah dosen dan mahasiswa Unimed yang dipublikasikan dan terindeks bereputasi internasional.
Kegiatan Coaching Clinic penulisan artikel ilmiah untuk terindeks bereputasi internasional ini mandapat respon yang cukup baik dari para dosen dan mashasiswa S2, S3 hal ini dapat dilihat dari antusias para peserta yang terlihat dari kehadiran sebanyak 180 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd (direktur Pascasarjana Unimed) juga memberikan tambahan deskripsi Coaching clinic Penulisan artikel ilmiah bertujuan untuk meberikan nilai poditif dan merupakan kesempatan untuk meningkatkan para dosen dan mahasiswa S2, S3 dalam mempublikasikan artikel ilmiah dalam jurnal terindeks bereputasi internasional.
Beliau juga menambahkan bahwa  Kegiatan ini juga mendukung the 2nd Annual International Seminar Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL) yang akan diselenggarakan pada tanggal 16-17 Oktober 2017 di Hotel Grand Mercure Medan. Seperti diketahui Seminar Internasional AISTEEL merupakan kedua kalinya diselenggarakan dan pada tahun ini, artikel yang diterima akan dipublikasikan oleh penerbit internasional dan diindeks oleh ISI Thomson Reuters (Web of Science).
Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd: Memberikan apresiasi yang tinggi bagi seluruh civitas akademik PPs Unimed dan kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan coaching clinic ini. Tingginya antusias peserta yang sampai mencapai 180 orang merupakan hal yang tidak terduga sebelumnya. Hal ini menandakan tingginya minat dan motivasi peserta untuk dapat menulis dalam jurnal internasional bereputasi. Direktur mencatat jika seluruh peserta mampu mempublikasikan artikelnya dalam jurnal internasional maka dalam waktu yang tidak lama Unimed mampu menjadi World Class University.
Kegiatan  Coaching clinic penulisan artikel ilmiah untuk terindeks bereputasi internasional yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjan Universitas Negeri Medan pada hari Jumat, 04 Agustus 2017. Menghadirkan narasumber  Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si yang merupaka Staf ahli Direrktur dan merupkan salah satu pengajar di lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Medanmenjelaskan bahwan kegitan  Coaching clinic ini mengupas tuntas tata cara penulisan dan substansi isi dari sebuah artikel ilmiah untuk publikasi internasional. Publikasi Internasional dapat dinyatakan bereputasi jika memiliki h-indeks yang tinggi dan diindeks oleh ISI Thomson Reuters atau Scopus. Mulai dari penentuan judul, afiliasi institusi, abstrak, introduction sampai referensi harus mengikuti tata penulisan Jurnal Internasional secara umum. Termasuk cara pengutipan dan menghindari plagiat juga dipaparkan dalam kegiatan ini. Sering sekali penulis melewatkan hal-hal sederhana dalam tata cara penulisan yang berakibat ditolaknya tulisan tersebut oleh penerbit atau editor jurnal. Oleh Karena itu Astel (panggilan akrab dari Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si) menekankan supaya setiap penulis mengikuti pedoman (template) yang ditentukan oleh setiap jurnal. Penulis harus memahami isi dari abstract, introduction, method, results, discussion dan conclusion. Setiap sub judul tersebut harus saling berkaitan, penjelasan yang runut dan terarah.                        
Team Humas PPS