Program Studi Pendidikan Dasar (S3)

Ketua : Prof. Dr. Mara Bangun, M.S.
Sekretaris : -
Visi :

Menjadi program studi yang unggul dan bermakna dalam bidang pendidikan dasar, melalui pengkajian, penelitian dan pengembangan pembelajaran inovatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memberdayakan sekolah dan masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa

Misi :
  1. Mengembangkan sumber daya insani yang unggul di bidang pendidikan dasar melalui penyelenggaraan pendidikan akademik yang berkualitas 
  2. Melaksanakan penelitian, pengkajian dan pembelajaran inovatif serta menghasilkan  publikasi ilmiah pada skala nasional dan internasional guna memperkuat fondasi pendidikan dasar di Indonesia
  3. Mengamalkan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pembelajaran di bidang pendidikan dasar kepada masyarakat, khususnya memberdayakan sekolah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa

Tujuan:

Tujuan dari program studi Doktor (S3) Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan, dengan merujuk pada kurikulum KKNI adalah untuk  menghasilkan lulusan yang :

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi pembelajaran dalam bidang pendidikan dasar secara profesional melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan permasalahan pembelajaran pada lingkup pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset  dan pengembangan yang bermanfaat bagi pemberdayaan sekolah dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional

Sasaran:

Adapun sasaran yang ingin dicapai oleh program studi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan adalah :

  1. Menghasilkan sumber daya insani yang berkualitas di bidang pendidikan dasar. Sasaran ini dicapai melalui strategi “SDM Bermutu”. Target hingga tahun 2025, akan dihasilkan minimal 105 orang doktor pendidikan dasar yang tersebar di seluruh Indonesia yang bekerja sebagai dosen, guru maupun pemangku profesional di bidang pendidikan dasar
  2. Menghasilkan  artikel ilmiah dari hasil penelitiannya yang dipublikasi dalam jurnal bereputasi internasional dan nasional. Sasaran ini dicapai melalui strategi “Payung Penelitian Pendidikan Dasar”. Target hingga tahun 2015, akan dihasilkan minimal 105 artikel yang termuat dalam jurnal terakreditasi nasional dan atau jurnal internasional bereputasi.
  3. Menghasilkan sekolah binaan pada jendang SD dan SMP, khususnya pada kawasan Sumatera Utara. Sasaran ini dicapai melalui strategi dan program “Sekolah Binaan” . Target hingga tahun 2025, akan dihasilkan minimal 30 sekolah binaan yang dilaksanakan oleh program doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan sebagai wujud pengabdian masyarakat dalam memberdayakan sekolah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Menghasilkan buku teks di bidang pendidikan dasar berkaitan dengan topik kebijakan, kurikulum, perangkat pembelajaran, pendekatan pembelajaran, model dan metode pembelajaran, media dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran. Sasaran ini dicapai melalui strategi “UNIMED PRESS”. Target hingga tahun 2025, akan dihasilkan 55 buku teks ber-ISBN yang dipakai oleh sekolah maupun perguruan tinggi.
Deskripsi :

Sekilas Sejarah

Program Studi S3 (Doktor) Pendidikan Dasar merupakan salah satu program studi baru dari 4 program studi yang diberi mandat oleh Ditjen Dikti untuk diselenggarakan di Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Mandat tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 78/E.E2/DT/2014, tertanggal 28 Januari 2014. Tekad untuk membuka Program Studi Doktor  (S3) Pendidikan Dasar di Universitas Negeri Medan, tidak terlepas dari eksistensi Program Studi  Magister (S2) Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan yang telah berkiprah sejak tahun 2007. Dalam kiprahnya selama tujuh tahun, Program Studi Magister (S2) Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan, telah berhasil merekrut 303 mahasiswa dan meluluskan 178 mahasiswa. Berdasarkan tracer study terakhir yang dilakukan, para alumni tersebut dapat diterima dengan cepat, baik di lembaga pemerintahan maupun swasta dan mendapat penilaian positif di masyarakat. Beberapa dari alumni ada yang diterima sebagai dosen PTN dan PTS, khususnya yang telah membuka program S1 PGSD/Pendidikan Dasar; guru SD dan SMP yang diterima di berbagai wilayah Indonesia; dipercaya memangku jabatan sebagai kepala sekolah pada jenjang SD dan SMP; pegawai negeri di beberapa departemen/instansi pemerintahan;  widyaswara; dan pengawas pendidikan.

Kurikulum :