Program Studi Pendidikan Fisika

Ketua : Dr. Rahmatsyah, M.Si.
Sekretaris : Dr. Derlina, M.Si.
Visi :

Mewujudkan program magister pendidikan fisika yang mampu menghasilkan jasa pendidikan dengan kualitas unggul dan terpercaya serta menjadi pusat model pembelajaran fisika pada tingkat nasional.

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang fisika dan pembelajaran fisika.
  2. Bermitra dengan lembaga pemerintah/swasta, dunia usaha, dan industri dalam bidang: penelitian, penyebarluasan fisika terapan, dan pembelajaran fisika.
Deskripsi :

Prodi Magister Pendidikan Fisika merupakan satu dari sebelas Prodi yang ada di Program Pascasarjana di Universitas Negeri Medan dengan struktur organisasi yang tidak terlepas atau merupakan bagian tidak terpisahkan dari struktur organisasi Pascasarjana Unimed. Dalam struktur organosasi tersebut, PPs Unimed dikepalai oleh Direktur yang dibantu dua Asisten Direktur, yakni Asisten Direktur I yang membidangi akademik dan kemahasiswaan dan Asisten Direktur II yang membidangi keuangan dan administrasi umum. Direktur juga membawahi Tata Usaha.

Ketua Prodi Magister Pendidikan Fisika PPs Unimed secara struktural berada di bawah Direktur. Ketua Prodi dibantu oleh Sekretaris Prodi. Ketua dan sekretaris Prodi diusulkan oleh Direktur PPs ke rektor Unimed, dan selanjutnya Rektor Unimed menerbitkan SK Pengangkatan Ketua dan Sekretaris Prodi. Rektor dalam menentukan Ketua dan Sekretaris Prodi melalui mekanisme rapat pimpinan di Universitas Negeri Medan.

Ketua Prodi Magister Pendidikan Fisika berfungsi melaksanakan kegiatan akademik dan kebijakan Prodi termasuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membina dosen, tenaga admnistratif, dan menjalin kerjasama dengan unsur pimpinan PPs Unimed. Ketua Prodi ini bertanggung jawab langsung kepada Direktur PPs. Dalam menjalankan tugasnya, Ketua Prodi dibantu seorang Sekretaris.

Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Fisika juga melaksanakan kegiatan administrasi akademik dan memberikan layanan administratif dalam menyukseskan kegiatan akademik dan non-akademik, seperti kepengurusan surat izin penelitian, penggandaan jadwal perkuliahan, dan sebagainya, mengkoordinir secara administratif kegiatan akademik mahasiswa dan memonitor perkembangan studi mahasiswa.

Kegiatan ketata-usahaan (administratif) kemahasiswaan dilakukan secara terpusat di Sekretariat PPs Unimed. Data tentang mahasiswa dan perkembangan studinya dapat diakses oleh Prodi melalui sekretariat dan dapat diakses secara online. Untuk keperluan kegiatan ketatausahaan (administrasi) di Prodi Magister Pendidikan Fisika PPs Unimed diperbantukan seorang tenaga administrasi yang berpredikat sarjana pendidikan. Pelayanan kegiatan akademik mahasiswa lainnya dilakukan oleh unit lembaga yang memang berfungsi melayani kebutuhan mahasiswa seperti unit perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan laboratorium Fisika.

Prosedur kerja yang berlangsung di Prodi Magister Pendidikan Fisika PPs Unimed secara umum ditetapkan dalam Panduan Program PPs Unimed yang mengacu pada Buku Pedoman Unimed. Berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan dalam buku Panduan PPs Unimed, untuk setiap kegiatan, ditetapkan prosedur operasi standar tersendiri. Prodi Magister Pendidikan Fisika menerbitkan satu pedoman pelaksanaan kegiatan administratif dalam bentuk buku panduan dengan judul ”Buku Pedoman Akademik” kegiatan administrasi di Prodi Magister Pendidikan Fisika PPs Unimed. Ketentuan operasi kegiatan yang ditetapkan dalam buku pelayanan prima tersebut sifatnya fleksibel serta dalam tahap pembudayaan dengan tujuan nantinya akan berlaku ketentuan yang disepakati dan dikuasai bersama oleh semua pihak yang terlibat dalam pelayanan di Prodi ini.

Kebijakan Program Pascasarjana Unimed dalam mekanisme kerja di Prodi Magister Pendidikan Fisika adalah memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan dosen. Oleh karena buku pelayanan prima yang disusun oleh PPs ini mendapat dukungan yang baik.

 

SEJARAH SINGKAT PRODI MAGISTER PENDIDIKAN FISIKA

            Pada tahun 2010 Program Pascasarjana membuka program studi Pendidika Fisika (SK No 0139/H33.KEP/KP/2010). Hingga saat ini Progran Pascasarjan Unimed telah memiliki 10 program studi magister yaitu: Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI), Teknologi Pendidikan (TP), Administarsi Pendidikan (AP), Ilmu Ekonomi (IE), Antropologi Sosial (ANSOS), Pendidikan Kimia (DIKKIM), Pendidikan Biologi (DIKBIO), Pendidikan Dasar (DIKDAS), Pendidikan Fisika (DIKFIS), dan satu program doktor program studi Manajemen Pendidikan (MP).

Selanjutnya pada tahun 2011 pendidikan fisika untuk pertama kalinya menerima mahasiswa baru dengan jumlah 45 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas regular dan kelas eksekutif. Pada tahun 2013 pendidikan fisika pertama kalinya meluluskan alumni sebanyak 22 orang, sampai saat ini prodi pendidikan fisika telah 7 kali meluluskan magister-magister yang akan membagikan ilmunya kepada siswa/mahasiswa yang membutuhkan. Pada saat ini jumlah mahasiswa yang belajar di program studi magister pendidikan fisika yaitu 313 orang. Pada saat ini program studi magister pendidikan fisika di ketua oleh, Dr. Rahmatsyah, M.Si., dengan sekretaris Dr. Derlina, M.Si., dan staff tata usaha Sari Purnamawaty Siregar, M.Hum.

Sumber daya dosen yang ada di prodi pendidikan fisika berjumlah 18 dosen. Jumlah Profesor (Guru Besar) yang ada di prodi pendidikan fisika yaitu 4 orang antar lain: Prof. Motlan, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Sahyar, M.S., M.M., Prof. Dr. Mara Bangun Hrp, MS., dan Prof. Dr. Nurdin Bukit, M.Si.. Dan 14 dosen yang lainnya bergelar Doktor.

Pada tahun 2014 prodi magister pendidikan fisika telah terakreditasi oleh BAN PT dengan nilai B No.404/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2014. Kedepannya prodi magister pendidikan fisika akan mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru untuk menunjang proses belajar mengajar yang lebih baik, sehingga untuk akreditasi selanjutnya prodi magister pendidikan fisika akan mendapat nilai A.

Kurikulum :