Program Studi Teknologi Pendidikan

Ketua : Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd
Sekretaris : Dr. R. Mursid, M.Pd
Visi :

Menjadi suatu bagian lembaga pendidikan yang terbaik di Sumatera dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan melalui pendayagunaan Teknologi Pendidikan.

Misi :

Melaksanakan pendidikan dan Pengajaran untuk menghasilkan tenaga ahli untuk:

  1. Mendesain dan Mengembangkan sistem dan teknologi pendidikan yang berdampak lebih efektif dan efisien terhadap hasil belajar, dan
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan sistem pembelajaran yang sesuai dengan ciri-ciri budaya Suatera Utara khususnya dan Indonesia umumnya
Deskripsi :

PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Adapun Tujuan Umum Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed ialah menghasilkan tenaga ahli dalam perancangan/desain pengembangan, pemetaan, pengelolaan, dan pengevaluasian kegiatan pembelajaran yang efisien , efektif dan menarik. 

Penyelenggaraan Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed didasarkan atas kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga yang profesional di bidang pemberdayaan sumberdaya di lembaga-lembaga pemberdayaan sumberdaya manusia. Program studi ini dimulai bulan Maret 2001 yang diikuti oleh 47 orang mahasiswa pada semester ganjil dan 42 orang pada semester genap. Program Studi Teknologi Pendidikan S2 Pascasarjana Unimed dibuka berdasarkan pertimbangan, bahwa tenaga lulusan pasca sarjana diberbagai bidang ilmu sangat dibutuhkan di Indonesia terutama dalam menghadapi tantangan dan peluang abad ke-21. Di samping itu, kebutuhan  kebutuhan akan tenaga ahli di bidang Teknologi pendidikan yang setara S2 untuk mengelola pendidikan di Sumatera Utara semakin dirasakan, sumberdaya yang ada di Unimed juga sudah memenuhi syarat untuk mengelola Program S2 Prodi Teknologi Pendidikan, sarana dan prasarana yang ada memungkinkan untuk membuka Program Studi Teknologi Pendidikan S2 Unimed.  Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed sejak berdiri tahun 2001 terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Propinsi Sumatera Utara, Unimed merupakan salah satu lembaga yang perduli dengan pembenahan penyiapan sumberdaya manusia yang dapat diandalkan dalam mengelola sumberdaya-sumberdaya di lembaga-lembaga pendidikan dan nonpendidikan yang ada di masyarakat dengan membuka Prodi yang dapat menyiapkan lulusannya seperti diharapkan tersebut. Salah satu Prodi yang dimaksud adalah Program Studi S2 Teknologi Pendidikan.

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed dalam pembentukan dan pelaksanaannya dilandasi dengan sikap kejujuran dalam menyatakan kondisi seperti apa adanya tanpa menutupi kekurangan yang ada. Sikap kejujururan ini dibarengi dengan keterbukaan dengan membuka diri terhadap sarana, kritik dan usul dari berbagai pihak yang berkepentingan serta peduli terhadap kepentingan masyarakat umumnya. Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed hingga perkembangannya saat ini dan masa yang akan datang menunjukkan bahwa keberadaan dan kegiatannya dapat ditampilkan sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa mengabaikan kepentingan mahasiswa.

Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed hingga saat ini, aktivitas ditujukan untuk menghasilkan tenaga-tenaga kependidikan yang mampu menjadi tenaga kependidikan di lembaga-lembaga pemberdayaan sumber daya manusia yang ada di masyarakat. Segala program dan kegiatan di Prodi S2 Teknologi Pendidikan direncanakan dan dilaksanakan dengan sistematis, santun, etis dan fungsional. Program StudiS2 Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed pengembangannya diarahkan sedemikian rupa dengan harapan lulusannya mampu memecahkan berbagai masalah dunia pendidikan dengan mengandalkan kemampuan, keterampilannya di bidang Teknologi Pendidikan pada semua jalur, jenis, dan satuan pendidikan.

Jati diri Program Studi S2 Teknologi Pendidikan adalah sebagai berikut:

Nama Perguruan Tinggi      : Universitas Negeri Medan

Nama Prodi                       : ProgramStudiS2TeknologiPendidikanProgramPascasarjanaUnimed

Ijin Penyelenggara             : No. 02/Dikti/Kep/2001, Tanggal 09 Pebruari 2001

Peringkat Nilai Akreditasi   : A

Nomor SK BAN-PT            : No. 1100/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2015

Berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 24 Oktober 2015 sampai dengan 24 Oktober 2020

Alamat Program Studi        : Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate,  Medan-20221 

 

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed dilakukan melalui diskusi dan workshop. Kegiatan tersebut diikuti berbagai pihak baik internal (pimpinan dan staf, tenaga dosen, dan mahasiswa) maupun eksternal (akademisi, pakar atau tenaga  ahli,  praktisi, perwakilan pengguna lulusan, dan alumni). Artinya, dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknologi Pendidikan melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat pengguna. Analisis internal dilakukan dengan memperhatikan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain yang menjadi kekuatan Prodi Teknologi Pendidikan S2. Analisis eksternal dilakukan dengan analisis kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan formal, pendidikan non formal, lembaga perguruan tinggi. Untuk mengetahui kebutuhan masyarakat tersebut, pimpinan dan para dosen Teknologi Pendidikan melakukan pengamatan, terhadap kondisi riil masyarakat secara langsung maupun tidak langsung melalui media massa, dialog dengan para tokok, dan analisis terhadap kebijakan pemerintah yang terkait. Dari hasil analisis terhadap kondisi eksternal tersebut dan dengan memperhatikan sumber daya Pascasarjana Unimed, khususnya Prodi Teknologi Pendidikan S2, dirumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi Teknologi Pendidikan S2.

            Penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, selain melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal, pimpinan Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed juga melakukan benchmarking atau studi banding ke UNJ dan UM. Kegiatan yang dilakukan melalui telaah analisis lingkungan, diskusi, workshop, benchmarking serta keterlibatan berbagai pihak bertujuan agar visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknologi Pendidikan dapat dirumuskan secara realistis, jelas, saling terkait serta mendukung visi, misi Program Pascasarjana dan visi, misi Unimed secara keseluruhan. Mekanisme penyusunannya di mulai dengan memperhatikan visi misi Unimed selanjutnya Prodi Teknologi Pendidikan S2 membuat rumusan yang dipresentasikan pada forum rapat dosen, masing-masing dosen memberikan usulan, masukan disertai dengan alasan-alasan rasional. Kemudian forum mendiskusikan dengan seksama dan memutuskan usulan yang lebih rasional, realisitis, dan sesuai dengan hasil analisis eksternal dan internal serta visi misi dan tujuan Unimed serta Pascasarjana Unimed. Selanjutnya rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran tersebut dibahas dan ditelaah kembali ditingkat fungsionaris PPS untuk kemudian ditetapkan oleh Direktur Pascasarjana Unimed. Setelah ditetapkan, umusan visi, misi, tujuan dan sasaran pencapaiannya dimuat dalam buku kurikulum Prodi Teknologi Pendidikan S2 dan Pascasarjana Unimed yang dicetak, digandakan dan disebarluaskan ke sivitas akademik Unimed khususnya Prodi Teknologi Pendidikan S2 yang melalui pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Kurikulum :

Sebaran Mata Kuliah:

  • FIlsafat Ilmu
  • Metodelogi Penelitian Pendidikan
  • Statistika
  • Teori Belajar dan Teori Instruksional
  • Landasan Teknologi Pendidikan
  • Bahasa Inggris
  • Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan
  • Pendekatan Sistem
  • Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan
  • Desain SIstem Instruksional
  • Teori Komunikasi
  • Pengelolaan sumber Belajar
  • Produksi Media Instruksional